Kamu pernah jatuh cinta? Itu, loh... suatu masa di mana sakit dan bahagia bercampur jadi satu. Kamu bahkan tak pernah mengerti bagaimana bisa rasa itu membuat hatimu perih sekaligus sejuk. Yang kamu tahu, kamu hanya butuh eksistensinya untuk membuatmu utuh. Seluruh obsesimu akhirnya terbengkalai, fokusmu akhirnya mengerucut pada satu nama: dia.

Rasa itu sukses mengacaukan semestamu. Kamu bahkan sudah lupa cara makan, tidur, dan melakukan aktivitas lainnya dengan benar. Konsentrasimu terpusat hanya pada dia. Semua yang kau lakukan selalu berujung pada impian bersamanya. Dunia sungguh indah, ya?

Sayangnya, semua impian indahmu harus kandas begitu saja tatkala mendengar kabar ia telah menggandeng seseorang.

Dia lebih memilih orang lain

Kamu merasa dunia runtuh. Konstelasi jagad raya sudah tak tertata sebagaimana mestinya. Gairah menjalani hidup sudah menguap entah ke mana. Bahkan kamu berharap lebih baik bumi menenggelamkan dirimu saja daripada terhempas kenyataan menyakitkan.  

Tapi TIDAK! Kamu harus terus melanjutkan kehidupan.

No matter how hard things get, life must go on!

Berikut adalah beberapa tips yang akan menuntunmu kembali bangkit dari keterpurukan.

 

1. Cara terbaik untuk melupakannya adalah dengan TIDAK berusaha melupakannya

rayakan kebebasan hatimu!

rayakan kebebasan hatimu! via http://www.forwallpaper.com

Waktu memang sudah memahat ukiran namanya di hatimu. Membekas sangat jelas, dan kamu bahkan sempat berpikir mustahil untuk menghapusnya.

Tapi hey, namanya bukan mantra keramat. Kamu juga bukan Mbah Dukun yang harus selalu merapalkannya setiap saat.

Aku harus melupakan Adam...

Aku harus melupakan Adam...

Aku harus melupakan Adam...

Alih-alih lupa, kamu malah akan selalu teringat padanya.

Adam apa yang hidup di ALAM magis?

AdammMbah dukun... sedang ngobatin pasiennya...

*sing a song

2. Putus semua kontak

unfriend facebook

unfriend facebook via http://mashable.com

Hapus nomor ponselnya. Unfriend facebooknya. Unfollow twitternya.

Menghilang sejenak dari pandangannya bukan berarti memutus tali silaturahim. Bukan pula menyulut cold war. Kamu hanya perlu sedikit waktu untuk menata hidupmu kembali. Menyusun lagi kepingan hati yang tercecer kesana-kemari. Semua itu akan sulit terjadi jika jari-jemarimu tak bisa diajak berkongsi untuk berhenti stalking jejaring sosialnya.

Nggak lucu kan, jika kamu sedang log in facebook untuk membaca artikel terbaru hipwee yang di share teman-teman, tiba-tiba di beranda fb mu muncul foto dia sedang bermesraan dengan gandengan barunya?

3. Tahan keinginan untuk menghubunginya

hai... sudah makan, belum?

hai... sudah makan, belum? via http://videohive.net

Itu ponsel atau kuburan, sih? Kok sepi banget?

Godaan untuk mengiriminya pesan terlebih dahulu memang lebih dahsyat dari gombalan calon kepala daerah (ciyee yang lagi masa kampanye). Tragisnya lagi, setiap hari yang rutin menyusup ke inboxmu hanyalah operator ponsel.

Dapatkan ringtone terbaru dari Ayu Sinting berjudul Sambal Terasi. Cukup tekan 008 di HP anda.

Atau bahkan nomor nyasar yang sungguh kurang ajar sopan.

Anda sudah kami hubungi tadi malam, tapi nomor anda tidak aktif. Selamat! Anda berhasil memenangkan sebuah mobil jenazah beserta isinya. Silahkan transfer ke rekening XXX***

Ah, lagu lama!

Jika godaan mengirim pesan sudah kayak bendungan mau jebol, lebih baik kamu manifestasikan keinginan itu dengan segera mengetik pesan untuk orangtuamu. Katakan pada beliau berdua bahwa kamu merindukannya, mintalah doanya. Dijamin deh: galau hilang, berkah datang...

