Siapa bilang wisata ke museum itu membosankan? Buang dulu jauh-jauh pemikiran itu, karena sekarang museum-museum yang ada di Indonesia sudah tampil menarik dan pastinya sayang untuk dilewatkan. Selain bisa bersenang-senang, kamu juga bisa sekalian belajar dan menambah pengetahuan kamu tentunya.

Di sana, kamu juga bisa mengabadikan momen-momen terbaik yang mungkin akan susah membuatmu lupa, bahwa deretan museum ini begitu indah dan luar biasanya. Ini dia referensinya!

1. Museum Ulen Sentalu – Yogjakarta

Museum Ulen Sentalu via http://www.njogja.co.id

Terletak di Jogjakarta, tepatnya di Jalan Boyong, Kaliurang, museum ini berisi benda-benda sejarah, patung, dan alat tradisional budaya Jawa. Masuk ke areanya, kita akan ditemani oleh pemandu berpengalaman yang akan menceritakan sejarah di balik benda-benda yang ada. Ulen Sentalu dibangun mengikuti kontur tanah yang tidak rata dan dikelilingi pepohonan rimbun, sehingga membawa suasana yang sejuk dan nyaman.

2. Museum Angkut – Batu Malang

Salah satu area di Museum Angkut via http://anekatempatwisata.com

Siap-siap terpesona dengan berbagai macam koleksi transportasi dari seluruh dunia yang ada di Museum Angkut. Museum transportasi yang dicap terbesar di Asia Tenggara ini, juga memiliki area yang sangat luas, indoor dan outdoor dengan desain dari berbagai negara, lengkap dengan miniatur icon negara tersebut.

Berkeliling seharian di Museum Angkut seakan membawa kamu berjalan-jalan keliling dunia dan tentunya akan menambah koleksi foto kamu.

3. Museum Geologi – Bandung

Advertisement

Fosil dinosaurus di Museum Geologi via http://anekatempatwisata.com

Suasana di museum ini seakan mengingatkan kita dengan film “Night at The Museum” lengkap dengan rangka dinosaurus besar yang terletak di area tengah museum. Museum ini juga berisi fosil jaman purba dan berbagai koleksi batuan dan mineral bumi. Ilmu pengetahuan kamu akan bertambah seusai mengunjungi museum ini.

4. Museum Kata Andrea Hirata – Belitung

Bagian dalam Museum Kata via http://wahanatravel.com

Masih ingat dengan film Laskar Pelangi kan? Nah, museum ini dibangun oleh Andrea Hirata, penulis novel Laskar Pelangi. Lokasinya di Desa Gentong, Pulau Belitung, tidak jauh dari lokasi SD Laskar Pelangi. Museum Sastra pertama di Indonesia ini berisi lebih dari 200 literatur, baik dalam dan luar negeri. Uniknya dekorasi museum ini dibuat sangat menarik, dengan banyak pintu yang dicat warna-warni dengan tempelan quote-quote yang inspiratif.

5. Museum Affandi – Yogjakarta

Salah satu area di Museum Affandi via http://1.bp.blogspot.com

Bagi kamu pecinta seni, museum ini wajib ada di bucket list kamu. Tidak hanya mengagumi karya pelukis Affandi, di sini juga ada koleksi barang peninggalan Affandi seperti mobil antik, sepeda, dan masih banyak lagi yang pastinya menarik untuk dilihat. Sangat unik dan penuh seni bukan?

6. Museum Antonio Blanco – Ubud Bali

Museum Antonio Blanco via http://terraceatkuta.com

Bali tidak hanya terkenal dengan pantai-pantainya yang cantik, tapi juga karya seninya yang sudah banyak dikenal dunia. Salah satu museum yang memajang karya seni lukis di Bali adalah museum Antonio Blanco yang terletak di Jalan Raya Campuhan, Desa Sayan, Ubud. Sesuai dengan namanya, museum ini berisi lebih dari 300 lukisan karya Antonio Blanco yang sudah terkenal hingga dunia internasional.

Udara Ubud yang cukup sejuk, arsitektur museum yang unik menjadi perpaduan yang pas untuk menikmati karya seni lukis yang indah di museum ini.

7. Museum Bank Indonesia – Jakarta

Tampak depan Museum Bank Indonesia yang megah via http://2.bp.blogspot.com

Di museum ini kita bisa melihat sejarah perkembangan Indonesia di bidang keuangan, lengkap dengan benda-benda pameran dan alat peraga. Di sini juga tersedia berbagai permainan edukatif untuk anak-anak. Bagi kamu yang penasaran mengenai sejarah bank di Indonesia, kamu harus mengunjungi museum ini.

Sudah tahu mau berkunjung ke mana? Share, yuk!