Memakai ransel atau tas punggung kerap memberikan kesan nerd bagi sebagian orang. Padahal, seiring dengan berkembangnya era, ransel atau tas dengan konsep punggung atau yang dikenal dengan backpack telah terelevasi menjadi suatu tren mode untuk kalangan pria saat ini. Kendalanya, masih banyak pria yang kurang begitu paham tentang bagaimana cara eksentrik menggunakan ransel punggung agar terlihat stylish. Bahkan, kegunaan dari tas punggung tersebut hanya dijadikan sebagai keperluan vital yang tidak perlu memerhatikan gaya atau mode yang cocok agar terlihat menarik.

Kegunaan dari tas punggung atau backpack dapat disesuaikan dengan beberapa keadaan dan tren masa kini. Tidak hanya digunakan untuk keperluan kerja sehari-hari, tetapi juga untuk menghadiri acara-acara formal. Selain itu, memakai tas punggung tetap akan terlihat rapi dan tidak monoton.

1. Smart casual

Tampilan kasual dengan aksen formal via https://lookastic.com

Pelik kehidupan dinamis di ibukota menuntut mobilitas tinggi dengan banyaknya keperluan yang dibawa dalam segala urusan. Dengan ragam aktivitas tersebut, pria modern yang memerhatikan perihal mode dituntut untuk terlihat menarik walaupun mengenakan tas punggung sebagai aksesori primer. Berbagai macam gaya perlu disesuaikan dengan bentuk tas yang ingin dikenakannya. Tampilan kasual yang menarik menjadi salah satu gaya andalan pria dengan rutinitas perkantoran saat ini, tanpa menghiraukan apakah pria tersebut bekerja di ranah industri yang kaku seperti bank atau lawfirm.

Berikanlah tampilan atau look yang eksentrik walau menggunakan tas atau ransel punggung. Untuk beberapa perusahaan yang umumnya bergerak di bidang kreatif, tampilan gambar di atas menjadi opsi pertama agar tetap terlihat stylish dengan menggunakan tas punggung. Tentunya dengan jenis tas punggung yang menunjang tampilan gayanya juga, yaitu leather atau suede backpack yang sangat cocok disandingkan dengan celana denim atau jeans dan kemeja dengan aksen maskulin yang bermotif basic, ditambahkan dengan basic sweater sesuai dengan warna pada kemeja yang dikenakan. Berikan tampilan yang santai nan kasual dengan tidak memasukkan kemeja ke dalam celana jeans yang terbelit dengan belt. Namun, perlu diperhatikan secara khusus untuk ukuran bajunya. Harus dibuat pas atau fit dengan ukuran tubuhnya agar tetap memberikan kesan rapi.

2. Dengan jaket atau luaran (outer)

Busana tambahan sebagai luaran untuk memberikan kesan stylish via https://www.mrporter.com

Advertisement

Jika memiliki jenis tas punggung dengan volume muatan banyak seperti gambar di atas, cermati tampilan dengan mengenakan tambahan outer atau luaran pada kemeja dan celana chino yang dipakai untuk memberikan aksen kasual yang mengarah formal. Biasanya, Pria yang menekuni pekerjaan di bidang kreatif akan memilih opsi gaya ini.

Sesuaikan outer atau luaran yang dikenakan dengan warna tas punggung. Seperti gambar di atas, warna yang terdapat pada leather-trimmed backpack tersebut bernuansa beige dengan tekstur dan bahan tasnya yang menunjang warna menjadi lebih cocok jika disandingkan dengan nuansa luaran berwarna hijau, atau biru navy. Warna putih pun juga menjadi opsi yang pas.

3. Dengan tampilan formal

Busan formal dengan setelan jas tetap memberikan kesan stylish dan maskulin via https://lotuffleather.com

Era modern saat ini memang tengah menuju ke ranah industri kreatif yang selalu mengemban persepsi kasual, walaupun perusahaan tersebut bergerak di ranah formal seperti perbankan, corporate besar, dan firma hukum. Siasat yang harus di mengerti oleh pria dengan pekerjaan yang menuntut untuk tetap tampil formal adalah dengan menggunakan jenis tas punggung kulit yang memiliki aksen maskulin, sederhana, dan eksentrik, sehingga memiliki nuansa mahal.

