"Horeee.... Lebaran sebentar lagi... "

Mungkin saat ini semua orang berbicara akan hal itu, sebagian bergembira menyambut kedatangan hari raya karena THR yang ditunggunya, sebagian lagi bergembira karena bisa mudik ke kampung halaman untuk bertemu dengan keluarga besar.

Namun, sepertinya itu cuma berlaku bagi mereka yang sudah punya kerjaan dan juga sukses dengan karir ataupun bisnisnya. Bagaimana jika kamu seorang freelance yang gak dapat THR, yang kadang memiliki penghasilan kadang juga tidak, atau kamu yang masih cari kerjaan sana-sini yang sudah bosan dengan yang namanya 'interview', Jika keadaannya seperti itu apakah prinsip "pantang pulang sebelum sukses" akan tetap kamu pertahankan? 

Baiklah dari pada kamu dilema terus menerus mendingan kamu pertimbangkan 5 hal berikut :

1. Buat Kamu yang Masih Lajang Orang Tua Adalah Prioritasmu Saat Ini

Berbakti Kepada Orang tua via http://hipwee.com

Sudah berapa lama kamu tidak bertemu dengan ibu dan bapakmu? Bersyukurlah jika mereka semua masih sehat dan kuat, tapi ingat hari demi hari usia mereka semakin tua, produktivitas mereka dalam beraktifitaspun semakin berkurang. Jangan terlalu lama meninggalkan mereka, mereka sangat merindukanmu. Tidak peduli sudah menjadi apa kamu saat ini, hal pertama yang mereka ingin adalah melihatmu, memelukmu, dan Menciumu. Itu sudah menjadi sebuah kebahagiaan untuk mereka.

2. Sekalipun Budgetmu Minim, Selagi Itu Masih Bisa Untuk Perjalanan Pulang dan Balik Lagi Itu Sudah Cukup Ko

Dompet Cepat Menipis via http://bisniskeuangan.kompas.com

Mungkin keuangan menjadi salah satu masalah utama yang membuat kamu dilema untuk mudik ke kampung halaman. Tapi bukan berarti budget yang minim tidak bisa diandalkan, selagi bisa untuk ongkos perjalanan pulang dan balik lagi nanti, itu sudah sangat cukup.

Advertisement

Jika perjalanan mudikmu masih bisa ditempuh dengan naik motor atau mobil, kamu bisa lebih hemat lagi lho… salah satunya dengan cara nebeng bareng teman atau sahabat sekampung halamanmu, kamu cukup patungan bensin untuk perjalanan nanti.

3. Tidak Perlu Malu Ketika Orang-Orang Di Kampung Nanya Soal Pekerjaaamu yang Sebenarnya Belum Kamu Dapetin

Masih Nganggur? via http://axltwentynine.com

Sudah tidak aneh lagi jika teman-teman, tetangga ataupun saudara kamu bertanya kerja apa, dimana dan gajinya berapa….jawablah dengan jujur karena itu akan lebih baik dari pada kamu mengada-ada. Alangkah baiknya lagi kalo kamu menjawab dengan bijak, misalnya jika kamu mau bilang

"Masih nganggur…"

bisa diganti dengan

"Masih proses seleksi perusahaan… bla bla bla "

atau bisa juga dengan

"Sekarang masih freelance…"

walaupun kenyataanya serabutan, tapi itu lebih keren kan?

4. Tidak Perlu Beli Baju Baru untuk Lebaran, Karena Kamu Sudah Bukan Anak Kecil Lagi

Meme Lebaran via http://news.lewatmana.com

Apalagi ini… kalau kamu ngerasa udah dewasa pastinya kamu tau dong mana yang lebih penting. Dari pada uang kamu dipakai untuk beli baju lebaran, mendingan buat ongkos kamu mudik atau buat THR adik-adik kamu di kampung.

5. Kalo Adik atau Keponakanmu Minta THR Kamu Bisa Ngasih Mereka Hadiah Selain Uang

Mereka Cute via http://hipwee.com

Seneng sihh kalo bisa ngasih THR sama adik atau ponakan sendiri… tapi kalo ngasihnya cuma dikit juga gak enak… Mendingan kamu beliin hadiah aja, kasih mereka barang yang mereka sukai dan cocok dengan usia mereka. Kalo mereka masih bayi, kamu bisa kasih mainan dan kalo mereka sudah sekolah, kamu bisa kasih sepatu atau tas. lebih bermanfaat kan?

6. Kalo Orang Tua, Saudara, dan Tetanggamu Nanya Kapan Kawin Bilang Saja Kamu Sedang Membangun Masa Depan

Kapan Kawin Movies via http://sidomi.com

Tante nanya…

"Mana pacarnya… ko gak di ajak?"

Tetangga sebelah kepo….

"Sudah punya calon belum..???"

Pak penghulu ngajak berantem….

"Kapan daftarin nama sama calon kamu di KUA???"

Jawaban yang sepertinya tepat untuk me reka – me reka adalah :

"Aku lagi fokus sama karir dan masa depan aku dulu Om… Tante… Pak.. Bu…."

Pada intinya, usahakan kamu harus pulang karena banyak orang-orang yang merindukanmu disana.

Satu hal lagi… demi kelancaran kamu dalam berkarir sebelum balik lagi keperantauan nanti, minta maaflah sama ibu dan bapakmu atas apa yang pernah membuat mereka kecewa sama kamu, mohon doa untuk kesuksesanmu, peluk dan cium pipi, tangan dan kalo perlu kaki mereka. Karena mereka adalah salah satu kunci kesuksesmu.

Percayalah! 🙂