Mengawali karir pada tahun 20111, Tulus kini menjadi salah satu penyanyi solo pria yang paling dinanti. Bersuara lembut dengan lagu-lagu yang manis menjadikan Tulus layak untuk dijadikan sebagai penyanyi idola. Tak hanya itu, masih ada beberapa alasan kenapa kamu layak ngefans sama Tulus.

 

1. Lirik lagu dan Judul yang unik

“Aku patung mereka patung

Cangkir teh hangat namun kaku dan dingin

Meja-meja kayu mengkilap

Wajahmu dibahasi air mata yang dilukis”

Sepenggal lirik lagu yang diambil dari lagu Diorama diatas menunjukkan betapa unik dan kreatifnya Tulus dalam meramu sebuah lagu (meskipun kita kadang tak mengerti liriknya. Hihhi). Tak hanya lirik, judul lagunya pun unik-unik. Mulai dari Sepatu, Sewindu, Diorama, Gajah, Jangan Cintai Aku Apa Adanya, Bumerang dan lain-lain. Hal tersebut menjadikan kita sebagai penikmat musik atau fans dari Tulus (Teman Tulus) sangat mudah untuk mengingat lagu-lagu Tulus. Ditambah dengan musik yang easy listening menjadikan lagu lagu Tulus semakin enak untuk didengar. Setuju? Setuju dong

2. Lagu-lagu Tulus menemani di setiap suasana

dokumen pribadi

dokumen pribadi via http://instagram.com

Lagi jatuh cinta? Ada “Teman Hidup” dan “Jatuh Cinta”nya Tulus yang sangat manis untuk didengar. Bahkan lagu Teman Hidup yang kata Tulus sebenarnya diciptakan untuk ibu dan kakak perempuannya itu biasa digunakan untuk melamar atau dilantunkan diacara-acara pernikahan. Atau PDKTnya lama tapi tiba-tiba doi jadian sama yang lain? Duhh sedih banget yaa :( 

Denger lagu sewindu deh. Sakit hati sih ada, tapi jangan sampai berlarut-larut yaa guys. Mending lagsung dengar “Baru”. Musik yang upbeat dan lirik yang membuat kamu semakin percaya diri untuk siap memulai hidup yang baru lagi dan membantu kamu untuk move on. Selalu bersama tapi tak bisa bersatu karena satu dan lain  halnya? “Sepatu” paling cocok menjadi soundtrack kamu. Mecintai apa adanyasih sudah biasa yaa kita dengar, lewat “Jangan Cintai Aku Apa Adanya” Tulus hadir dengan pemikiran antitesanya yang mengajak kita untuk selalu menuntut sesuatu dari pasangan agar hubunganmu tetap jalan kedepan dan gak ngebosenin.

Gak hanya soal lagu cinta loh, butuh lagu penyemangat? Denger dehh “Lagu Untuk Matahari” yang liriknya mengajarkan kita untuk selalu mengerjakan dan mengejar mimpi kita dan jangan mendegarkan orang yang mencibir. Dan masih banyak lagi lagu dari Tulus yang bisa menjadi soundtarck in every situation kamu.

3. Berkarir dibawah label record independent

via twitter @tulusm

via twitter @tulusm via http://twitter.com

Siapa yang menyangka salah satu penyanyi solo pria yang paling sukses sekarang ini diawal karirnya mengalami banyak penolakan oleh produser-produser musik? Bermodalkan ketekunan dan tidak cepat putus asa, Tulus  akhirnya memutuskan untuk merilis albumnya sendiri. Dengan dibantu oleh kakaknya Riri Muktamar Rusydi, Tulus membuat perusahaan rekaman sendiri Tulus Record dan meluncurkan album perdannya yang bertajuk Tulus pada September 2011 silam dan album kedua Gajah tahun 2014 yang sama-sama diproduseri oleh Ari Renaldi. Nah kan, pasti produser rekaman yang menolak Tulus kemarin nyesel dehh liat Tulus sekarang.

