Bagi para penggunan khususnya iPhone masalah yang paling menyebalkan namun sering terjadi adalah baterai boros. Kalau sudah begini kemana pun harus membawa charger dan mencari stop kontak, solusi lain yang paling memungkinkan hanyalah power bank. Tetap saja tidak bisa jauh-jauh dari sumber daya kalau tidak ingin smartphonemu tiba-tiba mati.

Tapi jangan khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa kamu coba praktekan ke iPhone kamu agar baterainya lebih awet. Simak trik mudahnya berikut ini.

1. Gunakan low power mode

Low Power Mode

Low Power Mode via https://www.santekno.com

Fitur ini sangatlah berguna karena mampu membantu menghemat daya baterai sekitar 20-30%, lumayan untuk memperpanjang waktu penggunaannya. Cara mengaktifkan fitur ini juga mudah, klik Setting > Battery > Low Power Mode. Tetapi karena merupakan fitur penghemat daya, tentu ada konsekuensi yang harus diterima, yaitu adanya penurunan efek visual.

2. Matikan fitur backgroud app refresh

Background App Refresh

Background App Refresh via http://mashable.com

Background app refresh merupakan fitur untuk memperbarui informasi dari sebuah aplikasi. Namun sayangnya fitur ini akan memberatkan kinerja smartphone apalagi aplikasi yang menggunakan fitur ini cukup banyak. Karena kinerja smartphone dipaksa, berarti akan memaksa baterai memberikan suplai daya yang lebih banyak pula, artinya baterai akan terasa lebih boros.

Advertisement

Untuk mematikan fitur ini cari Setting > General > Backgroud Refresh App. Nah disini ada banyak pilihan aplikasi sesuai yang kamu gunakan untuk dimatikan servisnya.

3. Matikan location services

Location Services

Location Services via http://www.idownloadblog.com

Fitur location memang sangat dibutuhkan untuk kamu pengguna GPS agar bisa mengetahui lokasimu atau lokasi tujuanmu. Namun jika kamu tidak kemana-mana atau memang jarang menggunakannya lebih baik fitur ini dimatikan saja, karena akan membuat baterai lebih boros.

Fitur terus menyedot baterai karena selalu memperbarui lokasimu. Untuk menonaktifkan fitur ini cari Setting > Privacy > Location Services.

4. Matikan widget yang tidak terpakai

Tidak perlu pakai widget

Tidak perlu pakai widget via http://www.idownloadblog.com

Widget adalah cara untuk memantau berbagai informasi secara real time di homescreen smartphone. Widget yang paling sering kita temui adalah weather atau calender dan lainnya. Jika kamu merasa tidak pernah menggunakannya akan lebih baik dimatikan saja.

Caranya, dari layar iPhone geser ke bawah > geser ke kiri > pilih Today > geser paling bawah > Edit > lalu tutup aplikasi yang tidak terpakai.

5. Hapus aplikasi tidak terpakai

Pakai aplikasi seperlunya saja

Pakai aplikasi seperlunya saja via https://www.macstories.net

Terlalu banyak memasang aplikasi padahal tidak terlalu berguna atau tidak terpakai juga bisa menyebabkan baterai lebih boros. Karena itu pilih aplikasi yang biasa digunakan ditambah beberapa aplikasi entertainment yang Anda suka untuk dibiarkan, sisanya Anda bisa menghapusnya. Selain mengurangi beban baterai, cara ini juga bisa menambah ruang penyimpanan atau memori.

6. Lakukan kalibrasi baterai

Kalibrasi juga bisa membuat efek baterai awet

Kalibrasi juga bisa membuat efek baterai awet via https://www.uniterreconferences.com

Masih banyak yang belum mengetahui cara ini, padahal dengan cara ini penggunaan baterai jadi lebih maksimal. Caranya dengan menghabiskan baterai sampai benar-benar habis, lalu smartphone diisi ulang dayanya sampai penuh tanpa gangguan. Usahakan tidak melepas charger selama proses pengisian ulang ini. Kamu bisa melakukan ini secara rutin sebulan atau beberapa bulan sekali untuk menjaga kondisi baterai.