12 Juni 1642 merupakan hari jadi Ciamis. Ciamis merupakan salah satu kabupaten yang terletak di wilayah Propinsi Jawa Barat. Ciamis juga terkenal dengan kerajaan Galuh yang merupakan cikal bakal Kabupaten ciamis. Selain itu banyak juga wisata-wisata yang harus kamu kunjungi jika pergi ke ciamis.

 

1. Istirahatlah Sejenak di Alun-alun Ciamis sembari menikmati keindahannya dan makanannya

alun-alun Ciamis

alun-alun Ciamis via http://www.angkisland.com

Setiap kota tentunya mempunyai alun-alun. Seperti halnya Alun-alun Kota Ciamis yang terletak di pusat kota Ciamis. Alun-alun Ciamis ini sangat ramai dikunjungi ketika sore dan pagi terutama Minggu pagi. Banyak orang gunakan untuk bersantai-santai, berolah raga. Sangat cocok buat kamu dan keluarga untuk menghabiskan malam minggunya di Alun-alun Ciamis ini. Selain itu setiap malam minggu biasanya ada hiburan pertunjukkan seni dan pentas musik.

 

2. Jika Kamu ingin Mengetahu Kisah tentang Ciung Wanara sempatkan untuk datang ke Karang Kamulyan

ciung wanara

ciung wanara via http://geolocation.ws

Tempatnya sangat cocok untuk istirahat sambil menikmati keindahan alam dan aneka makanan khas Ciamis. Di tempat ini juga kamu bisa tahu banyak tentang kisah kepahlawanan yang luar biasa seperti kesaktian dan keperkasaan yang tidak jauh dimiliki oleh orang biasa namun dimiliki oleh Ciung Wanara. Selain itu ditempat ini kamu bisa menjumpai berbagai benda peninggalan kerajaan galuh lama. Dan terdapat juga gong perdamaian dunia.

3. Jika Kamu Ke Ciamis Jangan Lupa Mengabadikan Foto Di Jembatan Cirahong

jembatan cirahong

jembatan cirahong via http://www.panoramio.com

Jembatan ini merupakan jembatan kereta api peninggalan Belanda yang menghubungkan Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Tasikmalaya tepatnya manojaya. Jembatan ini melintas diatas Sungai Citanduy yang merupakan perbatasan dari kedua kabupaten tersebut. Jembatan Cirahong ini memiliki panjang 202 meter.

Jembatan ini memiliki dua fungsi, untuk bagian atas jembatan berfungsi untuk lalu lintas kereta api, sedangkan bagian bawah jembatan berfungsi untuk lalu lintas kendaraan. Selain itu jembatan Cirahong ini juga ramai dikunjungi terutama bagi mereka yang hobi foto. Ada juga yang foto preweding dijembatan ini. Jika kamu pergi kesini jangan khawatir lapar, karena sudah ada rumah makan batu hitam yang siap menghidangkan gurame bakar untuk kamu.

4. Selain Alun-alun dan Ciung Wanara, Ciamis juga punya Curug Tujuh Cibolang

Curug ini terletak di bagian utama kota Ciamis, lebih tepatnya terletak dikaki gunung sawal dan berada di kiri kanan bukit gunung Ciparang dan Cibolang. Di curug ini kamu akan menikmati panorama alam yang indah dan suasana hutan alam menjadi daya tarik wana wisata. Sesuai dengan namanya curug ini terdiri dari tujuh buah air terjun yang lokasinya berjejer dengan curug Satu, dua, tiga, curug cibolang, simanjata, cileutik, dan curug cibuluh.

Konon ceritanya dari setiap air yang mengalir dari ketujuh curug tersebut dapat menyembuhkan penyakit kulit, encok, rematik dan pegal linu. Dan air dicurug tersebut tidak pernah surut meskipun musim kemarau.

5. Nikmatik Asiknya Berendam dan Mandi di Green Canyon, Ciamis

Green Canyon (Cukang Taneuh) atau juga dikenal selagai Cukang Hejo terletak di  Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Ciamis, Jawa Barat. Posisinya sendiri berada sekitar 130 km di sebelah utara Kota Ciamis. Objek wisata ini sangat indah karena terbentuk dari aliran sungai Cijulang dan goa. Tentunya sangat nyaman untuk menghabiskan waktu liburmu di tempat ini. 

Selain itu lokasi green canyon diapit oleh dua bukit yang dipenuhi tumbuhan dan pepohonan yang menjadikan tampak seperti gambar namun ini sungguhan. Jika kamu penasaran lebih baik segera ke Ciamis. Kamu bisa memulainya dari dermaga Ciseureuh dengan mengendarai perahu tempel atau kayuh yang banyak tersedia disana. Jaraknya tidak jauh hanya sekitar 3 km, kamu hanya menghabiskan waktu kurang lebih 30-45 menit.

6. Jika Kamu Mencari Tempat Berenang Yang Asik dan Nyaman, Icakan Tempatnya

Tempat wisata yang satu ini bernama Icakan yang merupakan tempat wisata terbaru di Ciamis. Nama lokasi Icakan sendiri diambil dari nama lokasi tempat didirikan yakni Cikacang yang menggambarkan bahwa daerah ini pernah menjadi lokasi penghasil kacang-kacangan yang cukup menjanjikan di Ciamis Jawa Barat. Wisata icakan ini sangat cocok buat kamu yang suka berenang, dan sangat bagus juga untuk mengajak keluarga di hari libur sekolah. 

7. Jika Kamu Mencari Tempat Wisata Alam yang Asri, Silu Lengkong Tempatnya

situ lengkong

situ lengkong via http://www.aries.id

Situ Lengkong Panjalu merupakan perpaduan dari objek wisata alam dan objek wisata budaya. Di sini kamu akan dapat menikmati indahnya pemandangan danau atau situ dengan udara sejuk dan asri. Selain itu kamu juga bisa menikmati wisata budaya yang terdapat di panjalu ini. Dan janga lupa untuk mengabadikan foto di tempat wisata ini.

Di panjalu ini kamu juga bisa menikmati wisata budaya dan menyaksikan berbagai upcara adat yang dikenal sebagai upacara Nyangku yang biasa diselenggarakan setiap satu tahun sekali sebagai peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Itu dia ke-7 tempat wisata di Ciamis yang harus kamu kunjungi.