Setelah melihat salah satu VLOG dari Awkarin saya merasa perlu untuk menuliskan 6 hal berikut untuk mengingatkan kembali bahwa masih ada banyak hal positif yang dapat kita lakukan sebagai generasi Y di era Millennial ini. Hal tersebut dipicu karena saya melihat pengunjung salah satu video unduhan tersebut mencapai 556.000 viewers (termasuk saya).

Am I kidding? No I am absolutely not! Bukan berarti memberikan cap buruk bagi para penonton VLOG Awkarin ataupun pemilik VLOG tersebut, tetapi hanya memberikan referensi kegiatan lain yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang. Sebagai generasi Y yang hidup di era Millennial ini sudah sepantasnya bagi kita meningkatkan self skill di bidang apapun, mengingat persaingan antar anak muda saat ini sangat ketat di bidang apapun. Ingatlah bahwa sudah banyak bermunculan CEO muda yang mendedikasikan diri untuk membangun StartUp ataupun social enterprise yang mampu memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar.

Lantas, kapan kita mau memulai kegiatan yang positif yang mampu menginspirasi? Yuk silahkan cek 6 hal yang dapat jadi referensi buat kamu para kaula muda masa kini!

1. Excercise

Olahraga selain menjadi sebuah kebutuhan juga telah bertransformasi menjadi gaya hidup. Banyak sekali bermunculan jenis olahraga yang diikuti oleh orang – orang dan menjadi sebuah hobi diantaranya Muay Thai, Yoga (dengan bermacam – macam jenis Yoga), Thai Boxing dan lainnya. Jika memang ketertarikan kamu di cabang olahraga lain silahkan diperdalam dan ditekun, siapa tahu memang kamu punya bakat disitu dan boleh deh sekali – kali ikut kompetisi atau join dengan komunitas olahraga yang kamu suka.

2. Ikut Kegiatan Relawan

Pernah ikut Volunteering? Jadi relawan gitu sebenernya sangat menarik lho! Kamu akan paham arti dari bentuk saling berbagi dan menghargai satu sama lain karena dalam kegiatan relawan kamu ga dipandang dari latar belakang pekerjaan atau pendidikan. Orang – orang yang suka kegiatan volunteering biasanya memang peduli banget dengan isu sosial apalagi permasalahan sosial di lingkungan sekitar.

Advertisement

Coba deh ikut kegiatan sosial yang ada di sekitar lokasi tinggalmu, akan banyak keuntungan yang kamu dapat nantinya, misalnya pengalaman, teman baru dan yang pasti kepuasan batin lho! Eits jangan salah, kalau kamu ingin lanjut studi S2 dengan mendapat beasiswa dan kamu mempunyai pengalaman kerelawanan itu akan jadi nilai tambah lho, So do not ever underestimate the idea of joining voluntary action, Guys!

3. Apapun itu mulailah Menulis!

Generasi Y dilabeli dengan generasi paling kreatif dan cerdas. Kenapa? Karena kita tumbuh besar berbarengan dengan kemajuan teknologi. Selain itu akses informasi dan pendidikan juga semakin ada perkembangan. Nah kalau kamu punya hobi menulis atau pekerjaan kamu penulis, blogger atau jurnalis di era ini pasti banyak orang yang menilai kamu cerdas dan kece!

4. Hidupkan Budaya Baca Buku yuk!

Membaca buku itu ibaratnya memberikan vitamin untuk otak kamu supaya tetap fit. Melalui membaca, banyak informasi baru yang akan kamu dapatkan dan ini merupakan hal positif untuk dijadikan hobi. Kalau kamu tipikal orang yang tidak suka baca coba deh mulai dari sekarang dibiasakan membaca. Baca apa saja yang membuat kalian nyaman meletakkan pengelihatan kalian ke barisan kata – kata yang berjajar rapih. Gak akan ada salahnya untuk dicoba Guys!

5. Suka Masak?

Kamu suka ngemil? Suka nonton acara kuliner di TV? Yuk coba otak – atik resep dan masak. Kalau di awal – awal masih belum bisa masak sama sekali, ya bisa lah bantu – bantu Ibu atau ajak teman yang doyan masak untuk bereksperimen di dapur. Kamu bisa memulai masak dengan menu yang mudah atau jika kamu suka masa kue dan kudapan ringan, that would be great lho!

6. Melancong Yuk!

Nah ini dia, hobi kekinian yang jadi gaya hidup anak muda masa kini! Traveling atau melancong adalah hobi yang paling asyik banget! Kita bisa keliling daerah dan melihat banyak fenomena baru yang sebelumnya kita belum pernah lihat. Melalui traveling kamu akan belajar banyak. Kamu akan bertemu dengan masyarakat lokal di tempat lain, teman baru, pengalaman yang tak terlupakan, belajar menghargai dan memahami keberagaman di Nusantara dan masih banyak lagi deh efek positif dari traveling. Jika mau kamu bisa solo traveling atau backpacking guys. Seru lho!