Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang cukup mengganggu karena dapat menghilangkan rasa percaya diri dan bikin kamu jadi baper kalo harus berhadapan doi. Iya beneran, hati jadi deg-degan deh kalo si dia merhatiin bintang-bintang kecil yang menghiasi wajahmu..!Ditambah lagi kalo wajah udah kayak buka cabang pertambangan minyak, kata tetua di daerah saya dengan logat medoknya : mak “CLING..!!” hmm.. Bikin silau melebihi Bapak berkepala plontos deh!

Hal ini membuat para wanita berlomba mencari pembersih dan pelembab wajah, atau bahkan pergi ke salon untuk facial. Tapi jangan salah, pria juga pasti bete kan kalo ada jerawat nangkring di wajah? Walaupun mungkin lebih cuek, tapi alangkah baiknya kalo kita bisa membasmi jerewi itu.


      Kegiatan seperti itu sebaiknya jangan terlalu sering, karena gak baik juga kan buat kesehatan kulit kita yang sensitive ini. Seringkali kita menggunakan pelembab wajah yang malah menimbulkan kerugian besar untuk kulit kita sendiri, duuh jangan sampe yaa gan..! Daripada pakai krim gajebo, lebih baik gunakan yang alami atau buat sendiri cream/masker anti jerawat DIY-mu! Berikut bahan-bahan alami yang berkhasiat untuk mengatasinya :

 

1. Strawberry

sweet strawberry!!

sweet strawberry!! via http://freegreatpicture.com

Buahnya yang berwarna merah menandakan bahwa buah ini kaya akan pigmen warna antosianin dan antioksidan. Selain itu, biah ini mengandung vitamin C, kaya akan serat rendah kalori, asam folat, potassium, serta asam ellagic. Asam ellagic ini ampuh untuk mencegah keriput dan memperbaiki sel maupun jaringan kulit yang rusak yang disebabkan oleh paparan sinar UV.

Mengonsumsi buah strawberry secara rutin akan membantu proses regulasi tekanan darah.Dengan kata lain dapat membantu untuk meredakan stress yang merupakan salah satu pemicu utama munculnya jerawat. Selain itu, kandungan asam salisilat pada strawberry jika digunakan sebagai masker dapat membantu mengatasi masalah jerawat dan kulit berminyak. Kandungan vitamin B1, B2, dan provitamin A di dalamnya juga dapat membuat kulit lebih cerah dan bersih.

2. Pepaya

Papaya banyak ditemukan di pasar tradisional juga kok

Papaya banyak ditemukan di pasar tradisional juga kok via http://m.infomedan.net

Pepaya memiliki banyak amnfaat jika dikonsumsi langsung maupun digunakan sebagai masker. Buah ini mengandung berbagai jenis enzim, vitamin dan mineral. Kandungan vitamin A nya yang lebih tinggi dari wortel dan kandungan vitamin C yang lebih tinggi dari jeruk menjadikan buah ini memiliki khasiat antioksidan yang sangat ampuh untuk kesehatan kulitmu. Kandungan enzim papain di dalamnya yaitu dapat memecah protein menjadi arginine yang merupakan salah satu asam amino esensial yang berperan dalam meningkatkan kesehatan otot dan mengurangi penumpukan lemak dalam tubuh.

3. Jeruk

fresh sunkist-orange!

fresh sunkist-orange! via http://superindo.co.id

Vitamin C yang terkandung di dalam buah ini merupakan sejenis antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan mempunyai peran penting dalam regenerasi sel. Vitamin C juga mapu meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga elastisitas kulit tetap terjaga. Mengonsumsi jeruk juga dipercaya sebagai diet sehat untuk menurunkan kadar kolesterol dan lemak jahat dalam tubuh manusia.

Satu buah jeruk beserta kulitnya mengandung lebih dari 60 flavanoid dan 170 fitronutrien berbeda sehingga kulit jeruk pun dapat digunakam sebagai perawatan kecantikan alami. Kulit jeruk dapat mengusir komedo, se-sel mati, jerawat serta menutup pori-pori pada kulit wajah. Penipisan kulit mati dan kotoran di permukaan kulit wajah akan membuat penyumbatan pori-pori menjadi berkurang yang sangat baik untuk kulit berminyak dan berjerawat.

4. Pisang

bananananaa.. minnion bangett.. :D

bananananaa.. minnion bangett.. :D via http://pondokibu.com

Buah ini merupakan anti-bakteri natural yang sangat baik dalam mengobati noda hitam dan jerawat pada kulit wajah. Antioksidan dan vitamin yang dikandungbuah pisang juga berperan dalam mencegah penuaan dini. Kandungan potassium yang tinggi pada pisang jika dikonsumsi secara rutin dapat membantu mengontrol keseimbangan natrium dan pelepasan cairan dalam sel sehingga sangat baik untuk mengatasi produksi minyak berlebih pada wajah.

Kandungan vitamin A dan Kalium pada pisang merupakan nutrisi yang baik untuk menjaga kelembapan kulit. Kulit pisang juga bisa digunakan sebagai scrub untuk membuang kulit kering yang sudah mati.

5. Apel

Fresh apple..!Hmm..

Fresh apple..!Hmm.. via http://www.vemale.com

Nutrisi yang ada di dalam sebuah apel adalah kalium, pectin, dan selulosa. Kalium berperan dalam mengatur denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur metabolisme serta mengembalikan keseimbangan jaringan dan sel dalam tubuh. Pektin merupakan serat yang dapat larut dalam air yang terdapat pada daging buah, sedangkan selulosa banyak ditemukan dalam kulit apel.

Apel dapat menurunkan resiko kanker usus karena kandungan fitokimia dan flavonoid yang tinggi dibandingkan dengan buah lainnya. Gula jenis fruktosa yang terkandung di dalamnya ramah dalam peredaran darah sehingga aman dikonsumsi untuk kamu yang memiliki type acne & oily skin.

 

6. Lemon

fresh lemon fruit

fresh lemon fruit via http://food.ndtv.com

Buah ini merupakan anti-bakteri alami yang dapat mengobati jerawat. Kaya akan kandungan vitamin C yang mampu membersihkan minyak dan bintik merah pada kulit wajah. Vitamin C mampu menghilangkan radikal bebas dan memacu produksi kolagen untuk mengencangkan kulit wajah.

Asam sitrat pada lemon dapat mencerahkan kulit wajah. Vitamin B dan fosfor membantu menghilangkan flek hitam pada wajah.

Pada saat menambahkan lemon ke dalam campuran bahan masker hindari paapran sinar matahari karena sifat lemon yang sensitive. Gunakan masker pada sore atau menjelang malam hari.

 

7. Aprikot

Buah ini mengandung nutrisi yang penting bagi kulit wajah seperti vitamin A (kadar 914,20 IU), vitamin C, beta karoten (544,95 mcg), vitamin K (1,2 mcg), kalium (104mg), magnesium (3mg), folat (3mcg), dan fosfor (7mg).

Selain itu apricot mengandung lycopene dengan kadar tinggi yang merupakan antioksidan yang dapat mengurangi resiko kanker kulit.

Aprikot dapat digunakan sebagai masker untuk jenis kulit berminyak dan berjerawat.

Nah, cukup banyak kan buah yang sangat bermanfaat untuk mengurangi tampilan bintang yang nyebelin di wajahmu..?Jadi rajin-rajin bersihkan wajah dan gunakan masker dari buah-buahan diatas yaa.. Salam cantik dan Sehat! ;)