Ini bukan untuk ngompor-ngomporin atau jadi ajang biro jodoh bagi siapapun yang sedang jomblo tapi sedang PhD. Ini cuma beberapa alasan yang bisa diungkap jika Anda beruntung bisa memikat hati seseorang yang sedang berkomitmen menyelesaikan studi doktoralnya dan membagi hati dan hidupnya dengan Anda. It is definitely not easy to share the thesis commitment to another person. 

So, buat Anda yang sedang ingin mendekati a PhD baik yg student atau yang sudah graduate, here are seven reasons why!

1. Mereka itu FUN

Meski dengan caranya sendiri, mahasiswa PhD biasanya memiliki cara tersendiri untuk having fun. Mungkin karena mereka sering terisolasi dengan kesendiriannya dan dengan riset-risetnya, maka ide untuk having fun dengan cara tak biasa akan lebih banyak mengalir.

Jika biasanya couple yang lain ingin candle light dinner, maka seorang PhD bisa membawa Anda bertualang ke labnya, melihat eksperimennya atau ke situs-situs keren di kota yang tak terjangkau orang banyak. Yang jelas, mereka selalu berusaha having fun dengan caranya dan Anda akan ikut di dalamnya. Isn't it great?

2. Mereka itu SEXY

Smart is the new sexy via http://en.protothema.gr

Advertisement

Bukan hanya pintar, para PhD itu biasanya juga sexy. Aura seksi ini bukan hanya keluar dari body yang aduhai tapi juga dari kepintaran mereka mengolah joke atau share hal-hal yang tidak diketahui banyak orang. Jika Anda laki-laki, Anda pasti senang kan berkencan dengan wanita yang tahu banyak hal atau membicarakan reaksi kimia atau persamaan fisika seperti membicarakan gosip selebritis. Jika Anda wanita, maka Anda pasti terkagum-kagum dengan isi kepala mereka. Pembicaraan pun jadi tidak boring, karena mereka pintar mengolah kata atau menimpali joke Anda. Dating pun jadi lebih bersahaja.

3. Mereka itu MEMBANGGAKAN

Proud to be her man via https://www.pinterest.com

Berkencan dengan a PhD meski di beberapa negara biasa biasa saja mendengar kata PhD, tapi ada beberapa laki-laki yang bangga jika ia berhasil memikat wanita yang memiliki kualitas akademik jauh di atasnya. Meski gelar akademik itu tidak lantas menunjukkan isi kepala seorang manusia, tapi saat ia berkumpul dengan teman-temannya ia akan bangga memperkenalkan pasangannya pada siapapun dan menambahkan a PhD di setiap kalimatnya. Apalagi jika PhD nya adalah PhD di bidang yang lumayan njlimet semisal sains atau kesehatan. Wah, bertambah banggalah dirinya. Maka kalimat "she is a PhD and she is mine" akan selalu diucapkan. 🙂

4. Mereka itu COMMITTED

Tesis commitment via https://www.linkedin.com

Nah yang ini lain lagi. Para PhD itu adalah orang-orang yang punya komitmen tinggi. Bayangkan, mereka rela mengabdikan 4 tahun hidupnya untuk tersesat di lembah imu pengetahuan untuk akhirnya lulus dan menyandang gelar doktoral.

Mereka committed karena selalu dikejar deadline menulis atau progress report oleh supervisor dan mereka selalu berusaha memberikan yang terbaik. Dan jika mereka bisa sebegitu komitmennya dengan tesis yang hanya makhluk mati, maka bisa dibayangkan bagaimana komitmennya pada wanita atau lelakinya. That is why you should date a PhD!

5. Mereka itu PANTANG MENYERAH

PhD graduation via https://www.pinterest.com

Para PhD itu adalah barisan orang-orang yang pantang menyerah. Bagi Anda yang laki-laki dan berniat mendekati a PhD, Anda memang harus extra berjuang karena biasanya para wanita ini sedikit sulit untuk ditaklukkan, namun jika Anda berhasil memikat hatinya wah bukan main kesenangannya.

Bukan saja Anda berhasil menaklukkan wanita yang begitu commit dengan pendidikannya, namun juga Anda berhasil menaklukkan seseorang yang pantang menyerah dengan Anda. Jika Anda seorang wanita dan didekati seorang PhD, percayalah, Anda akan terus dikejarnya. Para PhD bukan manusia cemen yang langsung angkat bendera putih saat kesulitan datang. Coba saja angkat bendera putih pada supervisor, ya bye-bye PhD judulnya.

So, berkomitmen dengan mereka juga akan memberikan Anda semangat untuk tak menyerah dan selalu berusaha menyelesaikan masalah. Bukankah itu indah?

6. Mereka itu ROMANTIS (KIND OF)

Romantic comedy ala PhD via http://www.sheshachaturvedi.com

Mungkin candaannya agak garing dengan menyebut getaran cinta Anda dengannya bagai persamaan Schrodinger atau sesuai dengan prinsip ketidakpastian ala Heisenberg. Tapi percayalah, saking ajaibnya selera romantisnya, itu akan menjadi ala romantic comedy yang bisa bikin Anda tertawa atau menangis secara bersamaan.

Kadang mereka menyematkan nama Anda di tesisnya atau menyebutkan nama Anda di slide presentasinya dan menyebutkan bahwa Anda lah sumber inspirasinya. Bukankah membanggakan jika nama Anda muncul dalam tesis PhD meski hanya di halaman acknowledgement. Tapi menemukan nama sendiri di sebuah tulisan yang diperjuangkan selama 4 tahun, bukankah itu tidak lain adalah ROMANTIS?

7. Mereka (definitely) PINTAR

Pintar mengambil hati via http://www.yourtango.com

Dating a PhD juga berarti Anda berkencan dengan ia yang selalu berpikir. Mungkin saat kencan ia diam lalu berkata "that is my research question". Yang jelas, jika mereka sudah sampai di tahap akademik a PhD maka percayalah Anda telah bertemu dengan orang yang begitu getol belajar.

Keuntungannya berkencan dengan mereka adalah banyak sarannya yang bisa Anda pakai dalam hidup, misalnya buku apa yang bagus untuk dibaca atau pun saat Anda perlu bantuannya membuat cover letter. Karena ia sering menghabiskan waktunya di depan laptop dan merangkai kata untuk tesisnya, mudah saja sebuah cover letter dibuatkannya untuk Anda. Aatau ada saja ilmu baru yang Anda pelajari dari bacaannya dan ia share dengan Anda di sela-sela kencan.

Intinya, mereka adaalah manusia penuh dedikasi pada pendidikan dan sangat cocok untuk dijadikan kawan hidup yang bisa menemani Anda mengarungi hidup ini (kelihatan banget iklannya hahaha).

Nah, tunggu apa lagi? Jika Anda sedang mengincar seseorang yang mengambil PhD, segeralah!