4. Mengadakan Konser Tunggal

Konser Diorama Tulus

Konser Diorama Tulus via http://musiktulus.com

Salah satu alasan kenapa Tulus sangat dekat dengan fansnya ialah seringnya Tulus membuat konser tunggal untuk memanjakan telinga para Teman Tulus. Dimulai dengan konser ‘Tulus: An Introduction’ di Bandung tahun 2011, ‘Tulus: Beyond Sincere’ di Jakarta tahun 2012, konser ‘Diorama’ di Bandung tahun 2013 dan konser ‘Gajah’ pada tahun 2014 yang digelar di 3 kota yaitu Jakarta, Bandung dan Yogyakarta. Belum lagi dengan beberapa konser yang menghadirkan Tulus. Dan yang membuat konser Tulus menjadi berkesan dimata para Teman Tulus ialah seringnya ia mengundang saau atau dua orang untuk naik ke panggung dan bernyayi bersama diatas panggung. Wihh siapa coba yang gak nyesel datang ke konser Tulus apalagi kalo dijaka duet bareng dipanggung, Selain itu Tulus pernah terpilih menjadi salah satu pengisi acara pada Sound of Indonesia 2013 di Friedrich-Ebert-Halle, Hamburg, Jerman dan menyanyikan beberapa lagu dari albumnya dan meng-cover lagu Bengawan Solo dan juga Satu yang Tak Bisa Lepas dari penyanyi Reza Artamevia.

5. Memenangkan Beberapa Penghargaan Musik Bergengsi

Tulus Membawa Pulang 5 Piala AMI 2015

Tulus Membawa Pulang 5 Piala AMI 2015 via http://instagram.com

Muda, berbakat dan berprestasi sepertinya patut disandangakn pada penyanyi yang juga lulusan Arsitekur Universitas Katolik Parahyangan, Bandung ini. Berkarir di Industri musik Indonesia yang kurang lebih baru 4 tahun, Tulus telah mencapai kusuksesannya dengan memnangkan beberapa penghargaan musik bergengsi di Indonesia dan luar negeri. Seperti di akhir tahun 2015 kemarin Tulus masuk 6 nominasi sekaligus di Anugerah Musik Indonesia, mulai dari kategori Artis Solo Pria Pop Terbaik sampai dengan Album Terbaik dan 5 diantaranya menang mengalahkan beberapa penyayi terkenal seperti Afgan dan Judika. Tak hanya di AMI, sebelumnya Tulus juga pernah memenangkan Rookie of The Year dalam majalah Rolling Stone Indonesia ditahun 2013. Ditahun 2014, Tulus juga pernah masuk 4 nominasi di HAI Magazine dan keempat-empatnya menang. Selain itu, tak hanya di Indonesia, tahun 2014 dan 2015 Tulus masuk Anugerah Planet Muzik 2015 yang digelar di Singapura dan memenangkan Artis Lelaki Baru Terbaik tahun 2014 dan The Best Collaboration 2015.

6. Meluncurkan single "Kutsu" di Negeri Sakura

Single

Single "Kutsu" Tulus via http://intagram.com

Ada yang suka dengar lagu ‘Sepatu’ dari Tulus? Nahh saking terkenal dan kerennya nihh, Oktober 2015 kemarin penyanyi yang sempat dikabarkan dekat dengan Raisa ini melucurkan single Sepatu dalam bahasa Jepang yang dilucurkan di Negeri Sakura. Berjudul ‘Kutsu’ yang dalam bahasa Indonesia juga berarti Sepatu, Tulus dibantu oleh Hiroaki Kato, seniman asal Jepang yang tinggal di Indonesia yang juga pernah berkolaborasi dengan Tulus dalam konser Gajah tahun 2014 lalu. Well, kita tunggu aja single-seingle lainnya diluncurkan di Jepang atau mungkin Tulus ngeluarin lagu di negara lain.

 

 

Itu beberapa alasan kenapa kamu layak menjadikan Tulus penyanyi idola. Sebenarnya ada jutaan alasan. Tapi cuman itu yang bisa dimuat diartikel ini. Hihi. Well, kalo kamu belum dengar lagu-lagu Tulus, buruan dehh dengar. Pasti gan nyesel. Anw, dalam waktu dekat ini Tulus akan merilis sesuatu yang baru. Album atau lagu? Entahlah, kita tunggu aja tanggal 26 Februari mendatang ;)