Jenis tas berkulit dengan warna gelap menjadi opsi tepat yang harus dikenakan oleh setiap pria yang ingin memberikan tampilan formal nan eksentrik dengan tas punggung. Padukan warna antara tas kulit yang dipakai dengan busana bernuansa gelap di bagian atas dan celana berbahan dengan warna yang serupa dengan atasan. Umumnya, Pria kantoran yang selalu mengenakan setelan jas akan menyelaraskan warna atasan dan bawahannya dengan cermat.

Usahakan selalu memakai setelan jas atau kemeja dengan blazer yang berukuran fit atau pas dengan badan. Karena mengenakan tas punggung dengan pikulan dua strap, memerlukan tampilan pas agar tidak terlihat berantakan. Sedikit tips untuk pria yang sering mengenakan busana formal ke kantor, berikan aksen maskulin dan tetap stylish dengan menjinjing tas punggung tersebut di tangan sebelah kanan atau kiri, atau memikulnya hanya dengan satu strap saja. Aksen cool akan terpancar dari gaya tersebut.

4. Kenakan dengan jaket kulit

Jaket kulit tetap jadi busana pelengkap andalan pria via https://mrporter.com

Pria yang ingin mengenakan jaket berbahan kulit harus dengan padanan warna yang tidaklah sama, baik untuk celana yang dikenakan atau bahkan tas berjenis kulit. Berikan aksen eksentrik pada tampilannya dengan memberikan padanan warna kontras pada masing-masing bagian; tas kulit, jaket kulit, serta atasan dan bawahannya.

Persepsi cool akan selalu tersirat dari pria yang mengenakan jaket kulit untuk pergi ke segala kesempatan, baik formal maupun yang tidak formal sekalipun. Warna kontras yang terlihat pada tampilan gambar di atas menunjukan statement kuat dari segi mode. Jaket kulit yang dikenakan dengan tas kulit hendaklah memiliki warna kontras yang jauh berbeda agar tetap memberikan tampilan selaras walaupun dengan jenis bahan yang sama.

5. Kenakan dengan jaket denim

Selain jaket kulit, jaket denim tetap menjadi pilihan via http://lookbook.nu

Selain jaket kulit, pada umumnya kaum pria akan gemar mengenakan jaket atau atasan berbahan jeans, yang kerap dikenal dengan denim. Paduan celana berbahan jeans menjadi pilihan tepat antara bagian atasan dengan bawahan dari tampilan busana yang ingin ditampilkan. Tas berbahan kain kaku atau yang tidak kaku menjadi sandingan cocok untuk tampilan denim tersebut.

Berbeda halnya dengan busana dan tas berbahan kulit, jenis ini tidak mengharuskan pria untuk mengenakan warna kontras yang berbeda antara jaket dan tasnya. Bahkan, alangkah lebih baik jika mengenakan atasan jeans tersebut dengan paduan warna yang selaras dengan warna tas. Kesan maskulin secara natural akan terpancar dari gaya tersebut. Tidak ada standar dan gaya khusus dari tas yang harus digunakan, asalkan bahan dari tas tersebut bukan kulit atau suede, karena tidak akan cocok dipadukan.

6. Celana pendek nan kasual dengan tas punggung

Santai dengan tetap memberikan aksen kasual via http://vb.shbab5.com

Pria pada umumnya akan memilih celana pendek berbahan chinos untuk setiap kegiatan tidak formal. Perpaduan antara polo-shirt dengan celana bahan chinos akan memberikan aksen simple nan kasual. Pengaplikasiannya dengan tas punggung atau backpack juga menunjang tampilan menarik dengan tidak menghilangkan persepsi dari aksen tersebut.

Disarankan untuk selalu mengenakan warna yang cerah pada atasan dan celana yang akan dikenakan. Karena, kesederhanaan dengan nuansa simple nan kasual terbentuk dari padu padan warna tersebut. Tas punggung yang dikenakan juga harus berbahan selain kulit dan suede seperti yang telah dipaparkan pada poin sebelumnya. Bahan kain yang kaku dengan desain basic atau polos menjadi padanan cocok untuk dikenakannya dengan celana pendek dan polo-shirt.