1. Kamu selalu ada untuknya kapanpun dia butuhkan

blonde-hair-woman-sitting-holding-her-hands via https://www.pexels.com

Ada yang bilang kalau kamu sayang dengannya, kamu harus selalu ada untuknya. Yah, kamu bisa lakukan itu pada pasanganmu, tapi dia belum jadi siapa-siapa mu, dia hanya gebetanmu, masih calon pasanganmu. Jadi jangan terlalu banyak mengorbankan waktumu untuknya dan selalu ada untuknya kapanpun dia butuhkan.

Kalau belum jadi pasangan saja kamu sudah ada untuknya kapanpun dia butuhkan, lalu apa gunanya harus menjadikanmu pasangannya?

2. Kamu tidak punya batasan-batasan saat PDKT 

woman-in-white-scoop-neck-shirt via https://www.pexels.com

Karena dari awal kamu tidak punya 3 batasan dalam PDKT ini, kamu terus melakukan PDKT dengannya berharap kalau dia akan berubah dan luluh dengan ketulusanmu.

Advertisement

Pastikan mulai sekarang kamu harus menentukan batasan dalam PDKT mu agar kamu tidak jatuh terlalu jauh dalam ekspektasi mu tentangnya. Batasan waktu, pengeluaran dan perasaan saat PDKT.

3. Kamu tidak punya pengalaman tentang cinta

person-woman-girl-model via https://www.pexels.com

Kamu tidak punya pengalaman soal cinta sama sekali, sehingga kamu harus belajar dari kesalahanmu yang pertama ini, menjadi korban PHP.

Kamu terlalu dibutakan oleh ekpektasi tentang cinta dari lingkungan dan media. Dan kurangnya pengalaman itulah yang membuatmu tidak tahu apa saja yang seharusnya kamu lakukan saat PDKT.

Kamu beranggapan bahwa pengorbanan dan ketulusanmu akan disambut baik oleh gebetan. Nyatanya dia hanya memberimu harapan palsunya saja.

4. Kamu masih punya pola pikir yang salah tentang cinta

sunset-sunny-sun-women via https://www.pexels.com

Pola pikirmu yang salah tentang cinta selama ini contohnya kamu menganggap bahwa dengan ketulusan yang kamu berikan untuknya, dia akan tersentuh dan bersimpati untuk menyukaimu juga.

Kamu masih percaya dengan anggapan bahwa cinta itu pengorbanan, cinta itu ketulusan (rela melakukan apapun untuknya).

Semua omong kosong tentang cinta itulah yang menyebabkan kehidupan cinta mu tidak pernah menjadi seperti apa yang kamu inginkan.

Jangan hanya terus berharap pada orang yang tidak pernah tertarik denganmu, beranikan diri untuk meninggalkannya saat dia sudah tidak menyadari ketulusan dan kebaikan yang kamu berikan untuknya, saat dia tidak pernah membalas semua kebaikan yang kamu berikan untuknya. Itu bukan cinta. Itu hanya ekspektasimu saja untuk mendapatkannya.

5. Kamu hanya memikirkan dia terus-menerus karena kamu tidak punya kegiatan produktif lain untuk dilakukan

woman-holding-cup-near-window-reflected-with-sun via https://www.pexels.com

Waktu dan energi yang seharusnya bisa kamu lakukan untuk kegiatan yang produktif (kuliah, kerja, melakukan apa hobimu dan menambah wawasan) hanya kamu luangkan untuk terus-menerus memikirkan pria yang tidak pernah memikirkanmu.

Dan lebih parahnya saat kamu terus kepikiran dia, kamu beranggapan kalau dialah cinta sejatimu yang harus kamu perjuangkan.

Dengan beranggapan seperti itu, kamu akan takut kehilangan dia dan melakukan berbagai cara untuk membuatnya bertahan denganmu, termasuk dengan kamu mengalah (selalu kamu duluan yang menghubunginya).

Hal itulah yang membuatmu berharap padanya, berharap dia juga akan melakukan hal yang sama denganmu dan itulah yang tidak baik, karena kamu sudah tahu bahwa harapanmu itu tidak akan pernah menjadi nyata.

6. Kurangnya sosialisasi mu dengan lingkunganmu

blur-close-up-girl-light via https://www.pexels.com

Saat kamu hanya menjadi korban PHP, jangan hanya menyalahkan orang lain, tapi coba kamu tanyakan pada dirimu sendiri, introspeksi diri.

Cari tahu alasan kenapa dia menolakmu. Pasti ada satu atau beberapa hal darimu yang tidak dia sukai. Mulai dari lingkunganmu bergaul, kehidupan sosialisasi mu, siapa saja teman-temanmu atau mungkin kualitasmu masih jauh dibawah standarnya?

Kamu harus bisa menyibukkan dirimu untuk melakukan hal yang menyenangkan dan yang kamu sukai dan bertemu dengan banyak orang menarik agar kehidupanmu pun menarik. Bertemulah dengan banyak teman yang selalu mengajarkanmu hal baru yang baik dan menarik.

7. Belum bisa melupakan kegagalan masalalu mu

nature-sunset-person-woman via https://www.pexels.com

Kamu masih saja berhubungan dengan masalalu dan mantanmu. Kamu masih berharap kalau dia akan kembali padamu dan berharap kalau dia bisa berubah lebih baik, makanya kamu masih saja rajin berkomunikasi dengannya.

Itulah yang membuatmu menjadi korban PHP, karena kamu tidak punya niat yang kuat untuk move on dan melupakan mantanmu. Hubungan yang sudah berlalu tidak seharusnya kamu paksakan untuk diteruskan hanya karena kamu masih berharap dia bisa berubah. Kamu hanya akan terjebak oleh harapanmu yang mengecewakan.

Itulah 7 alasan yang menyebabkan mu menjadi korban PHP selama ini. Sebagai wanita attractive, kamu harus punya kehidupan sosialisasi yang meriah dan menyenangkan dengan banyak orang termasuk dengan banyak pria, agar kamu terhindar dari rasa berharap hanya pada satu orang pria saja.

Karena saat kamu punya banyak teman, kamu tidak akan punya waktu hanya untuk berharap pada satu orang yang tidak juga memberikanmu kepastian untuk hubungan mu atau bahkan hanya menjadikanmu sebagai pilihannya, pelarian atau pengisi kesepiannya saja.

Sebagai wanita attracrtive kamu juga harus punya kepercayaan diri dan kemandirian untuk menentukan hal yang terbaik untuk dirimu, termasuk memilih pria mana yang pantas untuk kamu pertahankan dan mana yang tidak seharusnya kamu pertahankan, agar kamu tidak terlalu terlalu banyak berkorban dan berharap hanya pada satu pria.