Aktivitas yang padat serta makanan yang semakin gak sehat membuat kita semakin sadar dan mikir gimana caranya tetap bisa hidup sehat, badan sehat, dan gaya hidup sehat yang lainnya.

Akhirnya kita berpikir untuk diet atau makan makanan sehat yang lain nya, atau diet dengan obat dan segala macamnya. Kita lupa bahwa ada satu cara yang sederhana namun semua orang bisa lakuin. Apa itu? Yap, tak lain dan tak bukan adalah berolahraga.

Mungkin pandangan kita langsung tertuju dengan jenis olahraga kekinian yang menguras uang dan 'modal' yang banyak. Eitss, jangan khawatir dulu, karena masih ada beberapa olahraga yang bakalan bikin badan kita sehat dan kantong kita sehat juga kok. So, read it guys!

1. Lari keliling taman. Walaupun terkesan biasa saja, dengan berlari kamu bisa bakar lemak dan terhindar dari reumatik.

Lari pagi bersama keluarga via https://www.healthtap.com

Yap, olahraga ini paling umum dilakuin oleh kita semua. Yang kamu butuhin cuma pakaian dan sepatu yang nyaman untukmu berlari. Biasanya paling asyik ditambah headset buat dengerin lagu. Kalau kebetulan rumahmu berada di dalam komplek atau perumahan, bisa tuh keliling perumahan. Lumayan 'kan sambil mengakrabkan diri dengan tetangga sekitar? Atau kalau bosan bisa juga dengan ke taman kota terdekat.

Kedengarannya klasik banget sih olahraga lari keliling komplek, tapi pada nyatanya lari pagi itu punya banyak manfaat dan gratis lagi. Apa sih manfaat lari pagi? Beberapa diantaranya adalah membakar kalori tubuh, memperbaiki tulang, dan menambah massa otot dalam tubuh, mencegah resiko diabetes.

Karena dengan lari kita tidak hanya membakar kalori namun juga kolesterol dalam tubuh. Dan yang terakhir adalah dengan lari kedua kaki kita bergerak dan menjadi lentur dengan begitu kita semakin terhindar dari penyakit rematik. Bagaimana?

Advertisement

Keki kalau sendirian? Ajak mama, papa atau saudara mu untuk ikut berolahraga. Atau ajak teman atau pacarmu juga boleh. Gak ada salahnya 'kan kalau niat untuk hidup sehat juga ditularkan ke orang lain? Gak perlu modal mahal untuk kursus ataupun instruktur kok guys!

2. Meski terlihat seperti mainan lompat tali, Skipping bisa memperlancar peredaran darahmu, lho!

Lompat tali gak wajib dirumah aja via http://upgradebody.ru

Olahraga murah yang kedua yakni skipping alias lompat tali. Mungkin ini bukan olahraga yang baru, bahkan waktu kita kecil sering bermain dengan teman-teman menggunakan karet gelang. Nah, waktu kecil aja kita bisa hidup sehat, kenapa sekarang enggak?

Bisa pilih, mau lompat tali tradisional ala waktu kita kecil, atau lompat tali modern yang tinggal beli aja nih talinya? Gampang kok. Lagipula olahraga ini gak melulu dilakuin di rumah doang. Bosen kan? Sambil wisata alam juga oke kok. Pergi ke pantai dan lakukan lompat tali sambil merasakan indahnya pesona pantai di kota mu. Seru bukan?

Apa sih manfaat lompat tali? Kebanyakan orang berpikir, lompat tali hanya untuk yang pengen nambah tinggi. Eitsss, salah loh. Lompat tali bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah kita sehingga semakin menyehatkan kulit, lompat tali cocok juga buat kamu yang lagi diet! Nggak usah nahan nahan nafsu makan, atau bahkan ga makan sama sekali. Dietlah dengan cara normal dan sehat ya!

3. Nggak harus ikutan kelas Zumba dance, senam aerobic juga bisa menghindarkan dirimu dari risiko osteoporosis.

Siapa yang nggak tahu senam irama? Sejak zaman SD juga pasti part of senam irama ini sering banget kita lakukan sebelum masuk kelas 'kan? Enak 'kan olaharaga, keluar keringet, tapi sambil joget-joget. Bahkan kalau udah hapal sama nyanyian dan irama, kita tanpa sadar jadi ikut nyanyi-nyanyi sendiri kan?

