Kos merupakan tempat singgah sekaligus rumah kedua bagi perantau. Keberadaannya menjadi tujuan bagi mahasiswa maupun pekerja yang merantau jauh dari kampung halaman. Kos merupakan tempat merebahkan segala penat dan membuang segala keluh setelah seharian bergelut dengan peluh. Maka dari itu kos yang nyaman memang sangat diperlukan. Mencari tempat kos yang nyaman pun susah, seperti halnya mencari jodoh, cocok-cocok an. Rasa nyaman memang relatif, parameter kenyamanan bagi setiap orang pun juga berbeda. Namun, secara umum kos yang nyaman itu seperti apa, sih?

 

1. Lokasinya strategis apa nggak, sih?

pastikan dekat dengan toko juga.

pastikan dekat dengan toko juga. via http://www.beritajakarta.com

Bagi kamu, entah itu mahasiswa ataupun seorang pekerja, letak kos yang strategis sangat memudahkan kamu dalam segala hal. Strategis di sini tidak cukup sekedar dekat dengan kampus atau tempat kerja. Strategis juga dalam hal dekat dengan fasilitas umum seperti; rumah makan, toko atau swalayan, ATM, dan tempat fotocopy 24 jam bagi khususnya mahasiswa. Tentunya kamu sangat bergantung dengan tempat-tempat tersebut, bukan? Apalagi jika kamu tidak memiliki kendaraan pribadi, dengan letak kos yang dekat dengan fasilitas umum tersebut jalan kaki pun tak menjadi masalah.

2. Tentu jangan lupa pertimbangkan berapa duit yang harus kamu keluarkan per bulannya

Murah tapi nyaman!

Murah tapi nyaman! via https://2.bp.blogspot.com

Tak dapat dipungkiri harga juga menjadi salah satu parameter kenyamanan sebuah kamar kos. Harga yang murah namun strategis pun jarang ditemui. Namun tak sedikit pula kos dengan harga tinggi namun fasilitas yang didapat tak sesuai dengan harganya.

Tapi jangan khawatir bagi kamu mahasiswa atau pekerja yang tidak membawa kendaraan pribadi! Tipsnya ya cari kos-kosan yang dekat dengan kampus atau tempat kerjamu. Biasanya mahal sih memang, namun kamu bisa menyiasati dengan mengajak temanmu untuk satu kamar bersama. Biasanya dengan sekamar berdua tarif kos yang ditanggung pun dapat diminimalisir. Namun bagi kamu yang membawa kendaraan pribadi, letak kos di manapun tak menjadi masalah, asalkan masih dapat dijangkau kantong.

3. Murah boleh, tapi tetep kudu terjamin kebersihan lokasi kosnya, lho

bersih pangkal sehat!

bersih pangkal sehat! via http://1.bp.blogspot.com

Kos yang bersih pun dapat menjadi faktor kenyaman bagi penghuninya. Bukan hanya bersih di kamar saja, namun juga tempat sekitar kamar.  Kamar mandi, dapur, tempat mencuci, jemuran, dan tempat untuk menonton TV pun harus diutamakan kebersihannya. Ingat, bersih pangkal sehat, lho!

4. Nggak mau 'kan jadi korban pencurian?

jagain adek, bang!

jagain adek, bang! via https://1.bp.blogspot.com

Jika kamu tidak suka kos yang jadi satu dengan pemiliknya, setidaknya carilah kos yang ada penjaganya. Dengan begitu, keamanan kamarmu bisa terjamin dan mau ngapain-ngapain juga bakal tenang dan nyaman.

5. Lingkungan sehat, hidup sehat. Jadi, carilah kos dengan penghuni yang 'positif'

Tetangga kos yang baik akan menciptakan kenyamanan tersendiri di dalam sebuah kos. Dialah mungkin yang pertama kali kamu cari disaat kamu sedang kesusahan. Tetangga kos yang baik, apalagi menjadikan kita pribadi yang lebih baik akan menciptakan kenyamanan tersendiri.  

6. Nggak ada yang ngelarang kok buat berikan sedikit dekorasi di kamarmu

Tata ruang kamarmu semenarik mungkin. Kamu mungkin bisa mencari banyak referensi di internet tentang dekorasi kreatif untuk ruang pribadimu. Kamu juga bisa memajang tulisan penyemangat, ataupun foto-foto orang tersayang di dinding kamar mu. Intinya bagaimana caranya untuk membuat kamu betah nggak keluar kamar seharian.

Tapi ini juga tergantung dengan izin pemilik kos, ya. Ada juga tuh pemilik kos yang ngelarang kamar kosnya dipaku-paku, atau berbekas solasi-solasi gitu.

 

Jadi, sudah nyamankah dengan kosmu yang sekarang?