Seiring ketat dan meningkatnya standart mutu guru dan pendidikan di Indonesia. Pemerintahpun secara bertahap berupaya menyempurnakan berbagai system pendidikan di Indonesia, baik dari segi tenaga pendidik, metode-metode pembelajaran, peningkatan SDM siswa siswi dan yang tak kalah anggaran dana yang harus Negara keluarkan setiap tahun bahkan setiap bulannya demi meningkatkan mutu guru dan pendidikan di Indonesia. Syarat demi syaratpun wajib dipenuhi oleh tenaga pendidik ataupun instansi demi terciptanya pendidikan Indonesia kea rah yang lebih positif.

Tentu saja, hal diatas melibatkan banyak sekali pihak yang perperan dan salah satunya ialah operator sekolah. Di indonesia sendiri belum ada kuliah khusus mengenai Jurusan yang prospek kerjanya nanti untuk menjadi seorang Operator Sekolah, mungkin juga pekerjaan ini masih awam ditelinga halayak dan bertanya seperti apa pekerjaan dan tugasnya?! Berikut anda akan mengetahui gambarannya.

 

1. Operator Dituntut Harus Berfisik Prima

olahraga ringan dikantor

olahraga ringan dikantor via http://infojakarta.net

Siapa yang tahu, data setiap persiswa siswi di Indonesia ini sebenarnya telah terpatri di kantor pusat pendidikan Indonesia, semua data pribadi siswa, dari nama, no KTP, no KK, alamat, riwayat hidup keluarga, tinggi badan, sampai warna kulit semuanya lengkap terinput. Dan itu tugas siapa lagi jikalau bukan operator sekolah. Semua data di input secara online di 1 pusat yang sama yaitu di kemdikbut.com. Bayangkan jika satu angkatan disekolahmu berjumlah 1000 siswa setiap tahunnya dan operator bertanggung jawab penuh menginput data dengan sevalid mungkin agar nomor NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) siswa tidak tertukar dengan siswa disekolah kota ataupun pulau yang lain.

Dengan hanya 1 jaringan pusat yang sama, seringkali terjadi eror pada webnya, sehingga para operator sekolah merelakan jam malamnya untuk menginput satu per satu data siswa karna di jam 1 pagi sampai dengan pukul 6 pagi adalah waktu dimana lalu lintas jaringan berkurang sehingga dapat mengirim datanya dengan 100% sukses tanpa ada satu angka maupun satu hurufpun yang tertinggal.

2. Operator Sekolah Sekejab Bisa Multifungsi

operator pusing

operator pusing via http://www.thifahcomputer.com

Pekerjaan seringkali datangnya berbarengan, belum lagi harus input data DAPODIKDAS, Belum lagi dengan laporan BOS(Bantuan Operasional Sekolah) yang berhubungan dengan angka-angka, penginputan biodata peserta ujian nasional yang datanya tidak boleh salah karena menyangkut data ijazah  seumur hidup dan sebagainya yang kepentingannya sama-sama tidak bisa dinomor duakan.

3. Dihari Liburpun Tetap Siap Siaga dengan Laptop

liburan tetap kerja

liburan tetap kerja via http://bisnis.liputan6.com

Jangan terlalu bahagia dulu jika akhir pekan dating. Semenjak adanya operator sekolah, Kantor UPTD sendiri setip kali ada permintaan data, hubungannya langsun dengan operator yang bersangkutan. Kerap kali permintaan data mendadak datang di waktu libur akhir pekan maupun akhir panjang, dan stiap kali data yang akan diserahkan ke UPTD wajib mengetahui, distempel sekolah dan di tandatangani oleh Kepala sekolah. Alhamdulillah jika memiliki kepala sekolah yang engizinkan tandatangannya ditembak saat darurat, tetapi jika kepala sekolahnya lagi liburan dan gak bisa dihubungi? Operatorlah yang kerap mendapat teguran dari UPTD. Otomatis pekerjanpun tersendat.

4. Selain Wajib Cekatan Operator Sekolah Juga Dilarang Panik

operator sekolah

operator sekolah via http://www.infoguruterbaru.com

Berbicara mengenai tenaga pendidik atau guru tidak lengkap bila tidak membahas tentang . Singkatnya dalam pasal tersebut dijelaskan mengenai hak sertifikasi Guru guna meningkatkan kwalitas mutu tenaga pendidik. Anggaran sertifikasipun tidak dengan mudah pemerintah cairakan hanya dengan mermodal SK PNS Guru. Begitu banyak persyaratan yang harus disiapkan.

Selain kewajiban menginput data dengan benar mengenai riwayat hidup, riwayat pendidikan, riwayat pengajar, jam mengajar, siswa siapa saja yang diajar, jumlah gaji riwayat gaji, riwayat kepangkatan dll pada situs Padamu Negeri dan penginputan data Dapodikdas pada Kemdikbut. Yang pekerjaanya juga lebih seirng dilakukan tengah malam demi terkirimnya data 100% pada pusat. Begitu banyak keterangan dan berkas-berkas yang wajib diinputkan secara  benar dan hati-hati  karena jika satu kesalahan saja mengakibatkan tidak cairnya sertifikasi guru tersebut.

5. IKHLAS

Kata sapu jagat yang dipegang teguh oleh operator sekolah, karena diatas hanyalan sebagian gambaran dari pekerjaan dan tugas seorang Operator sekolah. Operator Sekolah termasuk tenaga sukwan di sekolah-sekolah, otomatis gaji pekerjaan ini tergantung pada anggaran dana BOS(Bantuan operasional), desas desus ada rekan-rekan yang masih digaji Rp.200.00/blnnya dengan tanggung jawab pekerjaan yang begitu besar. Jadi IKHLAS aja.

6. Berminat Bekerja Sebagai Operator Sekolah?

expresi bapak jokowi

expresi bapak jokowi via http://www.tempo.co

Jika berminat menjadi operator sekolah dan mengabdi pada dunia pendidikan Indonesia dengan cara yang berbeda, perkerjaan ini bisa kamu geluti dengan niat yang tulus agar semua yang kamu kerjakan berjalan dengan lancar dan berkah.