Memiliki humor sangat menguntungkan. Bukan hanya membuatmu menjadi orang yang menyenangkan, humor juga membantumu mengendalikan diri meski menghadapi banyak masalah. Jadi, jangan takut untuk menjadikannya bagian dari sifatmu.

Sebetulnya apa saja sih manfaat humor?

 

1. Humor Menolongmu Bangkit dari Kegagalan

Gagal itu wajar

Gagal itu wajar via http://alexisgrant.com

Mereka yang terlalu serius memiliki waktu lebih lama untuk bangkit dari kegagalan. Mereka tidak mau mengakui kesalahan dan bertahan dengan tindakan yang mereka ambil meski sudah jelas sekali kalau tindakan mereka salah. Memiliki rasa humor akan membuatmu menjadi lebih fleksibel dan mau mengakui kegagalan. Ingatlah selalu bahwa langkah pertama untuk bangkit adalah berlapang dada menerima kesalahan yang telah dilakukan. Daripada pusing menyesalinya, lebih enak menertawakannya, bukan?

2. Humor Membuatmu Lebih Kreatif

Kreatif itu mudah

Kreatif itu mudah via http://www.meredith.com

Lebih enak berpikir saat santai atau tegang? Ketika dalam kondisi rileks, otak bekerja lebih baik dan membuat ide-ide bermunculan. Kamu menjadi lebih mudah mengolah hal-hal baru. 

3. Humor Membuatmu Mendapatkan Teman Baru

Menyenangka rasanya bisa tertawa bersamamu

Menyenangka rasanya bisa tertawa bersamamu via http://i.huffpost.com

Berbagi tertawa dengan seseorang yang baru pertama kali kita kenal adalah cara paling ampuh untuk membuat kalian menjadi lebih dekat. Mereka juga akan lebih mudah menyakaimu berkat sikap positif yang kau berikan. 

4. Humor Meningkatkan Kesehatanmu

yang diperlukan cuma sedikit tawa

yang diperlukan cuma sedikit tawa via http://www.thechurchofnopeople.com

Sudah bukan rahasia lagi kalau tertawa dapat menghilangkan stres. Dengan banyak tertawa, otak terangsang untuk memproduksi hormon endorphin dan dopamin. Ketegangan berkurang, tubuh menjadi rileks, dan akhirnya kamu merasakan kebahagiaan.

5. Humor Menolongmu Menghadapi Ketakutan

Kita semua memiliki ketakutan. Mereka bisa berwujud nyata atau hanya berada dalam pikiran. Ketakutan akan membuatmu tak bisa bertindak dan berpikir dengan benar. Tertawa adalah cara paling efektif untuk menghadapinya karena kita mustahil untuk takut dan tertawa di saat yang sama. 

 

6. Humor Membuatmu Lebih Fleksibel

cobalah lebih lentur

cobalah lebih lentur via https://coastalorthopedics.com

Mereka yang fleksibel hampir semuanya bisa melucu. Sebaliknya mereka yang kaku pasti selalu bermuka masam dan mudah tersinggung, terutama bila diajak bercanda. Mengapa bisa begitu?

Tertawa adalah kuncinya. Sifat ini membuatmu lebih terbuka dan mudah menghadapi situasi yang suka berubah-ubah. Intinya kau bisa menguasai keadaan. Sikap humor sangat penting karena tidak semua hal berjalan sesuai dengan yang kita kehendaki. Terutama bagi mereka yang profesional dan dituntut harus siap beradaptasi dengan berbagai macam keadaan.

 

 

Tertawa terkadang sulit dilakukan, apalagi bila kau adalah tipe orang yang kaku dan serius serta memiliki pekerjaan yang sulit dan tanggung jawab besar. Belum lagi rasa malu bila tertawa terlalu terbahak-bahak. Dan sebetulnya kau juga tak perlu menunggu kejadian lucu untuk tertawa. Kau bisa memulainya dengan cara menyisihkan waktu menonton acara komedi sendiri di rumah. 

 

Artikel ini terinspirasi dalam laman lifehack. Lama aslinya bisa dilihat di sini