Kuliah, memang menjadi dambaan setiap orang. Mayoritas orang-orang akan memilih jurusan dengan prospek kerja sesuai dengan keahlian masing-masing. Lain halnya dengan mahasiswa Biologi, yang notabene merupakan ilmu murni. Menjadi seorang mahasiswa Biologi memang bisa dibilang gampang-gampang susah. Berikut 6 suka duka yang sering dirasakan oleh mahasiswa Biologi:

1. Pertanyaan Familiar : Mau jadi apa?

Mau jadi apa? via https://www.google.co.id

Pertanyaan ini seketika dilontarkan oleh orang-orang di sekitarmu, setelah mereka  tahu kamu memilih jurusan ini sebagai pilihan saat mendaftar di perguruan tinggi. Kamu tetap nekat dengan alasan jumlah animo pendaftar yang sedikit dan pada akhirnya diterima. 

2. Salah Jurusan

Salah jurusan via https://www.google.co.id

Di awal perkuliahan kamu berpikir “Aku salah jurusan nih!”. Hal tersebut memaksa kamu untuk mengikuti tes SBMPTN. Jika dijalani beberapa semester, lama kelamaan juga bakal nyaman kok.

3. Sibuk Praktikum dan Begadang Bikin Laporan

Begadang revisi laporan via http://balicooming.blogspot.co.id

Advertisement

“Praktikum dan Laporan adalah makanan sehari-hari kami” menjadi kalimat favorit mahasiswa Biologi. Memang hidupnya nggak bisa lepas dari Praktikum dan Laporan. Kamu rela begadang semalam suntuk biar laporan cepat kelar. Ketika teman-temanmu bisa jalan-jalan, hangout, dan pulang kampung seminggu sekali (yang dekat), kamu hanya bisa di kos mengerjakan revisi laporan, yang bisa memakan waktu berhari-hari kalau nggak dicicil.

4. Dikejar Deadline

Dosen memberikan tugas seminggu yang lalu tapi ngerjainnya H-1 jam (jangan ditiru ya!). Banyaknya praktikum dan revisi laporan dan kegiatan organisasi yang kamu ikuti membuatmu lupa mengerjakan tugas.

5. Libur Akhir Semester = Surga Dunia

"Libur telah tiba, Hatiku Gembira!" Hari yang ditunggu-tunggu mahasiswa Biologi karena jarangnya merasakan yang namanya liburan. Waktu liburan harus kamu manfaatkan sebaik-baiknya untuk mengumpulkan kembali semangat untuk menyambut semester baru. 

6. Prospek Kerja

Bicara soal prospek kerja jurusan Biologi, maka jurusan ini masih awam di telinga masyarakat. Sebenarnya banyak sekali lapangan pekerjaan yang membutuhkan orang-orang Biologi, seperti LIPI, Laboratorium Forensik, Konservasi alam, Badan POM, dsb. Banyak juga lulusan dari Biologi melanjutkan studi di luar negeri dan bekerja di sana, jangan khawatir soal biaya. Karena sekarang banyak sekali beasiswa studi mancanegara.