1. Mengalihkan Topik

ganti topik via https://www.google.com

Saat kamu mengajak ngobrol pacar dan dia melakukan berbagai macam manuver buat ngalihin topik, berarti dia lagi menyembunyikan sesuatu darimu. Dan bisa dipastikan kalo dia udah berbohong sama lo.

2. Perubahan Ekspresi

Perhatikan ekspresi dia saat ngobrol. Beda sama orang jujur yang selalu tenang saat menjawab semua pertanyaanmu, seseorang bohong atau nggak bisa kita lihat dari raut wajahnya. Perubahan ekspresi itu bisa kamu lihat di bagian mata, mulut, alis, dan kerutan keningnya. Jangan berharap bisa tau kebohongan seseorang dari perubahan bentuk sikutnya karena bagian tubuh itu nggak berpengaruh.

3. Memalingkan Wajah

ngak mau denger via https://www.google.com

Advertisement

Orang yang berbohong pasti bakal takut menatap lawan bicaranya. Hal ini terjadi karena pembohong merasa gugup kalo bertatapan mata secara langsung. Saat memalingkan wajahnya, si pembohong biasanya sedang mencari alasan terbaik yang bakal mendukung kebohongannya.

4. Cari Kesalahan

Cara ini cukup umum terjadi di kehidupan percintaan. Untuk menutupi kebohongannya, seseorang bakal mencari beragam kesalahan pasangannya di masa lalu. Mungkin penggagas ide ini adalah ahli matematika. Seperti yang kita tahu, dalam dunia matematika bilangan negatif bakal jadi positif kalo ketemu bilangan negatif juga. Padahal, cinta itu kan bukan ilmu pasti ya? Nah, karena itulah orang yang ngelakuin hal tersebut udah pasti pembohong.

5. Nafas Enggak Teratur

Berdasarkan fakta, orang yang berbohong cenderung bernafas tak beraturan. Bukan karena lobang hidung pacar lo gede sebelah, tetapi karena perasaan tidak nyaman yang ditimbulkan saat menyembunyikan sesuatu. Sebagai catatan, hal ini enggak berlaku kalo nafas pacar lo enggak teratur karena kecapean abis lari 5 km.

6. Hidung Membesar

Kalo ngomongin tukang bohong pasti kita ingat sama yang namanya Pinokio. Di dalam dongeng, Pinokio adalah boneka kayu yang setiap kali berbohong hidungnya bakal semakin panjang. Hampir sama dengan manusia, bedanya kalo pacarmu bohong, hidungnya bukan mancung tetapi membesar. Hidung yang terlihat membesar ini dikarenakan lobang hidung yang kembang kempis ketika berbohong. Makanya, mulai sekarang ketika kamu mau interogasi pacar harus bawa penggaris buat ngukur pembesaran hidung pacarmu.

***

Sudah tahu kan sekarang ciri-ciri orang yang bohong? So, mulai sekarang lo bukan lagi orang yang gampang dibohongin deh. Selamat!