Buat anak rantau pasti dekat dengan tempat yang bernama kost. Kost adalah satu tempat tinggal yang disewakan untuk beberapa banyak orang. Kost-kostan yang disediakan biasanya terdiri dari beberapa kamar yang dihuni oleh satu atau dua orang penghuninya, tergantung aturan yang diberlakukan oleh si empunya kost. Nah, buat kamu yang penghuni baru, pasti kamu harus beradaptasi dulu dong, dengan lingkungan kostmu. Baik dari aturannya, penghuni lainnya, juga dengan yang punya kost. Gini nih, cara biar kamu bisa cepat akrab dengan teman-teman kost lainnya.

 

1. Jangan Pelit untuk Menyapa duluan

http://static.setipe.com/images/setipedotcom-tanyasetipe-terbukti-berhasil-10-cara-ampuh-mengajak-orang-kenalan-part-2.jpg

http://static.setipe.com/images/setipedotcom-tanyasetipe-terbukti-berhasil-10-cara-ampuh-mengajak-orang-kenalan-part-2.jpg via http://static.setipe.com

Sebagai anak baru, jangan pernah pelit untuk menyapa teman kost duluan. Karena ada beberapa manusia yang berpikir bahwa sebagai anak lama yang tinggal di kost tersebut, mereka memiliki kuasa lebih besar dilingkungan itu. Meskipun sebenarnya, itu adalah sifat yang tak baik. Namun, ada baiknya hal sederhana ini kita laksanakan. Menyapa terlebih dahulu juga bukan hal yang sulit untuk dilakukan, meski terkadang sulit untuk melakukannya. Menyapa dapat dilakukan dengan berbagai bentuk, misalnya memberikan senyuman, menjabat tangan, meminta berkenalan duluan. Keuntungan memberikan sapaan terlebih dahulu kita tak di cap sebagai anak sombong dikalangan mereka.

2. Ikutan gabung, tapi jangan bikin gak nyambung

http://sg.image-static.hipwee.com/wp-content/uploads/2015/01/seru-seruan-di-kost-750x5631-750x548.jpg?db84f0

http://sg.image-static.hipwee.com/wp-content/uploads/2015/01/seru-seruan-di-kost-750x5631-750x548.jpg?db84f0 via http://sg.image-static.hipwee.com

Walaupun belum kenal, ga ada salahnya kita ikutan nimbrung duluan. Dengan mampu mengawali tindakan tersebut, akan menjadikan lebih akrab dengan penghuni yang lain. Biasanya, waktu yang sering digunakan untuk berkumpul para anak kost adalah malam hari. Disanalah kamu bisa ikut bergabung dengan kegiatan yang dilakukan teman-teman kostmu. Seringnya ikutan nimbrung, membuat kamu lebih peka dan mengerti sifat dan karakter penghuni kost yang satu dengan yang lainnya. Dengan mengetahui karakter mereka kamu jadi bisa menempatkan diri untuk bagaimana caramu bersikap para penghuni kost lainnya.

 

3. Sikap Ramah akan membuat sekelilingmu menjadi betah

https://www.warga.id/public/ultimatenews/10/1445415171.jpg

https://www.warga.id/public/ultimatenews/10/1445415171.jpg via https://www.warga.id

Orang yang ramah akan selalu disukai banyak orang lain. Untuk membangun hubungan yang baik dengan teman yang lain, salah satunya dengan bersikap ramah terhadap penghuni kost lain. Misalnya, jika ada yang baru pulang kita menyapa dengan pertanyaan ringan "baru pulang mbak?", meskipun kita tahu bahwa teman kita tersebut memang baru pulang. Walaupun terkesan basa basi, tapi tindakan ramah adalah hal yang paling ampuh untuk membangun keakraban dengan teman kost lainnya.

4. Ngobrol Asik tanpa bikin berisik

http://www.gogirlmagz.com/uploads/ck_uploads/images/listening-friends.jpg

http://www.gogirlmagz.com/uploads/ck_uploads/images/listening-friends.jpg via http://www.gogirlmagz.com

Ngobrol adalah tindakan yang sangat mudah. Sebagai anak baru, kamu pasti memiliki banyak pertanyaan mengenai keadaan kost kamu. Berikanlah kesan yang baik, dan tutur kata yang manis ketika mengobrol pertama kali. Bukan berarti tak jadi diri sendiri, namun kita juga harus bisa menjaga hati lawan bicara kita. Carilah obrolan yang ringan dan umum. Misalnya mengenai tempat makan yang bisa dikunjungi disekitar kost atau menanyakan tentang tempat kerja atau kampus dari lawan bicaramu. Dengan pancingan obrolan tersebut bisa menimbulkan percakapan dua arah. Sehingga obrolan dapat berlanjut lebih akrab.

5. Bawakan makanan buat jadi teman nongkrong di kosan

http://3.bp.blogspot.com/-S0IwsrJv79c/UKoKL6cagYI/AAAAAAAAHWA/EPaJ6OyRVaI/s1600/berbagi+itu+baik.jpg

http://3.bp.blogspot.com/-S0IwsrJv79c/UKoKL6cagYI/AAAAAAAAHWA/EPaJ6OyRVaI/s1600/berbagi+itu+baik.jpg via http://3.bp.blogspot.com

Sesekali kita boleh loh berbagi dengan yang lain. Namanya juga biar lebih akrab, ngeluarin kocek sedikit buat dibagi dengan teman-teman bukan hal yang merugi. Tapi, bukan berarti juga kita harus terus-terusan melakukan tindakan tersebut. Membuat orang lain bahagia dapat membuat kepuasan tersendiri untuk hati kita. So, jangan pelit ya guys.

6. Ikuti aturan yang sudah ada tanpa banyak kata

http://4.bp.blogspot.com/_XIuWvIpwyZc/S_S_wbGAERI/AAAAAAAAAmQ/VeTSx5EgEOo/s1600/pengummuman-kost-1024.jpg

http://4.bp.blogspot.com/_XIuWvIpwyZc/S_S_wbGAERI/AAAAAAAAAmQ/VeTSx5EgEOo/s1600/pengummuman-kost-1024.jpg via http://4.bp.blogspot.com

Sebelum kita masuk kedalam satu lingkungan baru. Mereka pasti sudah memliki banyak aturan baik yang tertulis ataupun lisan. Alangkah baiknya, kita menjalankan aturan yang berlaku. Agar tak membuat kesalahpahaman ataupun percek-cokan dengan teman yang lain. Apalagi kita sebagai anak baru, harus lebih berhati-hati dalam melakukan tindakan daripada salah-salah kita sendiri nanti yang tak merasa nyaman.

Gimana?, udah tahu kan sekarang gimana biar cepat akrab dan diterima di lingkungan kost kamu. So, jangan malas berkawan ya guys. Selamat Mencoba.