Sejak beribu-ribu tahun lalu bumi telah menjadi saksi bisu atas semua sejarah yang terjadi, mau di Indonesia ataupun di luar negeri. Dan tahukah kamu ternyata terdapat tempat-tempat bersejarah yang mengagumkan didunia ini, saking mengagumkannya tempat itu dianggap sebagai keajaiban dunia. Pada tahun 2015 sempat diduga terdapat 8 tempat keajaiban dunia yang malah menimbulkan kontroversi, karena faktanya hanya 7 tempat. Uniknya, sebelum ditentukannya 7 Wonders of the World ternyata tempat-tempat bersejarah ini ditentukan melalui pemungutan suara lho. Diambil dari 100 juta voting dan dari 21 tempat bersejarah, dipadatkan hingga ditentukanlah 7 Keajaiban Dunia Terbaru. Apa saja tempat-tempat mengagumkan tersebut?

Daftar 7 Keajaiban Dunia :

 

1. Taj Mahal

Ini bukan mesjid lho, melainkan kuburan. Pernah lihat kuburan seperti ini? Monumen ini bernama  Taj Mahal berada di India tepatnya di Agra. Taj Mahal dibuat saat masa kekaisaran Mughal Shah Jahan bin Jahangir, pada masa kekaisarannya, ia mempunyai banyak harta dan ingin membangunkan kuburan untuk istrinya Ratu Arjumand Banu Begum. Lalu dikumpulkanlah olehnya para arsitek untuk membangun kuburan tersebut, dan akhirnya Taj Mahal mulai di buat dari tahun 1630 hingga 1643. Dengan kata lain Taj Mahal di bangun selama 22 tahun setelah istrinya meninggal pada tahun 1631, saat melahirkan anak ke-14 yang bernama Gauhara Begum.

Menurut kisah mengerikan dibalik monumen ini, Shah Jahan memotong tangan-tangan arsitek dan para pekerja yang membuat monumen ini setelah monumen selesai dibangun. Hal ini agar memastikan tidak ada bangunan Taj Mahal lainnya. Dan pada tahun 1983, UNESCO menyatakan bahwa Taj Mahal adalah satu tempat warisan dunia.

2. Roman Colosseum

 Roman Colosseum

Roman Colosseum via http://www.ragamseni.com

Colosseum adalah sebuah arena gladiator bersejarah, dimana pada zaman itu tempat ini dijadikan tempat pertujukan pertarungan antar tahanan penjara, binatang dan gladiator. Colosseum mengandung simbol semangat romawi untuk para petarung. Awalnya tempat ini bernama Flavian Amphitheatr dan dianggap arena bertarung sampai salah satu lawannya mati.

Arsitek pembangunan ini adalah Vespasian, mulai dibangun pada abad 70 M. Bangunan ini terdiri dari 80 pintu masuk dan dapat menampung 55.000 penonton. Para penonton pada masa itu, biasanya terdiri dari orang miskin, orang kaya, bahkan kaisarnya pun ikut menonton. Sorak sorai suara gaduh dari penonton mengisi seluruh bagian Colosseum. Tempat ini sebagai saksi bisu perkelahian antar 2 orang yang berujung pada kematian. Dan pada tahun 1980, UNESCO menetapkan Colosseum sebagai Situs Warisan Dunia.

3. Pyramid Chichen Itza

Pyramid Chichen Itza

Pyramid Chichen Itza via http://www.ragamseni.com

Pyramid Chichen Itza adalah salah satu keajaiban dunia yang terletak di Yucatan, Meksiko. Seperti namanya tempat ini berbentuk Piramid. Dibangun pada tahun 750 M dan 900 SM. Kuil ini dibuat pada masa suku Maya, dan dipercayai sebagai kuil terbesar pada masa itu dan dijadikan pusat kegiatan ekonomi dan politik pada saat bangsa Maya. Pada zamannya, kuil ini termasuk kuil terbesar dengan ukuran kurang lebih 5 km2. Sayangnya Chichen Itza sekarang sudah ditutup karena sedang proses perbaikan, padahal dalam 1 tahun, piramid ini bisa mengundang hampir 1 juta wisatawan di seluruh penjuru dunia. Bagi kamu yang ingin ke Meksiko, harap tenang dulu ya…!!!

