Ada-ada aja memang kelakuan orang zaman sekarang. Entah ini sekadar bercanda, atau memang dilakuin dengan segaja dan serius. Orang-orang berikut ini punya koleksi benda-benda yang teramat absurd. Koleksi mereka terbilang lain dari yang lain. Hobi “yang enggak-enggak aja” ini bahkan enggak memiliki nilai investasi.

Apa sih yang jadi alasan mereka mengoleksi benda-benda berikut? Ada yang memang suka dengan bentuknya. Ada pula yang berawal dari enggak sengaja ngumpulin, terus keterusan buat jadi koleksi. Beda dengan koin, perangko, figur, atau benda-benda lain yang kerap dijadiin koleksi karena bisa dijual lagi dengan nilai tinggi di kemudian hari, alasan-alasan mereka mungkin lebih bersifat pribadi dan bikin orang terheran-heran.

Biarpun aneh, absdurd, atau dianggap enggak jelas, orang-orang ini ternyata enggak main-main dalam melakukan perburuan koleksinya. Pengalaman mereka dalam ngumpulin benda atau barang yang jadi koleksinya dilakuin dengan mengabiskan waktu, tenaga, bahkan sampai harta yang mereka punya. Prinsipnya sih sama, kalau ketemu atau berniat ngedapetin suatu barang yang beneran dia inginkan, dia enggak akan gentar buat ngelakuin apa pun sampai barang itu didapatkan.

Nih, simak barang-barang absurd yang dijadiin koleksi sama orang-orang ini :

1. Sabun Batangan

koleksi sabun via https://www.google.com

Carol Vaughn adalah seorang ibu rumah tangga yang tinggal di Birmingham, Inggris. Beliau menghabiskan waktu dua dekade untuk ngumpulin berbagai macam sabun batangan. Carol mulai mengumpulkan sabun-sabun ini pada tahun 1991 dan pada 2009 tercatat dia sudah memiliki 1.331 buat sabun batangan yang berbeda-beda merk dan jenisnya. Angka ini menempatkannya sebagai pemegang rekor dunia.

Kecintaannya mengumpulkan sabun-sabun batangan ini berawal ketika Carol merasa tertarik dengan bentuk dari tiap-tiap sabun batangan yang dibelilnya. Masing-masing sabun batangan yang dikeluarkan oleh berbagai merek memiliki keunikannya sendiri menurut Carol.

2. Kotoran Pusar

kotoran pusar via https://www.google.com

Lo pernah kepikiran kalau ngumpulin kotoran pusar buat jadi barang koleksi itu ada faedahnya enggak sih?

Advertisement

Tapi, pertanyaan barusan tadi silakan diajukan ke Graham Baker. Pria asal Australia ini hobi ngumpulin daki yang berasal dari pusarnya sendiri sebagai barang koleksi. Hal ini dilakukannya sejak tahun 1984. Hingga saat ini, kotoran pusarnya sudah mencapai 22,1 gram dan diletakkan di dalam toples-toples. Hobinya ini kemudian nempatin Graham sebagai pemegang rekor koleksi kotoran pusar terbanyak.

ati-ati ketuker sama toples cemilan yah mz…

3. Sarang Lebah

sarang lebah via https://www.google.com

Terry Pouty adalah salah seorang kolektor yang namanya sudah terkenal. Beliau menjadi orang pertama yang berhasil mengumpulkan lebih dari seratus sarang lebah. Kemudian sarang-sarang ini dijadikan barang koleksi, berkat itulah namanya kemudian terangkat. Terry mengaku bahwa ide ngumpulin sarang lebah ini sudah ada sejak dia kecil. Dia amat terobsesi sama sarang lebah dan akhirnya berniat mengumpulkannya. Namun, idenya itu baru bisa dilakukan ketika ia sudah beranjak dewasa. Saat ini Terry sudah mengoleksi lebih dari seratus sarang lebah dari seluruh penjuru dunia. Jangan-jangan Om Terry ini yang bikin Hacchi jadi anak yang sebatang kara nih… (kalau ngerti becandaan barusan, lo kena #jebakanumur)

4. Traffic Cone

traffic cone via https://www.google.com

Ketika orang lebih suka ngelihat benda yang umumnya berwarna oranye ini di tengah jalan, David Morgan, seorang pengoleksi traffic cone, bisa ngeliat keindahan dari benda ini. Berdasarkan catatan Guiness World Record, pada tahun 2000, David tercatat mengoleksi 137 traffic cone dengan tipe yang berbeda-beda. Tipe-tipe cone ini berasal dari berbagai penjuru dunia dan yang paling tua berasal dari Skotlandia dengan bahan karet Lynvale dari tahun 1956. Pada tahun 2007, Oxford Mail menuliskan bahwa Morgan sudah memiliki lebih dari 500 jenis traffic cone dari seluruh dunia dan berencana terus mengumpulkannya.

5. Kulit Mati & Potongan Kuku

koleksi kuku via https://www.google.com

Seorang kolektor bernama Peelingfan memiliki hobi koleksi yang cukup aneh dibandingin sama yang lainnya. Dia suka ngumpulin kulit mati dan potongan kuku. Selama bertahun-tahun dia melakukan eksfoliasi—alias memotong kuku, dan kulit mati dari kakinya sendiri. Kumpulan benda-benda ini ditaruhnya di dalam toples dan sebagian disumbangin ke Mutter Museum di Philadelphia, Amerika Serikat.

6. Rambut Wanita

rambut wanita via https://www.google.com

Chez Galip merupakan seorang seniman tembikar asal Turki. Namun, selain sebagai seniman tembikar, dia juga memiliki kebiasaan mengoleksi rambut wanita. Ia bahkan mendirikan museum khusus untuk koleksinya ini. Ia menyebut museumnya dengan nama Museum Rambut Avanos di Kapadokia. Total koleksinya saat ini sudah mencapai 16.000 rambut wanita dari berbagai suku dan ras yang berbeda.

7. “Otong” Mamalia

burung mamalia via https://www.google.com

Untuk urusan “si Otong” alias “Tongki” alias “Burung”, Sigurdur Hjartarson adalah ahlinya.

Sig sudah mengumpulkan berbagai macam jenis “Tongki” mamalia sepanjang hidupnya. Aneh banget, kan? Tapi inilah kenyataannya, ada loh orang yang susah payah ngumpulin “si Otong” dari beragam spesies mamalia untuk dijadiin barang koleksi (iya koleksi doang, bukan untuk diteliti). Pensiunan guru asal Islandia ini udah ngumpulin 280 penis yang berasal dari berbagai macam spesies. Sebanyak 99 di antaranya merupakan penis hewan, 55 yang lain adalah milik ikan paus dan anjing laut. Sementara sisanya, sebanyak 118 merupakan penis mamalia darat. Sig sudah memamerkan koleksinya ini di Icelandic Phallological Museum. Nah, silakan deh tuh lo ke sana kalau penasaran mau tau mamalia apa yang “Tongki”-nya paling gede… Hahahaha!

***

Aneh-aneh kan koleksi orang masa kini? Enggak cuma ngoleksi mainan, benda-benda antik, atau barang-barang yang biasanya dijadiin koleksi, sekarang orang juga mulai berani ngoleksi benda-benda yang absurd dan kadang dipandang enggak punya efek atau maksud tertentu. Namun, mereka yang bisa melihat keindahan dalam benda-benda yang aneh ini adalah orang-orang yang beruntung. Makanya, kalau lo punya kebiasaan aneh juga, jangan minder atau ditutup-tutupi. Lakuin terus dan kembangin sampai suatu saat kebiasaan lo bisa berguna buat orang lain.