Di saat anak kos berjuang parah buat ngirit pengeluaran, eh tiba-tiba ada saja pemberian yang didapat secara cuma-cuma. Mulai dari materi, sampai barang-barang keperluan untuk tinggal di rumah kos. Adapun sumber rejekinya juga tak dapat disangka-sangka hadir dari mana saja. Biasa kita sebutnya dengan 'rejeki anak soleh'.

Bagi anak kos, hal ini bisa membantu banget buat bertahan sampai uang bulanan cair. Oleh karena itu kedatangannya sangat dinanti-nanti. Nah bagi kamu yang ngekos, coba cari tahu dari mana saja sih datangnya 'rejeki anak soleh'. 

1. Ulang tahun dan hari jadian teman adalah waktu yang pas banget buat dapet traktiran

Lumayan ngirit pengeluaran via https://cdn.idntimes.com

Dari sekian banyak teman ngekos pasti ada aja yang trakir. Entah itu karena perayaan hari ulang tahunnya atau ada teman yang baru saja jadian. Nah kalau perlu kamu kepo-in tanggal lahir dan hubungan asmara teman-temanmu. Heheh niat banget sih kamu…

2. Nggak biasanya ibu kos datang dengan wajah iba, ternyata si ibu mau ngasih rejeki

Coba kalo tiap hari ibu kos seperti ini via http://www.post-gazette.com

Kamu mungkin penasaran kalau kedatangan si ibu sambil membawa bingkisan. Antara cemas ditanya aneh-aneh tapi kepingin tahu. Biasanya sesuatu yang diberi itu berupa cemilan, makanan atau sembako. Jika seperti ini, kamu malah berharap agar ibu kos bisa sering-sering datang ke kosan. Makanya jangan anti sama ibu kos yaa..

3. Saat temanmu bepergian, ada saja oleh-oleh yang dibawa buat sesama teman kos

Tenang, temanmu akan bawa oleh-oleh kok via http://moving-japan.com

Advertisement

Temanmu pasti paham banget gimana mirisnya tinggal di kosan. Jika ada yang bepergian, sesekali ia akan bawakan oleh-oleh. Biasanya berupa makanan khas suatu daerah atau paling bantar ya cuma cemilan saja. Lumayan kan buat dikonsumsi saat waktu senggang. Tapi kamu kudu sabar-sabar menunggu kepulangannya yaaa…

4. Ada enaknya ngekos di sekeliling rumah warga, tak jarang mereka mengundang kamu buat ikut acara syukuran lho

Emang dasar rejeki anak soleh via https://gudeg.net

Warga setempat biasanya seringkali mengadakan acara-acara syukuran. Apalagi kamu ngekos di lingkungan warga yang religius. Sebagai bagian dari warga yang baik, kamu akan diajak untuk menghadiri acara mereka. Tak perlu malu-malu, karena berbagai macam konsumsi sudah di sediakan oleh tuan rumah. Hal ini juga baik untukmu mempererat silahturahim dengan sesama warga.

5. Iseng-iseng ikut acara, eh malah dapat doorprise

Rejeki emang nggak kemana via https://photos.smugmug.com

Jadi anak kos jangan cuma wasting time di kosan. Cobalah aktif ikuti event di luar. Karena bakalan banyak sekali rejeki anak soleh. Mulai dari aksesories sampai barang dengan harga mahal bisa kamu dapat tanpa mengeluarkan kocek. Kalaupun nggak dapat doorprise, keseruan acara cukup membuatmu lupa dengan tagihan rumah kos, bukan?

6. Kamu bisa menang banyak kalo ada teman yang pindahan rumah kos

Ngga perlu beli yang baru via http://static.republika.co.id

Alih-alih membawa semua perabot kos, karena terlalu banyak dan ribet akhirnya banyak barang yang di hibahkan ke sesama teman kos. Agak sungkan sih nerimanya, tapi dalam hati sumringah sekali kamu dibuatnya.