Sebagai generasi muda, kita harus membiasakan hal-hal yang baik untuk masa depan kita, yang nantinya akan kita turunkan kepada anak cucu kita. Belum lagi, umur bumi semakin tua, dan kita semua, tanpa terkecuali, harus turun tangan untuk mulai peduli dan menyelamatkan bumi kita ini. Inilah tujuh (lagi) kebiasaan-kebiasaan sederhana yang jika kamu lakukan terus-menerus, akan menghasilkan dampak besar bagi kelestarian alam dan lingkungan di bumi kita ini.

 

1. Mulai sekarang, bawalah botol minummu sendiri. Selain lebih irit, kamu tidak mudah kehausan dan mengurangi jumlah sampah plastik air mineral.

Jangan lupa bawa botol minum sendiri

Jangan lupa bawa botol minum sendiri via https://encrypted-tbn3.gstatic.com

Dengan membawa botol minum sendiri ke mana-mana, kamu tidak perlu membeli air minum kemasan saat merasa haus di jalan, di sekolah, di kampus, saat berolahraga, atau di mana saja. Kamu juga bisa mengurangi sampah botol atau kaleng wadah kemasan minumanmu.

Selain itu, dengan membawa botol minum sendiri, kamu pun akan terhindar dari godaan membeli minuman macam-macam di jalan sehingga kamu akan lebih segar dan sehat.

2. Kamu cukup membeli kemasan refill saja untuk setiap kebutuhanmu. Mulai dari sabun cair, shampo, hingga ballpoint.

Cari kemasan isi ulangnya, biar ngga banyak sampah

Cari kemasan isi ulangnya, biar ngga banyak sampah via http://3.bp.blogspot.com

Banyak sekali keperluan rumah tangga yang kini menyediakan kemasan refill. Mulai dari sabun cuci piring, pembersih lantai, sabun cair untuk mandi, shampo, sampai dengan ballpoint yang kita pakai sehari-hari untuk menulis. Dengan membeli kemasan refill dan mengisinya ke botol atau tempat yang sudah kita punya sebelumnya, akan mengurangi limbah yang bertambah banyak setiap harinya.

3. Habiskan makanan di piringmu.

Sampai licin

Sampai licin via http://4.bp.blogspot.com

Pernahkah kamu pergi ke restoran atau warung makan, lalu melihat bekas makanan orang lain yang masih tersisa di piring, namun sudah ditinggalkan? Karena sisa makanan yang kita tinggalkan di piring tidak akan bisa dimanfaatkan oleh orang lain, melainkan hanya bisa dibuang, sebaiknya habiskanlah makananmu yang sudah kamu pesan.

Jika kamu merasa tidak bisa menghabiskan seporsi nasi, kamu bisa memesan setengahnya saja. Jika kamu tidak akan memakan kol goreng saat pergi ke warung pecel lele, beritahu si pedagang agar ia tidak perlu menyiapkannya. Biasakan meninggalkan piring bekas makananmu di meja dengan keadaan licin tanpa sisa (kecuali jika ada tulang atau duri yang tidak mungkin kamu makan).

4. Jangan membuang sampah di pot tanaman

Pemandangan seperti gambar di atas, pasti sering kamu lihat. Orang-orang kadang terlalu acuh dengan keindahan lingkungan dan hanya memikirkan kemudahannya sendiri. Sampah-sampah seperti puntung rokok, plastik bekas minuman, kemasan makanan, dll tentu tidak ada gunanya sama sekali untuk pertumbuhan tanaman tersebut.

Buanglah sampah di tempat yang semestinya!

5. Jangan membakar sampah demi kualitas udara yang lebih baik dihirup.

Jangan dibakar

Jangan dibakar via http://tunashijau.org

Tahukah kamu kalau membakar sampah bisa jadi meninggalkan akibat yang sangat berbahaya bagi manusia? Efek jangka pendeknya, bau pembakaran dari sampah tersebut akan menyebar ke mana-mana dan akan meninggalkan bau yang tidak sedap.

Efek jangka panjang bila kamu menghirup asap hasil pembakaran tersebut, kamu bisa terkena penyakit paru-paru akibat partikel sampah yang tidak terbakar yang berterbangan dan masuk ke dalam paru-paru. Paru-parumu akan tergores dan dalam frekuensi yang banyak, paru-paru kamu akan rusak. Efek jangka lebih panjangnya, asap pembakaran sampah tersebut akan mengotori udara.

Bayangkan jika setiap keluarga memproses sampah dengan membakarnya? Apa jadinya bumi kita sepuluh tahun ke depan?

6. Matikan AC, cukup ketika fungsinya sudah tidak diperlukan.

Matikan dulu sebelum pergi

Matikan dulu sebelum pergi via http://www.bharatsolarenergy.com

Air Conditioner - atau yang sering kita sebut AC, tidak hanya membuat suhu ruangan menjadi sejuk. AC juga bisa menjaga kualitas udara hingga kita terhindar dari penyakit. Penggunaan AC juga sudah tidak menjadi hal yang mewah. Hampir setiap sekolah, kantor, atau mall sudah menggunakan teknologi ini. Namun, beberapa jenis AC masih menggunakan freon atau CFC yang dapat menyebabkan penipisan lapisan ozon.

Jadi, jika kamu akan meninggalkan ruangan ber-AC dan sudah tidak ada lagi orang di dalamnya, kamu bisa menyempatkan waktu untuk mematikan AC tersebut. Selain hemat listrik, kita juga dapat membantu mengurangi efek global warming.

 

7. Bike to work. Bike to school. Bike to market. Bike to everywhere.

Yuk bersepeda

Yuk bersepeda via http://i.huffpost.com

Bersepeda selain bikin badan kamu tambah oke, dengan membiasakan diri untuk rutin menggunakan sepeda sebagai alat trrasportasi juga bisa bikin kamu jadi agen penyelamat bumi. Selain itu juga, kamu dapat mengurangi dan menghindari kemacetan yang seringkali mengganggu perjalananmu. Survey mengatakan, dengan rutin beolahraga seperti bersepeda, dapat membuat kamu 30% lebih bahagia.

Banyak banget kan manfaatnya?

Hal-hal di atas mungkin terlihat sepele. Mungkin kamu berpikir, "Ah, gak papalah buang sampah sembarangan. Sekali ini doang, kok."  Eits! Tunggu dulu. Sekali kamu berpikir seperti itu, kamu akan terbiasa juga untuk membuang sampah sembarangan, dan akhirnya menjadi kebiasaan buruk yang bahkan nggak kamu sadari.

Jadi, yuk mulai dari sekarang kita menjadi agen perubahan. Berubah dari diri kita dulu dan terus mulai menyebarkannya ke sekitar kita. For the better world!