ngantuk? udah biasa... apalagi kalo matakuliahnya gak dipahamin, susahlah atau sampai dosennya yang gak asik. pastinya kita sering ngalamin hal itu. pernah gak sih terpikirkan sama kalian, kenapa pas kuliah itu adalah masa yang paling males buat belajar? jujur aja, gue pribadi si lebih merasa saat kuliah gampang ngantuk dibanding waktu sekolah SD, SMP, SMA. gak pernah tuh sejarahnya gue sekolah tidur waktu guru ngajar, tapi waktu kuliah dosen ngucap salam kadang gue nguap. ini nih tips cara melawan ngantuk dikelas pas jam kuliah:

 

1. sediain BON CABE

bon cabe

bon cabe via http://boncabe.com

kenapa bon cabe? simple aja si, efek pedas bon cabe ini pastinya bikin kamu melek. apalagi kalo kamu makan level 15. dijamin deh gak ngantuk lagi kalo dosen ngajar. eits. tapi jangan sampe dosennya liat kalian guys kalo lagi cemilin bon cabe. selamat mengemil kepedasan, guys! dan buat kamu yang gak suka pedas, jangan sekali - kali makan ya, apalagi sensasi level 15 nya.

2. Jepit Jemuran

jepit hidung

jepit hidung via https://www.google.co.id

kalo kalian heran mengapa bisa jepit jemuran segala, apalagi lebay. tenang guys,  buat kelas gue ini hal solusi alternatif. entah dari mana dan siapa yang memulainya, yang jelas pertama kali hal yang buat mata tidak ngantuk melainkan melek ya dengan memasang jepit jemuran di hidung. tunggu, kalo frontal kalian bisa tuh masang jepit jemuran di tangan temen kamu yang ngantuk. dijamin, pastinya temen kamu bakal syok dan ngantuknya ilang. semoga berhasil, guys!

3. Minuman Kopi Instan

kopi granita

kopi granita via https://www.google.co.id

yap! Menurut pengetahuan gue dari temen - temen gue, biasanya sih mereka mencoba untuk minum kopi, berhubung dikelas gak ada kopi pake gelas, bisa nih dengan menyediakan minuman kopi instan. katanya sih kalo bergadang minum kopi mempan, ya paling gak mengatasi ngantuk lah kalo minum kopi. apalagi kalo yang sensitif BANGET nih sama kopi, minum dikit pastinya gak akan ngantuk lagi. selamat mencoba, guys!

4. Siapin jajanan atau makanan dikolong meja

kolong meja

kolong meja via https://www.google.co.id

ini nih, ini yang paling beban buat kita yang suka bawa makanan dikelas trus taro di kolong meja, pasalnya sekali tangan ilang diatas meja, trus masuk kolong udah deh semua mata pada tertuju ke kalian. kalo gak di bagi ya pelit, dibagi ya pada gak tau diri, apalagi kalo dosen lagi ngajar, heboh sudah berebutan. Makan makanan kecil merupakan salah satu upaya biar gak ngantuk pasalnya dengan ngemil pastinya mulut akan bekerja dan well otomatis ngantuk akan ilang dengan sendirinya. silakan dicoba !

5. Membawa Persediaan Permen

permen vicks

permen vicks via https://www.google.co.id

nah, kalo buat kalian yang gak suka ribet bisa nih cukup bawa stok permen. biar gak terlalu mencolok tinggal di emut aja tuh permen pas dosen lg ngajar, biar ngantuk nya ilang. Bawa deh tuh stok permen yang banyak ditas. Permen yang dibawa bisa permen kopi, ataupun permen pedes nih guys. Biar lebih ampuh. selamat mencoba !

6. Cubit - cubitan

eits, jangan mikir yang macem - macem dulu guys, cubit - cubitan ini fungsinya kalo temen kalian udah ngantuk berat banget nih guys. Kalian bisa cubit tuh pipinya atau tangannya, biar melek. Kan jadi gak ngantuk lagi deh. selamat mencoba ! :)

7. Tidur di Mushola

nah. kalo buat kalian yang udah gak kuat banget nahan ngantuk pas dosen ngajar, oke FINE  buat kalian disarankan ijin keluar atau ijin ke toilet, trus kalian bisa cuci muka atau solusi lain kalian bisa tidur di mushola. eits, tapi jangan tidur keterusan juga, perkirakan tidur kalian cuma 5-10 menit. jangan terlalu lama, karena akan membuat dosen nantinya curiga. Dan kalian akan tertinggal penjelasan, gunakan waktu terebut sekedar merefresh kan mata. Jangan disalahgunakan guys ijin ke toilet kalian. Selamat mencoba !