Social media atau media sosial sepertinya sudah menjadi kebutuhan bagi kita di zaman yang masa kini ini. Mulai dari melek mata, yang pertama dicari pasti smartphone. Syukur-syukur ada chat yang belum dibalas, rupanya ngecek social media doang. Pas lagi makan, 5 menit sekali ngecek hape. Syukur-syukur ada yang ngajak ngopdar ntar malem, ternyata cuma pengen lihat the latest update of your crush. Ironisnya lagi, ketika lagi kumpul bareng teman-teman, semuanya pada pegang hp masing-masing, bukan untuk apa-apa, tapi hanyalah untuk sekedar check in atau upload foto. Social media emang bikin kecanduan!Β Bener ga sih? Udah ngaku aja, pasti bener :p

Padahal, social life kita pada zaman beberapa tahun lalu sebelum adanya smartphone dan social media kayaknya asyik-asyik aja ya. Emang ada yah kegiatan lagi yang bisa kita lakukan tanpa social media? Banyak! Apa aja sih? Check this out.

1. Membaca Buku Kesukaanmu

Siapa yang ga betah kalau reading spotnya kayak gini? via http://www.yesspaces.com

Kamu pasti punya buku favorit. Juga pengarang favorit. Kamu pasti juga selalu menantikan buku keluaran terbaru dari pengarang favoritmu. Spot untuk membaca buku terserah kamu. Bisa di toko buku (mahasiswa banget), perpustakaan daerah, kamar, ataupun di kafe favoritmu. Coba dibarengi dengan minum teh atau kopi dan pisang goreng. Selain bikin pengetahuan lebih berkembang, dijamin harimu lebih produktif dibandingkan main social media melulu. Secara buku itu jendela dunia. Lebih asyik lagi kalau kamu ajak temanmu yang sesama penggila buku untuk menghabiskan waktu membaca buku bareng, bisa lupa waktu deh kalau udah sharing tentang buku ini dan itu.

2. Music Is My Soul.

Mendengarkan musik juga asyik di bangku taman via http://media.mnn.com

Siapa sih yang ga suka musik? Kaku banget deh hidup kalo sehari aja ga dengerin musik. Mendengarkan musik sambil mengerjakan kerjaanmu bisa bikin lupa social media. Daripada ngepoin mantan melulu dari akun social media doi, mending kamu dengerin musik aja sambil browsing ini itu. Seru kan dengerin musik sambil browsing jadwal manggung band favoritmu kapan, daripada kamu harus sakit hati kalau ternyata mantan yang kamu kepoin ternyata punya pacar baru! :p Lebih asyik lagi kalau kamu ngobrolin musik sama temen kamu, apalagi yang sealiran selerea musiknya sama kamu.

Advertisement

"Eh udah dengerin lagu – lagunya Noh Salleh belum?"

"Belum, bagus banget?"

"Wuiiiiih, juara!"

3. Blogging

Blogging via http://curatti.com

Gini, emang ga semua orang suka blogging. Hanya saja ga ada salahnya kamu mulai memindahkan kebiasaan update di social media seputar keseharianmu ke blog. Kamu bisa panjang lebar menceritakan pengalaman ataupun opinimu disitu. Blog is not one way interaction. Ga hanya social media aja yang bisa bikin kamu kenal banyak orang. Dengan blogging kamu malah lebih bisa ketemu dengan macem-macem orang dengan segudang pengalaman dan ceritanya. Seru. Dijamin punya kenalan baru deh walaupun masih sebatas interaksi lewat layar komputer.

4. Nonton Film

Watching movie is fun via http://newscult.com

Yeah, nonton film cara ampuh bisa bikin hidup ga melulu harus update di social media. Film – film di bisokop juga ga kalah menggoda dibanding dengan social media kamu itu.

Minggu ini film apa yah?

Wah The Martian.

Aku harus nonton nih!

Mau nonton sama teman, pacar, orang tua, ataupun nonton sendiri, sikat bro! Film selalu bisa bikin kamu berpikir tentang imajinasi ataupun hal lain yang ternyata ga pernah kamu pikirkan sebelumnya ternyata ada di film. Ataupun nonton di kamar juga seru. Tinggal ambil snack, ambil minum, masuk kamar, matiin lampu, terus nyalain deh filmnya. Simple kan? Daripada mantengin layar hp doang dan liat postingan orang yang bikin kamu mengumpat, lebih baik nonton film kan? πŸ˜€

5. Trying Something New

Masak yuk! via http://i.huffpost.com

Bikin prakarya, salah satunya. Waktu kamu bakal tersita untuk bikin suatu prakarya yang bikin kamu puas setelah lihat hasilnya. Biar jelek asal karya sendiri yah. Selain bikin imajinasimu lebih meluas, kamu pun jadi punya prakarya baru. Lagian, dengan prakarya yang kamu bikin, bisa menghasilkan duit juga loh, asal kamu tahu aja ngolahnya gimana.

"Kayaknya bagus deh sketch ini aku jadiin totebag"

Atau bisa juga nyobain resep baru. Zaman sekarang, banyak banget resep yang praktis, simple, cuma 3 menit doang jadi. Bisa jadi cemilan kamu juga saat nonton film kan? πŸ˜€

"Aku mau bikin es krim dari pisang ah.

Kemarin liat di internet cuma 3 menit doang."

*otw dapur*

6. Ngobrol dengan Orang Sekitarmu

Nongkrong cah! via http://www.prfmnews.com

Asyik yah kalau ngumpul bareng temen – temen. Lebih asyik lagi kalau ngumpulnya ga pegang hp masing-masing. Males banget kan kalau ngumpul ternyata pada nunduk semua, padahal pengen cerita ini itu. Udahan yuk nunduknya, lebih seru kalau kita saling ngobrol satu sama lain. Bisa aja ngobrolin bola, musik, konser, atau rencana jalan – jalan selanjutnya bareng teman – teman. Waktu kayaknya sia- sia banget kalau kamu ngumpul tapi pada diem semua karena nundukin hp masing – masing cuma buat social media.

7. Pergi Sejenak dari Keramaian Kota

Plesir kecil – kecilan via https://instagram.com

Naik gunung yuk! Ke pantai yuk! Pasti pada bilang "yuk, lets go!" Pergilah ke tempat – tempat yang jauh dari keramain kota dan sinyal. Minimnya sinyal di gunung ataupun pantai, bikin kamu ga pengen pegang hp. Kamu lebih menikmati sinar pagi matahari yang masuk ke celah – celah tendamu, atau ombak yang udah mulai manggil kamu buat nyebur. Dengan kegiatan kayak gini juga kamu bisa lebih akrab sama teman – temanmu. Coba deh pada ajakin masak bareng saat di gunung atau pantai, seru banget sambil ngobrolin atau cuma ledek-ledekan satu sama lain. Ataupun pasang api unggun di depan tenda saat ngecamp di pantai, dijamin waktu bakal bikin kamu dan teman – temanmu curhat satu per-satu. Hahahahaha. Semuanya bikin kamu lupa sama social media kamu.

Well, hidup ga melulu soal social media kan? Gimana menurut kamu?