Kamu hanya perlu mencari lagu-lagu untuk senam aerobik saja. Jika masih awam, tanyakan saja mana irama yang cocok untuk pemula, beginner, atau expert. Jika bosan dengan irama yang monotone, padu padankan saja lagu-lagu masa kini dan buat gerakan sendiri yang tetap bisa mengeluarkan keringat kamu. Hemat kan?

Senam irama ini berguna untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh seseorang, dan juga meningkatkan mood kita. Siapa yang gak seneng olahraga sambil joget-joget? Yang terpenting buat perempuan, senam irama bisa mengurangi kita terkena osteoporosis karena memperkuat otot, tulang, dan sendi.

4. Berenanglah, karena nggak hanya bisa bikin badan segar tapi jantung dan paru-parumu jadi semakin kuat.

Segarnya badan setelah berenang via http://www.fitday.com

Ini nih salah satu olahraga yang menyenangkan juga. Apalagi kalau cuaca diluar emang lagi panas, enaknya nyebur dan main-main air. Biar bermanfaat main airnya, lebih baik sambil renang aja yah.

Kalau kamu punya temen yang punya rumah dengan fasilitas kolam renang, bisa kali sesekali main ke rumahnya sekalian silahturahmi, hehe. Nggak ada salahnya kan? Tapi jangan sering sering, dikira manfaatin lagi hehe. Atau carilah kolam renang dengan fasilitas memadai dan tentunya bersih dengan harga yang terjangkau. Renang nggak mesti tiap hari, seminggu 1-2 kali saja sudah memberikan banyak manfaat.

Apa aja sih manfaatnya berenang? Jangan salah, renang bisa menyehatkan jantung dan paru paru, karena dengan berenang kita juga belajar untuk mengatur pernapasan. Dengan renang, membantu kita untuk meningkatkan kekuatan otot dan tulang, meninggikan badan, dan membentuk badan yang ideal teruama bagian bisep. Gak bisa berenang? Ajak teman atau saudara yang bisa untuk membantumu belajar.

5. Bersepeda keliling kota. Tak hanya bisa mengurangi rasa nyeri di punggung, tapi juga bisa ngilangin stres.

Bersepeda dengan keluarga. via http://www.halonoviny.cz

Gak jauh beda dengan lari pagi, bersepeda dapat dilakukan sambil menikmati lingkungan di sekitar kamu. Nggak usah bersepeda terlalu serius ya, santai saja yang penting bisa berkeringat Ajaklah beberapa keluarga atau temanmu untuk ikut bersepeda. Dengan mengajak orang lain tentu kita tidak hanya fokus bersepeda, tetapi juga sambil berbincang bincang. Bukankah terlihat lebih rileks?

Usahakan tempat duduk dibuat agak lebih tinggi dari ukuran standard, tujuannya agar saat mengayuh kaki terutama bagi lutut tidak tertekuk secara terus menerus, karena akan membuat kita cepat capai. Kalau saat mendorong kayuhan, lutut kita dibuat lurus seakan memberikan kesempatan untuk beristirahat.

Manfaat bersepeda lebih kepada kamu kamu yang memiliki keluhan sakit punggung. Karena dengan bersepeda akan mengurangi nyeri pada punggung tersebut, dan dengan bersepeda akan mengurangi tingkat stres pada diri kita sendiri.

6. Cobalah Yoga! Selain bisa memperbaiki sistem pernapafasan, jiwa pun bisa terasa lebih tenang.

Yoga di Alam Bebas via http://cdn23.us2.fansshare.com

The last kind of sports! Siapa yang gak kenal sama olahraga ini? Olahraga yang udah ada dari zaman dulu namun beberapa tahun terakhir ini sangat booming dan membuat orang berbondong-bondong untuk mempraktikkannya. Yap, yoga!

Bermodalkan matras yang disesuaikan dengan kebutuhan, kamu sudah bisa melakukan olahraga ini. Sekarang ini lagi banyak pelatihan yoga gratis yang dilakukan di taman-taman kota. Manfaatkan hal itu untuk ikut berolahraga juga. Sisanya kamu bisa semakin melatih dan memantapkan gerakan yoga di rumah.

Selain membantu kita memperbaikin sistem pernapasan, yoga membuat diri kita akan semakin tenang terlebih lagi saat kita melakukan gerakan-gerakan yang cukup sulit. Selain itu, dengan mengikuti yoga secara rutin, tubuh kita akan semakin lentur dan akan memperkuat setiap bagian tubuh kita.