Hai guys? Siapa aja nih para pecinta KPOP alias Korean POP? Pasti banyak kan ya? Oiya, gimana sih awal-awal waktu kalian jatuh hati sama idol KPOP? Pasti hal-hal berikut ini banyak yang kalian lakuin demi mengenal lebih dalam idola kalian! Check this out!

1. Googling profil idol!

Kegiatan yang pertama kali akan kalian lakukan, ketika jatuh hati sama idol KPOP adalah mencari profil mereka di Google, membaca blog fanbase KPOP, blog orang yang membahas KPOP, bahkan videografi profil idol KPOP di Youtube yang dibuat oleh KPOPers (sebutan fans KPOP). Biasanya dengan sangat antusias dan penuh harap, kalian bakal dengan gigih mencari dan mencari profil idol yang kalian kagumi. Entah sudah berapa laman yang kalian baca dan tonton, asal kehausan informasi akan profil idol tersebut terpenuhi, apapun akan kalian lakukan.

Perasaan seneng gimana gitu ketika membaca profil mereka secara perlahan-lahan, tanpa kalian sadari, akan memuaskan hasrat dan rasa penasaran yang telah kalian ciptakan sendiri. Memang sih, belum afdol kalau mengagumi idol KPOP tanpa tahu profil lengkapnya. Kalian akan mulai penasaran tentang bagaimana perjalanan karier mereka, biodata mereka, sampai hal-hal detail apa yang mereka sukai! Seandainya profil mereka keluar di soal ujian, kamu pasti bisa jawab 100% benar nih. Hehehe…

2. Nonton-in MV hits dari jaman debut

Music video salah satu idol group KPOP via https://gyuyomizizi.wordpress.com

Jatuh hati pertama kali sama idol KPOP itu bikin kita penasaran sama karya-karyanya. Yang pasti, kalian bakal mencari dan mendengarkan lagu-lagu hits para idol tersebut. Nggak cuma lagu yang hits aja, bahkan tak jarang, ada yang penasaran dengan semua karya-karya mereka.

Advertisement

Rasa penasaran kalian akan mengajak kalian untuk streaming music video (MV) mereka di Youtube. Meskipun tidak semua lagu mereka tersedia music videonya, kalian tetap bisa mendengarkan spoilernya di beberapa official channel Youtube dari agensi idol tersebut. Jika dirasa kurang, ada banyak KPOPers yang membuat kompilasi lagu dalam sebuah video. Gimana? Udah nambah belum daftar lagu favorit dari idol KPOP mu tercinta?

3. Follow sosmed para idol? Yang ini mah dijamin pasti!

Hayooo sudah memfollow berapa akun? via https://www.dramafever.com

Kalau kalian jatuh hati sama idol KPOP pasti kalian penasaran sama kehidupan pribadi mereka. Yakin deh, nggak mungkin nggak. Lagian, sekarang kan lagi musim tuh para idol gabung dan buka akun pribadi sosial media mereka, contohnya Instagram. Demi semakin mendekatkan diri sama para idol, kalian akan rela memfollow sosial media mereka, apapun itu.

Perlahan-lahan kalian akan me-like fansite official di Facebook, memfollow di Twitter dan Instagram, men-subscribe official Youtube, bahkan sampai join di fansite resmi agensi yang ada di Korea! Wih komplit ya sosial media mereka? Oiya, yang pasti ada beberapa group idol yang memperbolehkan para member untuk membuka akun pribadi mereka. Dijamin deh, kamu bakal turn on notification option agar kalian tahu, kapan mereka memberikan update terbaru. Gimana, udah semakin dekat kan sama para idol?

4. Nge-search variety show mereka, bahkan tak pelak kadang cuma nyari cuplikan variety show yang ada merekanya doang, alias langsung skip fokus ke idol kamu

GOT7 on After School Club via http://www.asianjunkie.com

Kalau kalian newbie di dunia per-KPOP-an, pasti kalian penasaran sama apa aja sih aktivitas para idol selain menyanyi di panggung musik? Yup! Kalian harus tahu ini. Jadi, di Korea, para idol KPOP selain mempunyai aktivitas musik, mereka juga dituntut untuk bisa menghibur penonton dalam bentuk variety show.

Dalam variety show, biasanya para idol akan menunjukkan kemampuan mereka yang lain selain menyanyi dan menari. Waaaah seru ya sepertinya? Ibaratnya nih ya, para idol di Korea punya banyak bakat atau bisa multitasking, nah, mereka akan unjuk gigi dalam sebuah acara variety show. Adapun contoh beberapa variety show yang hits sampai ke dunia internasional yaitu Running Man, Weekly Idol, Roommate, King of Mask Singer, dan terkadang beberapa agensi membuat variety show khusus untuk para idol agar mereka bisa semakin dikenal.

5. Nyari lirik lagu romanization biar bisa nyanyi bareng idol

Ayok nyanyi bareng para idol! via https://www.pinterest.com

"Idol kamu bisa nyanyi, masak kamu cuma diem ngliatin aja sih? Harusnya kamu juga ikutan nyanyi biar mereka semangat tampil di atas panggung!"

"Hmmm… sayangnya aku nggak bisa baca Hangul kak :'(".

Hari gini kok kuno sih? Padahal udah ada teknologi canggih loh, cobalah googling lirik lagu mereka yang romanization. Pasti setelah itu, kalian bisa nyanyi bareng mereka hehe. Tapi kalian kudu mengikuti irama lagunya ya, biar membaca romanization hangulnya bisa pas kayak para idol.

Caranya gampang kok, pertama-tama kalian harus mendengarkan lagu yang akan kalian nyanyikan. Nah, kedua siapkan lirik romanization yang sudah kalian searching di Google. Udah deh! Sambil mendengarkan lagu para idol, kalian baca lirik romanizationnya. Sedikit demi sedikit, pasti kalian bisa nyanyi bareng sama idol tercinta. Mudah bukan? Selamat bernyanyi!

6. Selalu update berita biar nggak ketinggalan aktivitas para idol

Salah satu kanal berita infotainment Korea yang berbasis bahasa Inggris via https://apkpure.com

Yang terakhir nih, kamu pasti penasaran sama aktivitas-aktivitas lain para idol bukan? Selain aktivitas musik dan variety show, kamu bakal tahu aktivitas lain para idol lewat update-an berita-berita misalnya Soompi.com, Allkpop.com,Ohkpop.com, dkpopnews.net, dan masih banyak lagi kanal infotainment artis Korea. Dijamin deh, kalau kalian sering kepo kanal berita tersebut, pasti nggak akan ketinggalan update berita para idol satu pun. Lewat kanal infotainment ini, kalian juga bakal tahu aktivitas lain misalnya group idol favoritmu memenangkan suatu awards music, pencapaian viewers music video yang diperoleh di Youtube, dan berita tentang kesuksesan world tour atau show yang sedang dijalankan oleh idol favoritmu.

Gimana? Hal tersebut di atas udah kamu lakuin semua belum? Kalau belum, tandanya kamu belum afdol nih jatuh cintanya sama idol group kamu. Segera lengkapi aktivitas yang belum kamu lakukan ya, sebelum kamu makin penasaran sama idol group kamu. Hihihi…