Ngerasain gak sih, kehadiran Smart Phone sekarang udah membuat perubahan besar dalam hidup kita? Karena dengan adanya ponsel pintar itu, kebiasaan-kebiasaan yang biasa kita lakukan jadi tidak pernah lagi kita lakukan. Sekarang kita malah sibuk diasyikkan dengan barang itu. Kenapa? Karena di dalamnya banyak hal-hal yang bisa kita lihat mulai dari informasi-informasi update, berita, gosip, dan media berkomunikasi kita dengan orang banyak, sampai dijadikan sebagai media eksistensi alias pamer melalui dunia maya.

Sampai akhirnya mereka kecanduan dan terus menerus menatap layar smartphone. Apa kalian ada di salah satu tipenya? Berikut enam jenis tipe postingan seseorang yang sudah terkena Smart Phone Addicted!

 

1. Tipe Reporter Berita

Tipe Reporter Berita

Tipe Reporter Berita via http://pontianak.tribunnews.com

Smartphone Addict yang satu ini adalah seseorang yang kehidupannya seperti reporter berita yang selalu menyampaikan segudang informasi ter-update mengenai sekelilingnya. Sebenernya tipe seseorang seperti ini wajib kamu tambahkan di list teman BBM / Line / Path atau sosial media lainnya. Karena berkat mereka, kalian akan banyak tahu informasi terbaru yang terjadi, seperti ketika hujan.

Mereka akan akan membuat postingan: "Wah daerah Pajajaran Hujan", dan beberapa jam kemudian mereka akan post lagi: "Wah tadi hujan, sekarang Panas" . dan tanpa kita sadari mereka sudah seperti karyawan BMKG yang selalu update cuaca. Tapi dengan adanya postingan mereka, kita jadi tahu dan terselamatkan jika kebetulan apa yang mereka update sama dengan apa yang akan kita tuju.

Dan satu lagi contoh, ketika terjadi kebakaran atau banjir, mereka akan memposting status lengkap dengan gambarnya. Contohnya ketika mereka posting "Rumah Pak RT kebarakan, cuuy " dengan dilampirkan gambar foto rumah Pak RT yang terbakar. Nah keuntungan buat kita adalah sebenernya kita tidak perlu lagi beranjak dari rumah untuk melihat kejadian itu. Tunggu aja. Beberapa menit kemudian mereka akan posting perkembangannya.

2. Tipe Reporter Kuliner

Tipe Reporter Kuliner

Tipe Reporter Kuliner via http://gaya.tempo.co

Untuk jenis yang satu ini adalah mereka biasanya memiliki kebiasaan memotret makanan apa yang akan dia makan. Datang ke rumah makan, kemudian memesan, dan sebelum disantap, mereka akan memotretnya dari beberapa sisi. Kanan, kiri, bawah, atas. Kemudian mereka segera mem-posting ke media sosial yang mereka punya, sambil dilampirkan kata-kata: "Akhirnya kesampean juga nih makan Fried Noodle with Boiler egg ala Western ".

Padahal fotonya cuma mie goreng dan mereka tidak lupa memasukan nama lokasi jika tempatnya bagus menurut mereka. Bahkan ketika makanan mereka sudah habis disantap, mereka akan memotretnya lagi dan kemudian kembali di posting. "Before and After" . Kita akan selalu kenyang atau bahkan laper melihat postingan mereka setiap hari di akun sosial media kita.

3. Tipe Reporter Kesehatan

Tipe Reporter Kesehatan

Tipe Reporter Kesehatan via https://frommelinda.files.wordpress.com

Smartphone addict yang satu ini, sepertinya butuh perhatian kalian. Mereka akan selalu memposting tentang kesehatannya. Kadang update status dengan emoticon kepala bunder warna hijau atau kadang gambar kartun orang sakit, atau jika mereka sampai diopname mereka akan foto tangan mereka dengan infus yang tertanam di tangan mereka. Seolah-olah mereka ingin memberitahukan kalo mereka benar-benar dalam keadaan yang terpuruk di sana.

Kita hanya bisa berdoa untuk jenis yang satu ini. Semoga mereka lekas sembuh. Kalau kalian punya waktu, silahkan dijenguk ya.

