Menjalin hubungan cinta jarak jauh atau LDR itu gak gampang. Kebanyakan dari kita pasti ngeluh sama status hubungan jarak jauh yang menyiksa dan pasti selalu dianggap tidak akan bertahan lama. Bahkan tak banyak dari kalian yang berpikir akan selesai di tengah jalan. Tapi tenang! Gak semua hubungan jarak jauh akan berakhir tragis karena banyak juga kok pasangan di luar sana yang melakukan hubungan jarak jauh dan sampai saat ini hubungan cinta mereka tetap awet hingga jenjang pernikahan dan bahagia.

Memang, menjalin hubungan cinta yang normal akan lebih terasa dekat dan lebih mesra. Tapi kalau jarak memang harus jadi musuh dalam hubunganmu, kamu mau gimana lagi? Tenang aja. Hubungan jarak jauh ini bisa jadi pelajaran buat kamu kalo suatu saat nanti kamu ada di satu atap rumah bersama lelaki idamanmu dan kamu terpaksa dihadapkan dengan yang namanya LDR karena tugas negara kamu gak akan bingung lagi.

Ini dia cara menjaga hubungan jarak jauh kamu sama si doi biar kalian makin awet dan terus romantis walaupun kalian berjauhan:

 

1. Saling menjaga komunikasi.

Menjaga hubungan agar long lasting salah satu cara yang paling ampuh adalah dengan menjaga komunikasi. Zaman sekarang gak susah kok buat kalian saling berkomunikasi. Kalian bisa menggunakan sms, telepon, BBM, Whatsapp, dan yang semacam deh. Pastikan selalu ada hal baru yang dibicarakan ketika kalian menghabiskan waktu bersama di telepon. Jangan pelit buat kamu sesekali tanyakan kabarnya dan ucapkan rasa sayang kamu ke dia.

Halo, Sayang! Gimana hari ini kerjanya?

Kamu jaga kesehatan di sana, ya.

I LOVE YOU, Sayang...

Pertanyaan-pertanyaan sederhana dan mungkin bisa dibilang sepele. Tapi itu justru yang bikin pasangan kamu semangat. Sempetin buat telepon dia. Walaupun gak lama, tapi itu bentuk dari kepedulian kamu ke dia. Walaupun kalian jauh, tapi tetep merasa dekat.

2. Saling percaya dan menjaga perasaan satu sama lain.

saling percaya

saling percaya via https://www.facebook.com

Gak jarang dalam suatu hubungan jarak jauh, timbul perasaan cemburu yang tinggi. Banyak dari kalian pasti berpikir negatif tentang pasangan kalian yang jauh di sana. Dan emosi pasangan jarak jauh atau LDR pasti akan mudah meledak. Padahal seharusnya kalian harus bisa saling menghargai perasaan masing-masing. Makanya kesabaran berperan penting dalam hubungan ini.

Sayang, kamu lagi di mana?

Kamu lagi sama siapa, sih?

HP kamu kok gak aktif, ya?

Menjalin hubungan jarak jauh atau LDR itu gak mudah, loh! Bahkan bisa dikatakan sulit. Satu-satunya kunci agar hubungan jarak jauh atau LDR kalian sukses, ya saling menjaga kepercayaan satu sama lain. Karena hubungan seperti ini memang membuat kita kesulitan untuk mengetahui apa yang sesungguhnya sedang dilakukan pasangan di sana, dengan siapa, apa yang sedang mereka pikirkan, dan lain-lain. 

Satu-satunya cara yang bisa kita lakukan adalah percaya. Hindari godaan-godaan yang akan menghancurkan hubungan kalian. Dalam hubungan jarak jauh atau LDR sangat dimungkinkan muncul orang-orang yang akan menggoda kalian untuk berpaling dari pasanganmu. Tapi kalau kalian punya rasa percaya dan saling setia, maka hal ini tidak perlu lagi menjadi masalah buat hubungan kalian.

3. Sabar untuk hubungan jarak jauh atau LDR kalian.

Dalam hal apapun dan bagaimana pun cara berhubungan kalian, sabar adalah salah satu cara yang paling dibutuhkan. Sama halnya dengan LDR, pasti kalian butuh kesabaran yang ekstra kan buat hubungan kalian? Kalian harus sabar menahan rindu, sabar menahan cemburu, sabar menahan rasa curiga, sabar buat bertemu, sabar buat hubungan kalian, dan sabar buat segalanya deh. Sabar aja, ya. Suatu saat hubungan jarak jauh kalian bakal indah kok akhirnya.

