Tulisan ini dibuat oleh Allen Ananda:

 

1. Buka akun khusus untuk tabungan liburan

Pisahkan uang keperluanmu sehari-hari dan tabungan liburan dengan membuka akun bank khusus. Memiliki akun yang terpisah akan memudahkanmu menghitung sudah berapa banyak uang yang kamu kumpulkan untuk liburanmu nanti dan berapa banyak lagi uang yang masih harus kamu kumpulkan.

2. Tentukan dengan jelas rencana liburanmu

Susan Sontag Quote

Susan Sontag Quote via https://www.tumblr.com

Tentukan dengan jelas rencana liburanmu dengan mencatat semua hal yang berhubungan langsung dengan budget. Kota/negara apa yang ingin kamu kunjungi, transportasi apa yang akan kamu gunakan untuk ke tempat tujuan, berapa malam kamu membutuhkan akomodasi pada saat berlibur hingga spesifik tanggal berapa kamu akan pergi. Dengan merencanakan dari jauh hari kamu bisa memiliki waktu untuk menabung lebih panjang sehingga biaya yang besarpun akan terasa lebih ringan jika dikumpulkan dari jauh hari.

3. Potong pengeluaran yang tidak perlu

Coba hitung lagi pengeluaranmu bulan ini, berapa banyak uang yang kamu habiskan untuk hal-hal yang tidak perlu. Tentukan lagi pengeluaran-pengeluaran yang sebenarnya bisa kamu hindari. Misalnya, kamu bisa menghindari makan diluar rumah dengan cara membawa bekal, mengurangi belanja secara impulsif hingga menghentikan membership gym mu dan memilih untuk olahraga yang gratis seperti lari.

4. Gunakan uang yang telah kamu sisihkan untuk tabungan sebelumnya

Tabungan tidak kamu kumpulkan dari uang sisa pengeluaran bulananmu, justru sebaliknya, kamu harus menyisihkan sebagian uangmu untuk ditabung dulu baru sisanya digunakan untuk keperluan bulananmu. Dengan begitu kamu akan lebih disiplin dalam menabung dan tentunya akan membuatmu lebih mudah mengukur berapa lama kamu harus menabung untuk mencukupi keperluan liburanmu.

5. Cari penghasilan sampingan

Kamu sudah menghitung tabunganmu namun keperluan liburan lebih besar daripada uang yang bisa kamu kumpulkan? Tidak usah khawatir, masih banyak jalan untuk mengumpulkan uang untuk liburanmu. Salah satunya adalah dengan mencari penghasilan sampingan. Banyak sekali jalan untuk mendapatkan penghasilan sampingan di era serba online sekarang ini. Bongkar lemari dan gudangmu, kumpulkan barang-barang yang masih bagus dan sudah jarang digunakan lagi, lalu jual secara online. Contoh lainnya lagi, kamu bisa mendaftarkan kamar yang kosong dirumahmu untuk disewa oleh traveler lain di situs seperti airbnb.

6. Dibayar untuk traveling

A woman teaching kids

A woman teaching kids via https://www.unawe.org

Apa yang bisa lebih baik dari traveling? Tentu saja: dibayar untuk pergi traveling! Banyak banget kesempatan yang bisa kamu gunakan untuk pergi traveling dan dibayar untuk itu. Untuk yang sudah bekerja, cari kesempatan untuk dinas ke luar kota tau bahkan ke luar negeri dari kantormu. Sedangkan untuk yang masih sekolah atau kuliah, kamu bisa mencari kesempatan untuk mengajar di summer camp ke luar negeri selagi libur panjang semester. Dan kalau kamu memang pecinta traveling sejati, mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk mengambil pekerjaan sebagai travel guide.