Bau mulut adalah salah satu masalah yang sering diderita banyak orang. Sebagian dari mereka bahkan tidak sadar dirinya terjangkit bau mulut. Mereka sadar ketika lawan bicaranya sudah mulai menunjukkan gelagat tidak nyaman ketika berkomunikasi. Kalau hal ini pernah Anda alami, segeralah mencari cara untuk mengobatinya. Banyak tips yang ditawarkan, mulai dari pengobatan medis hingga berbagai cara menghilangkan bau mulut secara alami. Berikut ini, 6 cara menghilangkan bau mulut yang umum dilakukan:

 

1. Menjaga Kebersihan Mulut

Sikat gigi

Sikat gigi via http://huffpost.com

Hal yang amat mendasar namun sering diremehkan adalah menyikat gigi. Banyak dari kita merasa menyikat gigi dilakukan hanya ketika mulut terasa tidak nyaman saja. Anggapan inilah yang akhirnya menjadi pemicu terbesar timbulnya bau mulut. Untuk itu, mulailah menyikat gigi secara teratur, yaitu sekali sebelum tidur pada malam hari dan ketika bangun di pagi hari. Atau setelah memakan makanan yang menjadi pemicu bau mulut, seperti jengkol, petai, daging, dan lain-lain.

2. Menggunakan Obat Kumur Anti Bakteri

mouth wash

mouth wash via http://breathmd.com

Sejatinya cara ini adalah cara tambahan ketika selesai menyikat gigi. Namun, hal ini bisa juga dirutinkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Ketika menyikat gigi, hanya beberapa bagian mulut saja yang dapat dijangkau oleh sikat gigi. Untuk itulah obat kumur bekerja menyempurnakan kinerja sikat gigi. Selain menghilangkan bakteri dalam mulut, obat kumur juga akan membuat mulut Anda terasa lebih segar. Obat kumur merupakan salah satu cara menghilangkan baru mulut dengan cepat.

3. Berhenti Merokok

Anti rokok

Anti rokok via http://fionaseah.com

Berhenti dari sesuatu yang sudah lama menjadi kebiasaan memang hal yang sulit. Namun, apabila Anda tidak mau dijauhi oleh teman-teman karena bau napas, mulailah berhenti dari sekarang. Banyak solusi yang ditawarkan untuk para pecandu rokok, dari mengunyah permen karet sampai terapi psikologis untuk menghentikannya. Ketika Anda berhenti merokok, tidak hanya bau mulut yang akan hilang, melainkan Anda juga akan menjadi lebih sehat.

4. Banyak Minum Air Putih

Dengan banyak minum air putih, maka jumlah cairan pada tubuh Anda akan terpenuhi. Begitu pun dengan jumlah air liur di dalam mulut. Bau mulut juga dapat dipicu akibat berkurangnya produksi air liur dalam mulut. Oleh karena itu, usahakan dalam sehari Anda mengonsumsi banyak air untuk menjaga produksi air liur tetap berjalan baik, sekaligus mencegah terjadinya bau mulut.

5. Rutin Membersihkan Kawat Gigi

Kawat gigi juga bisa menjadi pemicu utama timbulnya bau mulut. Dengan memakai kawat gigi, kemungkinan makanan yang akan tersangkut semakin besar. Oleh sebab itu, rutin membersihkannya menjadi salah satu hal penting bagi Anda pemakai kawat gigi. Usahakan saat menyikat gigi, tidak hanya fokus membersihkan gigi, melainkan celah pada kawat gigi juga.

6. Pergi ke Dokter Gigi

dokter gigi

dokter gigi via http://mypenndentist.org

Bila Anda benar-benar ingin mendapatkan mulut yang sehat serta terhindar dari masalah mulut dan gigi, maka pergi ke dokter spesialis gigi adalah pilihan yang tepat. Usahakan untuk memeriksakan kondisi mulut dan gigi Anda secara rutin setiap 6 bulan sekali. Kemudian, minta kepada dokter yang bersangkutan untuk melakukan spa gigi. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan segala macam pemicu masalah mulut dan gigi.

Nah, itulah beberapa ulasan serta cara menghilangkan bau mulut. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi para pembaca. Katakan “ Selamat singgal” kepada bau mulut dan selamat mencoba!