Tapi terkadang kalian berpikir antara sabar untuk menunggu bertemu si doi atau kalian harus kalah dengan sabar? Gak sedikit pasangan yang LDR bisa mengontrol tingkat kesabaran mereka apalagi si cowok, bener gak? Dari sekian banyak pasangan yang mempunyai Hubungan Jarak Jauh atau LDR, yang paling gak bisa kontrol tingkat kesabaran itu si cowok dan itu yang bikin hubungan kalian terancam.

Jadi kalo hubungan kalian terselamatkan, pastikan kalian punya kesabaran yang luar biasa, walaupun banyak yang bilang kalo sabar ada batasnya.

Jangan pernah memaksa untuk sabar ya guys, kalo memang si doi gak bisa diajak buat sama-sama sabar. Karna kalo kamu paksain, yang ada malah hubungan kamu sama si doi gak akan bertahan lama.

4. Merencanakan masa depan bersama.

Jangan kalian beranggapan bahwa LDR tidak bisa berakhir di pelaminan! Banyak loh temen-temen aku yang awalnya mereka berjuang mati-matian dengan Hubungan Jarak Jauh atau LDR, yang akhirnya mereka menikah dan mereka juga bahagia tuh. Coba deh kalian rencanakan masa depan kalian sama si doi, walaupun terpisah jarak yang jauh tapi kalo kalian punya niat dan yakin sama hubungan kalian itu gak jadi masalah kok.

Asyik juga kan kalo kalian merencanakan tinggal dan berada pada satu atap rumah yang sama, hidup bersama dalam suatu kebahagiaan. Merencanakan masa depan bersama gak harus kita bertemu dan bertatap muka secara langsung, buat kalian yang terpisah jarak, kalian bisa membicarakan hal ini lewat telephone, video call, skype atau apalalah kan banyak tuh sekarang alat komunikasi yang canggih.

Jadi kalian gak ada alasan kalo Hubungan Jarak Jauh atau LDR itu membosankan.

5. Kasih dia kejutan atau kado spesial.

Hal yang paling dirindukan dalam Hubungan Jarak Jauh atau LDR adalah Kejutan atau Surprize dari pasangan. Cara ini yang membuat pasangan LDR merasa bahagia. Kamu gak usah bingung kejutan atau kado spesial apa yang mau kamu kasih ke doi. Misalnya, kamu bisa kirim barang kesukaan atau barang yang lagi diinginkan doi tanpa kamu kasih tahu. Atau kamu dateng kerumhanya tanpa mengabari.

Bisa juga kamu dateng di hari ulang tahunnya dan beri dia sesuatu di hari spesialnya. Tapi inget ya guys, kamu harus tau apa yang doi kamu mau, jangan sampai niat kamu yang mau kasih kejutan malah bikin doi kecewa nantinya.

Gak harus barang mewah dan berharga mahal buat kamu kasih kado spesial ke doi. Terkadang mereka lebih seneng kalo kado spesial yang kamu kasih itu buatan kamu sendiri, dan mereka akan beranggapan kalo kado itu adalah kado paling spesial untuknya. Gak susah kok bikin pasangan LDR kamu bahagia walaupun kamu berada di tempat yang berbeda. Jangan ragu buat pasangan kamu merasa bahagia memilikimu ya guys.

6. Pertemuan yang membuat segalanya menjadi indah.

Bagi kalian yang memiliki Hubungan Jarak Jauh atau LDR Pertemuan adalah satu-satunya hal yang paling di tunggu-tunggu. Hubungan Jarak Jauh atau LDR berarti terhambatnya waktu bertemu kita sama si doi. Nah kalo udah ketemu sama si doi, semua rasa kangen yang udah numpuk setinggi gunung itu bakalan meleleh. Kesedihan dalam hal apapun bakal berubah jadi kebahagian setelah kita bertemu dia. Walau gak lama, tapi cukup untuk melepas rasa rindu.

Pertemuan sangat berperan penting dalam hubungan jarak jauh. Coba atur sedikit waktumu untuk sejenak bertemu dia. Mungkin satu atau dua bulan sekali kamu bisa temui dia. Jangan lupa, atur dan pertimbangkan kondisi keuangan kalian. Jangan sampai pertemuan kalian malah bikin tongpes. Sesuaikan sama pekerjaanmu. Niat ingin bertemu dia, malah pekerjaan kantor jadi terbengkalai. Coba diatur dan sempetkan waktumu buat ketemu dia agar dia makin sayang kamu.

 

 

Tetep berjuang buat kalian, ya! Pertahankan apa yang udah kalian punya. Semua pasti berakhir dengan indah!