"Sastra Inggris? Ngapain juga harus masuk jurusan itu? Kan kita bisa ikut les daripada harus bayar mahal dan belum tentu karirnya bagus. Paling ujung-ujungnya jadi guru." Demikian opini teman lama saya mengenai jurusan tersebut. Tapi saya tidak ambil pusing. Saya tetap memutuskan untuk memilih jurusan ini sebagai bekal masa depan nanti. Ternyata setelah saya sadari banyak sekali keuntungan yang di dapat setelah memasuki jurusan ini. Dan sungguh saya tidak menyesal. Mau tau apa saja? Check these out, fellas!

 

1. Analisa Novel, Buku, atau Film menjadi hal yang mudah.

Sangat mudah menganalisa tulisan atau 1 buku yang utuh.

Sangat mudah menganalisa tulisan atau 1 buku yang utuh. via http://www.rewardinglearning.org.uk

Siapa bilang menganalisa novel susah? Tidak ada kata SUSAH jika kamu menjadi mahasiswa/i sastra inggris. Analisis Novel, Poetry, bahkan buku sekalipun ibarat sudah menjadi makanan sehari-hari. Tapi jangan anggap ini merugikan. Justru hal besar ini sangat menguntungkan kamu untuk ke depannya. Analisis tidak melulu dengan hal yang berbau buku dsb. Kamu bisa menganalisa film dan lagu favorit. Targetkan lagi dengan menganalisa artikel dan buku. Lama - kelamaan pikiranmu akan lebih kritis.Jika hal ini dilakukan secara terus-menerus. tidak mustahil kita akan menjadi anggota polisi, detektif, BAHKAN menjadi anggota Badan Intelijen Negara jika analisismu tepat dan akurat. Sungguh keren, bukan?

2. Mengetahui secara langsung budaya Inggris, Amerika, dan Australia.

We are all united.

We are all united. via http://www.storifyd.com

Bagi kamu penikmat keunikan budaya-budaya di negara One Direction tersebut, jurusan ini sungguh cocok sekali untuk kamu! Di tiap semester, kamu akan mempelajari secara langsung sejarah serta budaya di Tanah Air kita Indonesia, lalu Inggris, Amerika, dan Australia. Disini kamu akan mengetahui bahwa ternyata orang-orang disana menganut rasa individualisme yang tinggi. Ditambah lagi, kamu akan mengetahui makanan yang sering disantap oleh orang-orang Amerika dari sarapan, makan siang, makan malam, cemilan terpopuler dan banyak hal lagi. Event - event menarik pun bisa diselenggarakan terkait dengan budaya yang dipelajari. So, tidak perlu jauh - jauh untuk menikmati budaya negara lain jika kita sendiri bisa membuatnya dengan ide-ide kreatif kita! Tapi ini semua tergantung dengan materi di masing-masing Kampus lho!

3. Menambah Vocabulary dengan cara menyenangkan.

Vocabularies.

Vocabularies. via http://linguistics.ohio.edu

Banyak dari pelajar Indonesia sampai saat ini tidak tahu cara efektif untuk menambah vocab atau kata-kata berbahasa inggris. Dan pada akhirnya, mereka bosan dan berujung malas. Padahal hal tersebut sangat mudah dilakukan! Kamu tidak harus membaca bertumpuk-tumpuk buku yang berunsur berbahasa inggris. Hal-hal kecil hingga besar berikut bisa dengan mudah dilakukan seperti menonton film favorit dengan English Subtitle, mendengarkan lagu-lagu berbahasa inggris sambil membaca dan meghafal liriknya, membaca Short story yang menyenangkan, bahkan membaca fun articles yang bisa dilakukan hanya dengan menggunakan gadget kamu. Melakukan hal kecil ini secara berulang-ulang pasti tidak akan membosankan karena banyak film dan lagu yang bisa kamu explore. Hasilnya, vocabulary kamu bertambah dan berkomunikasi pun lancar.

4. Menambah teman dari negara yang jauh dari pandangan.

Berteman dengan bule bukan lagi sebuah impian.

Berteman dengan bule bukan lagi sebuah impian. via http://www.international-friends.co.uk

Mungkin akan menjadi pengalaman yang luar biasa jika berteman dengan orang-orang bule. Jika vocabulary kamu berlimpah, senang berkomunikasi, dan suka bertukar ide atau opini, menyapa teman-teman di luar sana pun tidak akan canggung lagi. Apalagi dengan bantuan social media seperti facebook dan twitter, menambah teman akan menjadi sangat mudah. Wawasan kamu pun akan bertambah luas karena kamu sering curhat dengan teman jauh kamu. Menariknya, kamu tidak akan membutuhkan tour-guider jika suatu hari kamu akan travelling menuju negara-negara tertentu karena kamu sudah punya banyak teman disana yang siap membantu kamu.

5. Ratusan pekerjaan menanti kamu Wahai Mahasiswa Mahasiswi Sastra Inggris.

Pekerjaan adalah cita-cita yang sudah di impikan.

Pekerjaan adalah cita-cita yang sudah di impikan. via http://companies.naukri.com

Guru bukanlah satu-satunya pekerjaan yang disajikan di jurusan ini. Wahai kawan-kawanku, kalian tidak perlu takut! Ratusan pekerjaan menantimu dengan gelar Sarjana Sastra. Menjadi journalis VOA bukan lagi sebuah khayalan dan harapan, menjadi editor koran The NewYorker bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu yang senang meneliti bahasa yang runyam, menjadi penyanyi atau penulis pun bukanlah hal yang mustahil jika gaya berbahasa kamu mudah dipahami dan enak di dengar atau di lihat. Sekalipun menjadi pramugari akan sangat mudah jika kamu lancar berkomunikasi dan mengetahui tata cara bicara berbahasa inggris dengan benar. Bahkan jika kamu mau, kamu bisa menjadi traveller yang menjelajah seluruh isi dunia ini. Guru pun termasuk pekerjaan yang sudah pasti di kerjakan oleh lulusan mahasiswa/i sastra inggris. Negara kita sampai saat ini masih sangat membutuhkan jasa guru yang bisa berkomunikasi dengan bahasa ini. Bukankah guru adalah pekerjaan yang mulia?

6. Jodoh yang bisa berbahasa inggris.

Isn't it perfect to find a good mate?

Isn't it perfect to find a good mate? via http://www4.pictures.zimbio.com

Kebayang ga sih kalo ternyata pacar kita bisa berbahasa inggris juga? Pasti seru deh! Kamu bisa texting-an sama doi pake bahasa inggris. Kalau ada salah dalam grammar, pacarmu atau kamu bisa saling mengoreksi. Hal - hal yang kamu suka ternyata dia juga suka. Kamu akan disebut sebagai pasangan yang anti-mainstream. Duuuuh pasti gak kebayang deh serunya kayak apa. Semua ini akan terjadi jika kamu sudah resmi menjadi Mahasiswa/Mahasiswi Sastra Inggris. Seru dan menarik kan memasuki dunia sastra inggris ini!?

 

These are just my opinions, gals. Please do enjoy this article!