4. Sulit tidur? Si liquid putih ini siap membantu!

susu mengandung banyak manfaat

susu mengandung banyak manfaat via http://healthyfitnatural.com

Terus-terusan memikirkan si dia membuatmu susah memejamkan mata? Coba deh, minum segelas susu sebelum tidur. Cairan istimewa yang hanya dihasilkan golongan mamalia ini mengandung triptofan, semacam zat yang bisa berubah menjadi hormon melatonin, yang mampu membuat tidurmu lebih nyenyak.

Buat kamu yang sedang menjaga asupan kalori per hari (baca: diet), kamu bisa memilih low fat milk yang rasanya nggak kalah nikmat dengan susu pada umumnya.

5. Hindari menyendiri. Berkumpul bersama teman-teman membuat hidupmu berwarna-warni (kembali)

Seru-seruan bareng teman membuat hidupmu lebih hidup

Seru-seruan bareng teman membuat hidupmu lebih hidup via https://www.facebook.com

Pernah dengar petuah dari nenek bahwa kita dilarang sendirian sambil ngelamun? Awas kesambet! Kata beliau. Eits, kali ini kamu nggak boleh mengabaikan petuah baik ini.

Hayo, apa yang kamu lakukan ketika sendiri? Pasti kamu lebih sering menyusun kenangan bersamanya dari pada mengingat-Nya. Ya, nggak?

Seandainya aku bisa bersamanya...

Seandainya dia lebih memilih aku...

Seandainya... seandainya...

Ah, mengapa begitu banyak kata seandainya yang hanya memperparah luka menganga?

Hapus air mata, rapikan penampilan, jalin pertemanan. Kamu nggak akan menyangka bahwa di luar sana banyak sekali orang yang menyayangi dan peduli padamu. Dengan keluar dari sangkar, kamu akan mendapatkan banyak poin plus-plus. Bisa ketawa bahagia, menghapus luka, mendapat pemahaman baru tentang kehidupan, punya kenalan baru, bahkan mungkin ehm... gebetan baru

6. Lagu mellow? Please, go!

lagu ceria mampu mencerahkan suasana hatimu

lagu ceria mampu mencerahkan suasana hatimu via http://fabulousmuses.net

Agenda hari ini:

Menyendiri di malam hari

Ditemani secangkir kopi

Bersama lagu-lagu menyayat hati

Buang jauh-jauh deh, rencana itu dari to do list-mu kalau benar-benar ingin segera move on. Melakukan hal-hal di atas hanya akan membuat kesedihanmu makin dramatis.

Nggak ada yang salah kok, dengan aliran metal (mellow total). Tapi demi menyukseskan rencana move on mu, segera ganti lagu mengiris hati macam A Thousand Years nya Christina Perri dengan lagu-lagu ceria seperti lagunya Oppie Andaresta yang Single Happy atau Party nya SNSD.

7. Sibukkan diri, terus ukir prestasi

balas dendam paling elegan

balas dendam paling elegan via http://www.dream.co.id

Daripada marah-marah nggak jelas di medsos (yang belum tentu dia baca, kalaupun dia baca kemungkinan besar cuma dianggap angin lalu), lebih baik menyusun rencana balas dendam yang lebih elegan.

Balas dendam? YES!

Kebanyakan orang berpikir,

“Aku harus mendapatkan orang yang jauh lebih baik dari dia, akan kubuat dia menyesal telah mencampakkanku!! Hahaha”

*dibarengi efek petir menggelegar

Eits, masih mau mengundi nasib dengan terus-terusan mencari yang belum pasti? Ah, lebih baik menekuni hobi, tahu-tahu bisa mengukir prestasi, apalagi sampai memenuhi pundi-pundi rezeki. Lumayan, kan?

Sambil menyelam minum air dapat ikan pula.

Sudah fokus teralihkan, banyak pula manfaat didapatkan. Yakin deh, kalau kamu fokus memperbaiki diri, orang-orang terbaik bakalan datang ke kehidupanmu tanpa kamu minta.

Gimana? Nggak berat, kan?

Ya kan teorinya, praktiknya belum tentu mudah.

Move on nggak sesulit yang kamu kira, kok! Asalkan kamu punya niat sekuat baja. Biar lebih kuat lagi, kamu juga perlu melapisi dengan besi, seng, atau bahkan aluminium biar anti karat.

*ini mau move on apa mau buka toko bahan bangunan, sih?

 

Intinya, semua bermula dari kamu. Iyaaa kamu! Pilihan ada di tanganmu, mau move on sekarang, besok, lusa, atau tahun depan?