4. Tipe Reporter Artis

Tipe Reporter Harian

Tipe Reporter Harian via http://3.bp.blogspot.com

Untuk jenis yang satu ini, mereka akan selalu mem-posting apa yang dilakukannya sekarang dan nanti. Terkadang kita sangat tidak nyaman dengan kehadiran mereka di list teman sosial media. Karena apa yang mereka posting terkadang sangat membosankan dan kita berpikir kalo sebenernya mereka tidak perlu memposting itu. Ada yang bilang "Lagi laper nih", "Pingin jalan-jalan", "Ngantuk, Bobo ah","Sholat Jumat dulu biar ganteng" , "Cowok disebelah aku ganteng banget."

Biasanya mereka melampirkan foto yang sesuai dengan apa yang mereka tulis di status. Biasanya hal ini terjadi pada teman kita di kontak BBM. Kalo mereka lagi mandi, apa perlu mereka juga update DP sambil mandi? Terus kalo lagi Be A Be, apa yang mereka foto? Tipe yang satu ini harus kalian kurangi takarannya pada list teman kontak. Bukannya excited membacanya, malah justru akan membosankan. 

5. Tipe Reporter Investigasi

Tipe Reporter Investigasi

Tipe Reporter Investigasi via http://cdn.klimg.com

Tipe smartphone addict yang satu ini benar-benar kebingungan jika mereka akan membuka atau mempsoting sesuatu tapi tidak ada jaringan internet di smartphonenya. Tipe-tipe ini biasanya mendatangi rumah makan, cafe, restoran atau tempat lainnya, dan menanyakan password Wifi pada petugas tempat tersebut. "Password WiFi nya apa mas? kenceng gak internet nya?" 

Dengan mendapatkan Password WiFi, dia akan duduk tenang sambil meminum pesanan nya walaupun hanya es teh manis. Untuk yang sedang menjalankan bisnis rumah makan, kafe, atau tempat lainnya, saya sarankan untuk memasang WiFi di tempat anda kalau ingin didatangi tipe-tipe orang seperti ini.

6. Tipe Reporter Eksistensi

Tipe Reporter Sosial Media

Tipe Reporter Sosial Media via Http://coffeeoriental.wordpress.com

Tipe ini paling mainstream di dunia maya. Mereka tidak lelah memposting kabar terbaru. Ciri-cirinya adalah ketika kalian berteman dengan mereka pada semua sosial media yang kalian punya dan mereka ada di semuanya. Kemudian mereka akan memposting foto di semua akunnya. Contohnya nih, kalian lagi iseng buka Facebook, kalian liat postingan membosankan mereka di beranda. Kalian buka Instagram, ketemu mereka lagi dengan postingan sama.

Pasti rencana untuk membuka Path akan segera kalian gagalkan karena kalian tahu, kalian akan dihadapkan pada postingan mereka yang sama dengan hashtag yang sama dengan quote yang sama. Sebenernya nih orang maunya apa sih? Yaudah lah! Iya, iya. Kita udah tahu kok!

7. Tipe Reporter Selfie Sukaesih

Tipe Reporter Selfie Sukaesih

Tipe Reporter Selfie Sukaesih via http://widdi.co

Duh, judul tipenya maksa banget. Oke, kita bahas. Mereka akan membawa tongsis dan terkadang membawa lensa fish eye/wide agar sedikit kekinian. Di dalamnya sudah terinstal beberapa aplikasi pendukung seperti C360 atau yang lainnya. Entahlah. Dan hukumnya wajib buat mereka biar tambah greget! Mereka akan mendatangi tempat-tempat yang unik untuk dijadikan background foto mereka.

Jika mereka malas untuk beranjak, mereka akan mencari tempat dengan penerangan yang cukup cahaya agar wajah mereka tampil sempurna. Tipe ini biasa nya diderita oleh para kaum wanita yang selalu ingin tampil cantik di dunia maya. Semenjak ada fenomena ini, kaum wanita mendadak jadi desainer grafis handal karena mereka mampu membuat mereka yang tadinya biasa saja menjadi luar biasa.

Dengan ditambah objek unyu-unyu dan kemudian dimasukkan dalam beberapa frame dengan ekspresi wajah yang berbed. Itu foto apa perangko? Tipe seperti ini biasanya jalan beramai-ramai mencari tempat dan mulai melakukan aksi nya.