Tubuh manusia mengandung sekitar 2/3 atau 60 sampai 70 persen air. Oleh sebab itu, air adalah elemen yang paling penting dalam tubuh. Demi menjalani aktivitas sehari-hari, manusia membutuhkan asupan air yang cukup. Kekurangan air dalam tubuh dapat membuat dehidrasi dan kekurangan cairan. Untuk menghilangkan dahaga, air mineral adalah pilihan pertama untuk dikonsumsi.

Manusia saat ini memiliki berbagai pilihan minuman khas yang berbeda di tiap daerah. Dari rupa, warna, dan rasanya memiliki keunikan sendiri-sendiri. Tergantung pada bahan yang digunakan atau proses dalam pembuatannya. Di Indonesia, adalah hal biasa untuk melepas dahaga dengan segelas teh manis atau es jeruk. Lalu bagaimana dengan minuman-minuman yang tidak biasa?

Berikut adalah minuman-minuman teraneh dari seluruh dunia yang bahan serta proses pembuatannya termasuk dalam kategori tak biasa. Mungkin akan membuat dahimu berkerut sementara, berdecak tak percaya, atau merasa jijik. Jangan lanjut membacanya jika kamu tidak tahan, ya!

1. Minuman ekstra urin sapi dari India. Antara jijik dan membuat kita bertanya, ‘ini maksudnya apa?’

Minuman ini adalah sejenis minuman ringan dari India yang dibuat dari urin sapi yang menuju tahap akhir pengujian. Minuman ini dipastikan oleh Kepala Departemen India tidak akan mengeluarkan bau seperti air seni. Minuman ini digadang-gadang akan menjadi pesaing minuman ringan lain yang telah beredar lebih dulu di seluruh dunia. Alasannya karena Gau Jal adalah minuman ringan yang bebas soda, sehat dan bebas racun.

2. Mezcal dari Mexiko. Minuman beralkohol yang wajib ditambah ulat ketika meminumnya

Mezcal adalah sejenis minuman beralkohol yang berasal dari Mexico. Dihasilkan dari proses penyulingan tanaman Maguey dan Agave, serta memiliki kandungan alkohol sekitar 47%. Oleh orang Mexico, Mezcal diminum dengan campuran irisan lemon, garam, dan ulat. Ulat yang digunakan bukan sembarang ulat, melainkan ulat berbentuk larva ngengat dari Hypopta Agavis. Ulat ini hidup di dalam buah Agave yang menjadi bahan dasar minuman ini. Wah, seperti apa rasanya, ya?

3. Snake and Scorpion Wine. Anggur yang isinya ular dan kalajengking!

Advertisement

wine ular dan kalajengking via http://flickr.com

Wine ular dan wine kalajengking ini adalah minuman kesehatan yang populer dalam ilmu pengobatan di China. Selain di China, Snake and Scorpion Wine dapat ditemukan di Vietnam dan Asia Tenggara. Minuman ini adalah sejenis sake. Ular atau kalajengking direndam ke dalam sake, kemudian difermentasikan. Sebagai gantinya, minuman ini juga biasanya menggunakan darah atau empedu. Minuman ini bisa dipesan via online. Ada yang mau beli?

4. Kalau di Jepang, warganya sedang dimanjakan dengan kehadiran jus plasenta bayi

jus plasenta via http://www.vemale.com

Jus jeruk, jus stroberi, atau jus melon sangat menyegarkan jika dikonsumsi saat siang hari dan panas terik. Selain menghilangkan haus, jus-jus ini juga memiliki rasa yang enak. Lalu bagaimana dengan jus plasenta yang booming di Jepang beberapa waktu belakangan ini? Jus ini terbuat dari plasenta yang merupakan pelindung janin saat masa kehamilan. Plasenta yang digunakan adalah plasenta babi yang diyakini menyehatkan.

5. Teah dari kotoran panda adalah minuman ekstrim selanjutnya. Iyuuh!

Panda adalah salah satu binatang yang lucu dan menggemaskan. Tapi bagaimana ketika panda menghasilkan sebuah minuman seperti teh? Yup, teh panda adalah sejenis teh hijau yang berasal dari kotoran panda. Seorang profesor dari Universitas Kaligrafi Sichuan adalah yang pertama kali mematenkan cara untuk menumbuhkan teh hijau dari kotoran panda. Teh panda ini dijual dengan harga fantastis, sekitar 860 juta perkilogram.

6. Cara merokok baru buat para perokok; rokok cair dari Belanda

“no warning needed” katanya via https://www.pinterest.com

Minuman ini disebut sebagai pengganti rokok. Bernama Liquid Smoking dan diproduksi di Belanda. Terdapat 21 kalori dan rasa rokok yang kuat dalam minuman 275 ml ini. Liquid smoking adalah cara lain untuk menikmati rokok. Penasaran dengan rasanya? Segera deh, ke Belanda.

7. Dengan percampuran banyak bahan serta cara unik meminumnya, Arak Bali juga tergolong minuman unik

arak Bali via http://boombastis.com

Minuman unik terakhir adalah minuman khas Negeri tercinta, Indonesia. Minuman ini adalah sejenis minuman beralkohol yang berasal dari Bali. Arak Bali adalah minuman tradisional yang bahan bakunya berasal dari hasil penyulingan pohon kelapa atau enau. Yang membuat minuman ini berbeda dari arak kebanyakan adalah bahan campurannya. Arak Bali biasanya dicampur dengan janin binatang, pasak bumi, akar pohon, ginseng, dan berbagai tumbuhan lainnya. Arak Bali memiliki kandungan alkohol yang berbeda-beda. Untuk memperkuat rasa, biasanya arak disimpan di dalam botol dalam waktu yang lama. Ketika arak habis, maka botol arak yang kosong akan diisi dengan arak baru tanpa mengeluarkan ramuannya.

Jadi gimana? Tertarik untuk mencoba?