Beberapa hari yang lalu, aku sudah pernah membahas mengenai beberapa kelebihan perguruan tinggi kedinasan dengan perguruan tinggi negeri ataupun swasta. Klik disini kalo kalian ketinggalan artikel yang membahas tentang kelebihan dari perguruan tinggi kedinasan. Dan buat yang udah tau kelebihannya, dan yakin mau masuk ke perguruan tinggi kedinasan idaman. Di artikel ini aku akan kasih beberapa hal apa yang harus dipersiapkan kalo kalian ingin meneruskan pendidikan di perguruan tinggi kedinasan. Jangan sampai kalian gagal masuk hanya karena kurang persiapan yang  setengah matang.

1. Cari Tau Standart Persyaratan Penerimaan Mahasiswa Baru

cari tau informasi sampe ke akar via http://stanpedia.com

Nggak jauh beda dengan perguruan tinggi Negeri ataupun swasta lainnya. Perguruan tinggi kedinasan pun punya standart penerimaan sendiri, terlebih lagi perguruan tinggi kedinasan dinaungi langsung sama kementrian terkait, jadi pasti ada persyaratan khusus yang dibuat untuk para mahasiswa baru. Supaya lulusannya nanti sesuai dengan kebutuhan dari divisi-divisi yang ada di dalam kementrian terkait. Apalagi sekarang sudah jaman serba mudah dan canggih, nggak ada alasan buat nggak bisa tau info-info terkait persyaratan untuk bisa lulus. Daripada waktu pendaftaran dibuka kita cuma bisa gigit jari, ya mendingan cari tau mulai sekarang kan?

2. Pertahankan Nilai Raportmu Dari Awal

nilainya jangan kebakar via http://tempo.com

Soal nilai rata-rata raport perguruan tinggi kedinasan juga perlu di perhatikan. Karena standard nilai juga masuk ke dalam persyaratan mutlak di setiap perguruan tinggi kedinasan. Standart nilai rata-rata yang jadi syarat sih nggak jauh-jauh di nilai 7- 8. Nggak jauh beda kan sama perguruan tinggi kedinasan. Hal ini masuk akal banget karena ketika kamu lulus, kamu hanya tinggal belajar tanpa memikirkan biaya kuliahmu. Jadi jangan hati doi aja yang dijaga, nilai raportmu juga harus dijaga. Supaya mimpimu masuk ke perguruan tinggi kedinasan berjalan lancar

3. Perhatikan dengan Detail Dokumen Pendukung

Advertisement

jangan ada yang kelewat via http://google.com

Ini biasanya yang suka luput dari perhatian. Sering kali kita lebih fokus gimana caranya lulus, tanpa disadari kelengkapan dokumen yang diminta justru akan menentukan kamu bisa lolos ke tahap selanjutnya atau nggak. Jangan sampai cuma karena kurang satu atau dua berkas, kamu jadi gagal lolos ke perguruan tinggi kedinasan impian kamu. Biasanya dokumen yang diperlukan seperti pas foto, nilai raport dan ijazah, surat keterangan berbadan sehat, surat bebas narkoba dari kepolisian setempat, sampai surat pernyataan belum menikah. Jadi kamu juga perlu perhatikan semua dokumen yang di perlukan. Catat dan ceklist kalau sudah lengkap. Nggak ada salahnya sebelum ke tempat tes kamu cek ulang dokumen yang diperlukan supaya nggak ketinggalan.

4. Karena Ada Tes Kesehatan, Kamu Harus mulai Sering Olahraga dari Sekarang.

jangan sampe kendor via http://olahraga.kompas.com

Yang bedain perguruan tinggi negeri atau swasta, sama perguruan tinggi kedinasan itu dalam tesnya. Disana ada beberapa tes yang harus dijalanin, salah satunya tes kesehatan. Kamu bisa aja disuruh lari berapa ratus meter, atau medical check up. Kenapa harus ada rangkaian tes kesehatan ini, tujuannya supaya perguruan tinggi kedinasan terkait punya gambaran umum tentang kondisi kesehatan, kemampuan fungsi alat indra tubuh. Dan juga supaya dapat gambaran umum tentang kekuatan dan tenaga, serta daya tahan. Karena begitu lulus kalian harus bisa langsung kerja, jadi bukan hanya keahlian akademis yang di asah, tapi juga kekuatan fisik yang kuat.

5. Kalo Mau Lolos di Tes Akademis, Perbanyak Latihan Soal Biar Lancar.

latihan terus via http://instagram.com

Nggak ada manusia yang lebih pintar

yang ada hanya manusia yang lebih tau

Mungkin kalimat itu bisa jadi bahan renungan, buat kamu yang merasa kurang dari segi akademis. Salah satu cara yang harus kamu lakukan adalah pelajari kumpulan soal yang akan keluar. Karena soal yang keluar cenderung berpola sama di setiap 5 tahun sekali. Jadi kalian bisa beli kumpulan soal atau searching lewat browser dan coba temukan pola soal yang di setiap tahun. Kalau sudah tau polanya dan sudah bisa paham, udah pasti nggak akan ada lagi rasa minder karena kurang pinter.

6. Karena Semua Kuasa Tuhan, Jangan Lupa Minta Bantuannya di Setiap Bait Doa

jangan lupa berdoa via http://republika.com

Kalo semua saran di atas udah dilakuin. Satu hal yang nggak boleh terlewat, yaitu berdoa. Setiap detik dalam kehidupan kita pasti atas izin Tuhan. Jadi kalau semua usaha sudah dilakukan dengan maksimal, tinggal kita pasrahkan saja semuanya kepada Tuhan. Percayakan kepada Tuhan, apapun hasil yang di dapatkan adalah hasil yang terbaik untuk skenario hidup kita.

usaha tanpa doa sama dengan sombong

doa tanpa usaha sama dengan bohong

Perguruan tinggi manapun pasti memiliki saingan yang luar biasa banyak, belajarlah jujur dalam segala hal. Supaya kita tau batasan kemampuan kita, dan supaya mental kitapun terasah untuk menghadapi persaingan secara sehat. Jangan pernah berfikir untuk berbuat curang, sekalipun kau mampu. Jika kamu tetap lakukan kecurangan, tandanya kamu telah membiarkan dirimu masuk ke dalam jurang kehidupan yang tak sesuai dengan kemampuan.