1. Mereka memiliki kecerdasan emosi

Emotional intelligence via https://www.eitrainingcompany.com

Kecerdasan emosi atau emotional intelligence (EQ) ini ibarat pondasi buat kamu yang pengen memiliki mental sekuat baja. Kamu gak bakal punya mental yang kuat jika kamu gak bisa dan gak mengerti bagaimana cara mentolerir emosi negatif yang ada di diri kamu.

2. Mereka orang yang percaya diri

Self confidence via http://bookboon.com

Orang-orang yang bermental kuat itu punya keyakinan kalau mereka bisa sukses. Ini bukan sekedar wacana, tapi ini fakta lho. Sebuah penelitian yang baru-baru ini dilakukan oleh University of Melbourne mengatakan bahwa orang yang percaya diri lebih cepat dipromosikan naik jabatan ketimbang yang suka minderan dan rendah diri.

Whether you think you can, or think you can’t-you’re right. – Henry Ford

Advertisement

Tapi yang wajib kamu ingat, jangan sampai terjebak dalam percaya diri palsu demi menutup ketidaknyamanan. Karena orang-orang seperti itu hidupnya bakal dihantui dengan keraguan dan kegelisahan.

3. Berani berkata tidak

jangan jadi “yes man” via https://alexisgrant.com

Peneliti dari UC Berkeley mengatakan semakin susah seseorang berkata tidak, semakin stres hidupnya dan semakin dekat dengan depresi. Orang yang bermental kuat tahu kapan harus berkata "tidak". Daripada kamu berkata "tidak", orang bermental baja lebih memilih menggunakan kallimat "Saya rasa saya tidak bisa atau saya tidak yakin".

4. Mereka orang yang selalu berpikir positif

Permasalahan hidup dengan segala kerumitannya tidak pernah diambil pusing oleh mereka yang bermental baja. Karena mereka percaya mereka tidak akan terjebak pada hal yang tidak dapat mereka kendalikan.

5. Mereka berani menghadapi perubahan

Orang bermental baja biasanya fleksibel dan mudah beradaptasi. Mereka memandang perubahan sebagai tantangan yang gak perlu ditakuti. Dengan menghadapi sebuah perubahan kamu pasi menemukan sesuatu yang baik di dalamnya. Kamu harus berpikiran terbuka jika mau mengenal dan memanfaatkan peluang yang ada dalam perubahan.

6. Mereka juga berani menghadapi kegagalan

dont be afraid to fall! via https://originalstrength.net

Gagal adalah salah satu bagian menuju kesuksesan. Tidak ada satupun orang sukses di dunia ini gak pernah gagal dulunya. Dengan belajar dari kesalahan yang dilakukan, tentu bakal mengantarkan kamu menjadi sukses. Jadi, kamu jangan pernah takut untuk gagal ya!

Gimana, udah punya keenam sifat ini belum di diri kamu?