Untuk sebagian orang yang suka jalan-jalan, mungkin jalan-jalan itu ibarat makanan yang harus seenggaknya setaun sekali dilakuka ke tempat baru, baik itu didalam negeri maupun ke luar negeri. Saat ini pun, tidak sedikit cewek yang memiliki hobi jalan-jalan. Tapi di Indonesia, yang memiliki budaya ketimuran dimana kekeluargaan dan kebersamaan masih sangat kuat, tidak terlalu banyak cewek yang memiliki hobi jalan-jalan sendiri. Berbeda dengan cewek-cewek dari budaya barat yang mereka padanya dasarnya lebih cuek, berbeda dengan cewek Indonesia yang masih ngerasa aneh untuk jalan-jalan sendirian.

Tapi juga, tidak sedikit cewek Indonesia yang suka jalan-jalan sendirian, dan pasti hal ini kalian rasakan!

 

1. “Hah? Serius sendiri?” Pertanyaan yang sudah khatam di dengar

Hah? Serius sendiri??

Hah? Serius sendiri?? via http://wp.production.patheos.com

Ketika menceritakan kepada teman atau keluarga jika kamu mau jalan-jalan ke daerah yang sedikit asing menurut mereka, dan sendiri. Tidak sedikit yang terkejut dan khawatir.

2. Dikira tidak punya teman

Ga sama temennya Mba?

Ga sama temennya Mba? via https://indonesiaitugue.com

Bukan karena tidak punya teman, sebenernya  teman banyak tapi karena waktunya sering bentrok, ya udah lah ya. Sekalinya punya temen yang selalu punya waktu dan tempat yang sama pasti bakal deket banget.

3. Nggak mau ribet

Yang lebih simpel bisa kan ya?

Yang lebih simpel bisa kan ya? via http://www.thestar.com.my

Ketika kamu suka siap dengan carrier, sendal jepit, kaos dan celana pendek, kamu melihat temen yang pergi sama kamu bawa koper, heels, dress cantik. Ribet banget euy!

4. Ketika di tempat yang dikunjungi pun, tidak sedikit orang yang kaget dan merasa kasihan sama kamu ketika tau kamu jalan sendirian

“Mba darimana? Sama siapa? Sendirian? Serius? Ko berani banget? Ga takut kenapa-kenapa?”. Pertanyaan yang jawabannya sudah ada di luar kepala. Kadang karena bosan dengan pertanyaan itu cuma di jawab “Iya ga apa-apa kok”

5. Akhirnya banyak bala bantuan datang, seenggaknya bisa mengehemat keuangan, dapat teman, dan keluarga baru

Keluarga baru!!

Keluarga baru!! via http://www.thetravelword.com

Sendirian di tanah orang, tidak jarang orang merasa kasihan dan akhirnya menawarkan bantuan seperti akomodasi, transportasi atau hanya sekedar jadi guide dadakan dan akhirnya membuat kamu memiliki keluarga baru di tempat yang kamu kunjungi. 

6. Kamu ingin lebih menyatu dengan budaya dan masyarakat lokal dengan cara kehidupan sehari-hari mereka dan makanan lokal mereka

Salah satunya dengan mencoba pakaian yang mereka gunakan sehari-hari

Salah satunya dengan mencoba pakaian yang mereka gunakan sehari-hari via http://farm8.staticflickr.com

Salah satu alasan kamu jalan-jalan sendiri sebenernya karena kamu ingin lebih tahu, penasaran dan merasakan langsung bagaimana menyatu dengan masyarakat lokal. Baik dari cara hidup mereka sehari-hari atau makanan mereka, karena mungkin tidak banyak orang yang tertarik dengan budaya lokal, apalagi budaya yang etnik.

7. Disampaing sosok yang katanya “berani”, sebenernya kamu adalah sosok yang lebih hidup, lebih banyak belajar

Di dalam sendiri kamu, kamu adalah orang yang kaya

Di dalam sendiri kamu, kamu adalah orang yang kaya via https://s-media-cache-ak0.pinimg.com

Ketika kamu melakukan perjalanan sendiri, pastinya kamu akan mengalami kendala, masalah atau momen yang tidak didapatkan mereka yang melakukan perjalanan bersama-sama. Masalah dan momen itu membentuk yang menjadi pribadi yang lebih mandiri dan kreatif. Sehingga tanpa kamu sadari, kamu adalah pribadi yang kaya dan lebih hidup.