Indonesia adalah Negeri Seribu Pulau. Dari Sabang sampai Merauke berjajar pulau-pulau cantik bagaikan zamrud khatulistiwa yang berkilauan. Pulau-pulau cantik ini adalah inspirasi untuk liburan Anda menjelajah Nusantara.

BAGI pecinta olahraga diving, Anda tidak perlu pergi jauh-jauh dari Indonesia untuk mencari tempat-tempat paling indah.

1. Pulau Nias, Sumatera Utara

Pulau Nias via http://blog.qlapa.com

Kekayaan Pulau Nias bersumber dari budaya Suku Nias, Sumatera Utara yang sangat mengagumkan. Bertualanglah ke sana, lihat tradisi lompat batu yang eksotis di Bawomataluo. Wisatawan juga bisa menonton surfer menaklukan ombak di Pantai Sorake nan elok. Masih banyak keindahan yang dimiliki Pulau Nias.

2. Pulau Mentawai, Sumatera Barat

Pulau Mentawai via http://clara-indonesia.com

Pulau Mentawai tidak hanya memiliki ombak yang terkenal. Tapi, kepulauan di Sumatera Barat ini ternyata juga memiliki hamparan pantai pasir putih nan cantik.

Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat terkenal di kalangan peselancar dunia sebagai surga surfing. Mentawai adalah tempat liburan favorit mendiang Paul Walker, aktor film Fast and Furious.

3. Pulau Pahawang, Lampung

Advertisement

Pulau Pahawang via http://id.pinterest.com

Kiluan bukanlah satu-satunya primadona di perairan Provinsi Lampung. Di Kabupaten Pesawaran tepatnya Kecamatan Punduh Pidada, terdapat Pulau Pahawang punya spot snorkeling cantik.

Ada 2 pulau yakni Pahawang Besar dan Pahawang Kecil. Anda bisa mencapai pulau ini dari Pelabuhan Ketapang, sekitar 45-60 menit naik kapal.

4. Pulau Peucang, Banten

Pulau Peucang via http://BantenWisata.com

Sebagai bagian dari Taman Nasional Ujung Kulon, Pulau Peucang menawarkan banyak wisata alam. Terletak di Provinsi Banten, traveler bisa mencapainya dari naik kapal dari pesisir TN Ujung Kulon.

Pantai pasir putih akan langsung memanjakan mata Anda begitu sampai di Pulau Peucang. Traveler juga bisa trekking dan melihat satwa liar banteng di Cidaon. Kalau beruntung, mungkin bisa melihat badak bercula satu juga.

5. Pulau Macan, DKI Jakarta

Pulau Macan adalah salah satu destinasi honeymoon favorit di utara Jakarta. Menjadi bagian Kepulauan Seribu, Pulau Macan punya resor yang dikelilingi pantai berpasir putih dan perairan jernih. Traveler bisa berenang, snorkeling, diving, sampai melakukan beragam aktivitas seru seperti banana boat dan kayaking.

6. Gili Labak Sumenep

Gili Labak Sumenep via https://sukagitu.com

Pulau ini memang sangat kecil, luasnya hanya lima hektar, namun tempatnya benar-benar indah dan menawan. Wisatawan yang suka aktifitas outdoor pantai, memang cocok kesini.

Di pulau Gili Labak masih sangat minim fasilitas setandar tempat wisata. Bahkan kebutuhan- kebutuhan dasar pun masih sangat minim.

7. Pulau Kecil, Karimunjawa

Pulau Kecil, Karimunjawa via https://www.instagram.com

Sekali menyelam di sini pasti lupa diri. Karena alam bawah laut Pulau Kecil di Karimunjawa masih begitu asri. Bisa dibilang, padatnya seperti 'hutan' terumbu karang. Ikan warna-warni pun mudah terlihat di setiap sudut.

8. Pulau Nusa Lembongan, Bali

Pulau Nusa Lembongan via http://wisatanesia.co

Jika ingin liburan di tempat yang tidak terlalu ramai, datanglah ke Nusa Lembongan di Bali. Pulau ini punya berbagai pantai yang penuh dengan batu karang dan pemandangan menawan. Aktivitas yang bisa dilakukan juga banyak, seperti snorkeling, diving, flyboarding dan lain-lain.

9. Pulau Biawak, Jawa barat

Pulau Biawak via https://sukagitu.com

Kalau di NTT ada Pulau Komodo, maka di Indramayu, Jawa Barat ada Pulau Biawak. Pulau ini punya pantai cantik dan alam bawah laut menggoda.

Selain snorkeling, traveler juga bisa melihat habitat biawak yang wara-wiri di tepian pantai. Hati-hati dengan biawaknya ya!