Kamu adalah mahasiswa laju? Sering merasa lelah karena perjalanan jauh? Bosan? Sudah sampai kampus tetapi tiba-tiba kuliah kosong? Aduh! Rasanya kalau hal itu kejadian pengen banget melayangkan sejuta sumpah serapah ke siapa pun juta. Terutama ke dosen yang tega-teganya cancel jadwal kuliah tepat disaat kuliah harusnyaa sudah mulai. Sudah jauh-jauh datang dari rumah. Siap-siap lebih awal dari temen-temen lain yang tinggal dekat dengan kampus.

Atau mungkin problem lainnya adalah saat kau harus berangkat kuliah pagi-pagi. Itu artinya kau harus bangun pagi-pagi untuk bersiap-siap dan apesnya lagi kau adalah tipe orang yang susah bangun pagi.

Mahasiswa laju juga pemburu ilmu. Seperti mahasiswa lainnya, mahasiswa laju juga ingin sampai di kampus tepat waktu agar bisa duduk di barisan depan untuk mendapatkan materi kuliah. Mahasiswa laju juga ingin bebas dari hukuman ‘diusir keluar oleh dosen’ gara-gara telat.

Nah apa yang bisa kau lakukan jika kau jadi mahasiswa laju?

 

1. Bawalah gadget dan jangan lupa charger!

Man working with computer

Man working with computer via http://images.wisegeek.com

Sebelum berangkat ngampus jangan pernah lupa untuk membawa gadgetmu ini bersamamu. Ini bukan untuk sekedar gaya-gayaan doang. Tapi ini sekaligus bisa dijadikan sebagai alat tempur pengisi waktu ketika sampai di kampus ternyata kuliah yang seharusnya diikuti ternyata kosong atau diundur.

Kalau memang hal memprihatinkan seperti itu terjadi, kau bisa menggunakan gadgetmu untuk memanfaatkan wifi di kampusmu. Kan biasanya di kampus-kampus banyak wifi tuh. Kau bisa banyak-banyak searching, download, streaming, dan melakukan banyak hal. Ini akan jadi sangat menyenangkan bagi orang yang suka nonton film. Bisa download film sepuasnya!

Positifnya lagi kamu bisa nyari bahan buat kamu ngerjain tugas yang belum terselesaikan. Online jurnal buat skripsi misalnya.

2. Bawalah bekal dari rumah!

Karena kuliah bisa jadi ditunda sewaktu-waktu tergantung maunya dosen yang mengisi, kadang kau tidak tahu akan di kampus sampai jam berapa. Bisa sampai sore atau bahkan sampai malam. Kalau kuliah sampai sore atau bahkan malam sudah bisa dipastikan energimu akan banyak yang terbakar.

Maka dari itu akan lebih banyak lagi uang jajan yang kau keluarkan untuk kembali mengisi amunisi perut. Supaya agak ngirit dikit, bawalah bekal makan dan minum. Jadi saat di kampus nanti kamu cuma perlu jajan cemilan aja.

Karena makanan juga dibutuhkan oleh imun tubuhmu. Supaya tetap sehat meski menjalani kuliah yang seharian. 

3. Jangan pernah lupa bawa mantel!

Nomer tiga ini memang agak kurang penting sih kalau dibaca. Tapi jangan cuma dibaca dong. Ayo dipikirkan para mahasiswa laju. Perjalanan dari kampus ke rumah kan jauh banget. Kalau sudah waktunya pulang dan ternyata hujan deras, apa yang bisa kau lakukan? Menunggu hujan reda? Sedangkan sebenarnya masih banyak hal yang harus dikerjakan di rumah. Misalnya, tuh cucian numpuk, lantai belum dipel. Hahaha.

Jadi jangan lupa selalu cek mantelmu.

4. Bawalah peralatan tempur di jalanan!

i-daily mail

i-daily mail via http://i.dailymail.co.uk

Apa aja sih alat tempur di jalanan itu? Ya, selain helm dan sepatu kau jangan lupa pakai jaket. Jaket bisa melindungimu dari dingin dan sinar UV. Juga jangan lupa pakai sarung tangan supaya tanganmu tidak belang. Kau tahu  kan karena Indonesia daerah tropis jadi Indonesia ini panas sekali? Sebagai mahasiswa laju, kau juga harus memperhatikan itu.

Yang paling penting lagi adalah bawa juga masker. Eh jangan hanya dibawa sih. Tetapi di pakai. Jarak jauh yang kau tempuh akan membuatmu harus berhadapan dengan banyak kendaraan bermotor yang mengerluarkan asap. Kebayang dong gimana asap-asap kendaraan itu kalau memasuki paru-parumu. Itu tidak akan baik, apalagi kalau kuliahmu bukan hanya setahun dua tahun saja.

So, don’t forget to bring your mask!

5. Bunuh waktu dengan main!

Friends Laughing Together

Friends Laughing Together via http://i.huffpost.com

Kalau memang sedang tidak ada tugas yang dikerjakan dan kuliah kosong atau ditunda. Mainlah dengan teman-temanmu untuk membunuh waktu dan menunggu waktu kuliah selanjutnya. Di dekat kampusmu pasti ada tempat-tempat yang bisa di kunjungi untuk sekedar menghabiskan waktu bersama teman-temanmu. Itu bisa meningakatkan quality time dengan teman-teman kau.

Waktu-waktu membosankan dan menyebalkan akan jadi menyenangkan saat kau memnghabiskan dengan teman-teman terbaikmu. 

6. Jaga baik-baik kesehatanmu!

Dunia Fitnes

Dunia Fitnes via http://duniafitnes.com

Sebagai mahasiswa laju kau harus tahan banting! Apalagi sering kena terjangan hujan dan panas. Jadi kudu benar-benar menjaga kesehatan. Sebelum kau sakit, kau lebih baik mencegah. Banyak-banyak lah makan. Tentu saja banyak ini masih dalam batas sewajarnya. Agar tubuhmu cukup energi dan tidak perlu membakar simpanan-simpanan energi dalam tubuhmu.

Imun yang kuat juga butuh nutrisi yang baik.

Supaya kebal terhadap banyak penyakt, jangan lupa penuhi gizi seimbangmu. Kalau perlu kau bisa konsumsi tambahan suplemen atau vitamin. Vitamin C cukup baik lho untuk imun tubuh. Kau bisa mendapatkannya dari jambu biji. Itu lebih praktis dan ekonomis.

Saat tubuhmu merasa lelah setelah perjalanan jauh apalagi aktivitasnya padat, beristirahatlah dulu sebentar. Tidurlah dulu. Tapi jangan bablas sampai pagi tidurnya kalau masih ada tugas yang harus dikerjain.

7. Berteman dekatlah dengan anak kost!

Friends at home

Friends at home via https://www.colourbox.com

Wahai para mahasiswa laju! Tahukah ini adalah salah satu trik jitu yang bisa digunakan oleh para mahasiswa laju. Kalau lagi ada jam kosong, kuliah di undur dan problem kemahasiswaan lainnya, kau bisa sering-sering nebeng di kos temenmu. Maka berbaik-baiklah pada mereka.

Kau bisa menginap di kos mereka kalau besoknya ada kuliah pagi sekali dan harus berangkat lebih awal. Daripada tidak terbangun dan telat, manfaatkanlah temanmu yang tinggal di kost itu.

Berikut tadi mahasiswa laju, hal yang bisa kau lakukan supaya kuliahmu tetap terasa menyenangkan.

Buatlah banyak kenangan menyenangkan saat kau masih kuliah. Karena itu lah yang akan kau rindukan saat tua nanti.