Akhir-akhir ini Indonesia memang lagi banyak dilanda krisis, dari mulai krisis ekonomi, krisis air, krisis kepercayaan, sampai krisis daging sapi. Tapi berhubung bulan ini adalah bulan Agustus, yang merupakan bulan ulang tahun Indonesia, ada baiknya kita mengingat hal-hal yang baik tentang negara kita.

Sebagai warga negara Indonesia yang lahir dan besar di sini, pasti ada hal-hal menyenangkan yang bisa membuatmu tetap cinta kepada Indonesia. Salah enamnya adalah hal-hal berikut:

 

1. Banyak kemudahan hidup yang bisa didapatkan

Apa aja ada

Apa aja ada via http://danamonpeduli.org

Sebagai orang Indonesia kamu bisa mendapatkan yang enak-enak dengan mudah. Contohnya saja, bakso, sate, mie ayam, nasi goreng, dll. Beragam penjual makanan bolak-balik lewat di depan rumah dari pagi sampai malam hari. Kemudahan semacam ini juga turut dinikmati oleh ibu-ibu di rumah yang malas berbelanja ke pasar. Tinggal tunggu saja pedagang yang menjual berbagai macam bahan masakan.

Malahan biasanya setiap komplek rumah udah punya langganannya masing-masing. Nggak hanya pedagang yang jual bahan-bahan makanan aja, pedagang barang-barang rumah tangga keliling juga ada. Tukang pijat keliling juga ada. Apa lagi ya yang keliling-kelilling? Jamu, perpustakaan, masjid, puskesmas pun kayanya juga udah ada tuh.

2. Lidah selalu dimanjakan dan digoyang dengan makanan lezat

Rendang nandang

Rendang nandang via http://indonesiaexpat.biz

Banyak banget makanan Indonesia yang masuk ke dalam daftar makanan terenak di dunia. Rendang dan nasi goreng bahkan menjadi juaranya. Kekayaan rempah-rempah yang dimiliki oleh Indonesia membuat makanan Indonesia memiliki cita rasa yang lezat. Bahkan untuk kategori mie instan terlezat di dunia pun Indonesia juga berhasil menjadi juara.

Salah satu ciri khas makanan Indonesia adalah rasa pedasnya yang nampol.  Coba bayangkan hidup di dunia tanpa adanya sambel. Niscaya dunia akan terasa hambar. 

3. Kamu bisa memiliki teman dari beragam suku dan kebudayaan

Nggak jauh berbeda dengan Amerika Serikat, Indonesia juga merupakan negara yang multikultural. Teman-temanmu bisa mempunyai bahasa, makanan, tradisi, dan pola pikir yang berbeda-beda. Perbedaan jangan dijadikan alasan untuk cari ribut. Berbagi dan menerima adanya perbedaan justru akan memberikan kita wawasan yang luas.

4. Tempat berlibur di Indonesia sangat beragam dan menakjubkan

Pantai Bira di Sulawesi

Pantai Bira di Sulawesi via http://www.diveindonesia.net

Masyarakat Indonesia dikaruniai keindahan alam yang luar biasa indah. Selagi masih muda, rugi banget kalau kamu termasuk ke dalam golongan yang kurang piknik. Kunjungilah pantai atau gunung yang digilai oleh wisatawan-wisatawan luar negeri. Mereka bahkan rela terbang jauh-jauh dari negara masing-masing untuk menikmati keindahan alam kita lho. 

Mulai sari kategori wisata bahari aja kita sudah punya Lombok, Raja Ampat, Nias, Derawan dan lain sebagainya. Ada lho negara di dunia yang sama sekali nggak punya pantai! Contohnya Laos, Austria, Luksemburg, Hungaria, Bhutan dan 33 negara lainnya. Kasian mereka nggak bisa santai di pantai beneran.…

5. Orang-orangnya saling peduli satu sama lain, kamu nggak akan kekurangan perhatian

Kumpul keluarga besar

Kumpul keluarga besar via http://husinonline.blogspot.com

Budaya komunal di Indonesia masih sangat kental. Semuanya dilakukan dengan beramai-ramai agar kegiatan jadi seru. Tahu sama tahu kabar dan kegiatan satu sama lain menjadi hal favorit. Begitu juga ketika kumpul dengan keluarga besar, om atau tantemu pasti akan tanya “gimana skripsinya?”, “mana calonnya?”, “kapan nikah?”. Jangan keburu marah atau bete, itu salah satu bentuk perhatian mereka kok. 

6. Di Indonesia kamu bisa meninggal dengan tenang

Jangan ngeri dulu denger yang satu ini. Di Indonesia, kamu bisa meninggal dengan tenang di akhir hayatmu. Bahkan, Indonesia mempunyai tradisi untuk mengunjungi makam anggota keluarga yang telah meninggal. Di Singapura, makam yang telah berusia lima tahun akan dibongkar. Mayat-mayat akan dikremasi dan kemudian kuburan tersebut akan berubah menjadi mall atau apartemen. Nah kan, kamu bisa meninggal dengan tenang.