KKN merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa sebagai bentuk pengabdian masyarakat yang merupakan salah satu bagian dari tri darma perguruan tinggi. Untuk dapat melaksanakan KKN ini, biasanya terdapat persyaratan yang harus dipenuhi oleh mahasiswa dan tergantung kebijakan dari masing-masing universitas. KKN kali ini terdiri dari 6 anggota dari masing-masing kelompok dan ada yang terdiri dari 5 anggota yang masing-masing kelompok akan menempati 1 desa. Tiap kelompok terdiri dari berbagai jurusan dan bahkan fakultas yang berbeda dan kita akan tinggal bareng selama sebulan, kerja bareng, ngerasain suka duka bareng, dan segalanya dilakukan secara bersama seperti keluarga. So guys, 6  Moment yang paling langka ini hanya bisa kamu rasakan ketika kamu melaksanakan KKN

 

1. Mengenal lebih dalam ciri khas dari desa setempat

kue ciri khas daerah

kue ciri khas daerah via https://www.facebook.com

Mungkin biasanya kamu hanya mendengar ataupun membaca dari salah satu media mengenai ciri khas desa setempat. Nah, dengan KKN kamu bisa melihat langsung lebih jelas dan bahkan belajar langsung dari sumbernya.

2. Menjadi leader dadakan

Jika biasanya di kampus kamu hanya menjadi pendengar yang budiman, ketika KKN kamu memiliki kesempatan menjadi pemimpin dari bidang yang kamu miliki. 

3. Makan bersama keluarga baru

Bagi kamu yang biasanya makan sendiri, coba deh rasakan nikmatnya makan bersama keluarga baru. Bahkan mengalahkan rasa masakan restaurant. Moment ini juuga bakal kamu rindukan ketika kamu kembali.

4. Gokil bareng

Yang biasanya hanya berkutat dengan tugas atau kebiasaan yang membosankan, kali ini kamu akan merasakan serunya gokil bareng temen-temen KKN. Alasannya sih untuk dokumentasi kenang-kenangan. Mungkin momen yang mengesankan ini sulit kamu dapatkan lagi ketika kembali nanti. Pastinya akan kembali dengan aktivitas dan kesibukan masing-masing.

5. Jelajah kampung seberang

Kamu tidak hanya berada di kampung tempat kamu bertugas, kamu juga akan merasakan suasana kampung seberang yang jarang kamu temukan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa melakukan perjalanan ke tempat wisata disela-sela waktu luang.

6. Teman baru

Nah, mungkin biasayany kamu memiliki geng sendiri dikampung, yang kemana-mana selalu bersama. Kali ini kamu akan merasakan suasana baru dari teman yang tidak pernah kamu temui sebelumnya.

Itu tadi 6 momen yang hanya bisa kamu rasain ketika kamu KKN. Mungkin dari kamu  memiliki kesan yang lebih banyak lagi. Jika pada awal kedatangan kamu akan merasakan rindunya kampung halaman, home sick, dan pengen pulang, itu perasaan yang hanya sementara. Tapi ketika menjelang hari kepulangan nanti kamu akan berharap adanya perpanjangan waktu dan kebersamaan itu terus ada. Dan pastinya KKN tidak melulu soal membangun desa, tapi KKN juga akan memberimu arti kebersamaan dan kekeluargaan.

Tulisan ini aku persembahkan untuk sahabat-sahabat P56 KKN USK Periode 10 yang kurindukan: Ridho, Alfian, Haris, Farah, dan Fika. Terima kasih telah memberikan warna baru dalam perjalanan hidupku.