Pada tahun 1988 UNESO telah menetapkan Pyramid Chichen Itza sebagai salah satu warisan dunia.

4. Machu Picchu

Machu Picchu

Machu Picchu via http://www.ragamseni.com

Pernah dengar Machu Picchu? Ya, sekumpulan reruntuhan dari suku Inka yang berada di lembah Urabamba salah satu kota di Peru. Dibangun pada tahun 1450 pada saat kerajaan Inka. Saat telah dibangun, kota ini ditinggalkan selama 100 tahun karena kerajaan Inka dikalahkan oleh Bangsa Spanyol. Machu Piccu diartikan sebagai gunung tua, oleh penduduk setempat sering disebut kota Inka yang hilang. Karena Machu Picchu berada 2.350 di atas permukaan laut. Dan Machu Picchu ditemukan oleh arkeolog Hiram Bingham pada tahun 1911.

Dan pada tahun 1983, UNESCO menyatakan Machu Picchu sebagai salah satu situs warisan dunia.

5. Petra

Petra berasal dari bahasa Yunani yang berarti batu, karena bangunan ini didirikan di antara tebing-tebing bebatuan di Yordania. Bangunan ini dibuat oleh Raja Aretas IV. Jika kamu liat, bangunan Petra berada di antara bebatuan tanpa halaman, seperti bebatuan yang diukir dan memang konsepnya seperti itu. Saat itu Petra adalah sebuah ibukota dari kerjaan Nabatean, dibangun pada tahun 9 SM – 40 M. Situs ini sempat tidak diketahui keberadaannya, hingga akhirnya ditemukan oleh penggelana bernama Johann Ludwig Burckhardt pada tahun 1812.

Dan pada tanggal 6 Desember 1985, UNESCO menyatakan bahwa Petra sebagai salah satu situs peninggalan dunia bersejarah.

6. Great Wall of China

Great Wall of China

Great Wall of China via http://www.ragamseni.com

Great Wall of China atau Tembok Besar China berada di China, sesuai dengan namanya, tembok ini sangat panjang, kamu harus mempersiapkan diri dulu untuk melewati tembok tersebut, dan jangan lupa untuk mengisi perut dulu biar ga pingsan di tengah jalan. Karena konon, tembok ini menjadi tembok terpanjang dan terbesar yang dibangun oleh manusia, kebayang kan capeknya? Asal usulnya, tembok ini dibuat untuk pertahanan militer China saat masa penjajahan melawan Amerika. Great Wall of China dibuat pada tahun 1368-1644, wooow lama banget ya. Tapi semua usaha tidak sia-sia, setelah perang selesai alhasil tembok itu menjadi tembok bersejarah dan tembok terpanjang didunia dimana ukuran panjangnya 21.186 km. Masih mau melewati tembok ini?

Pada tahun 1987, UNESCO menetapkan bahwa Great Wall of China menjadi salah satu situs keajaiban dunia.

7. Christ Redeemer

Christ Redeemer

Christ Redeemer via http://www.ragamseni.com

Christ Redeemer atau dikenal dengan patung Kristus Penebus berada di Rio de Janeiro negara Brasil, patung terbesar yang pernah dibuat oleh arsitektur Art Deco dirancang oleh Brazilian Heitor da Silva Costa dan dipahat oleh French sculptor Paul Landowski. Dibangun pada tahun 1922 – 1931. Pernah liat model patung seperti itu? Ya, patung ini termasuk salah satu 7 keajaiban dunia, karena ukurannya yang sangat besar, mulai dari ukuran alas patungnya saja kurang lebih 8 meter, tinggi patung 30 m, lengan terbuka berukuran 28 m. Patung itu sendiri disimpan di puncak gunung, konon katanya patung ini sebagai simbol bahwa masyarakat Brazil senantiasa menerima tamu dengan tangan terbuka. Hmmm,,, Tapi sepertinya patung ini lebih cocok menjadi salah satu sejarah modern ya.

Baca juga sejarah dari Indonesia : Legenda Dibalik Gunung Tangkuban Perahu