Berbicara tentang teknologi memang tidak ada habisnya; apalagi zaman sekarang di mana kecanggihan teknologi sudah semakin maju dari sebelumnya. Dari bangun tidur sampai tidur lagi, hampir kita semua memakai teknologi.  Ya, contoh kecilnya saja smartphone dan laptop. Tapi apakah sebatas itu saja teknologi yang kamu ketahui?

Yuk, simak apa saja top technology di tahun ini!

1. Internet of Things ( IoT); semuanya dapat terhubung di satu tempat dan waktu

internet Of Things via http://www.iritech.com

Everything with "smart".

Istilah ini menjadi populer akhir-akhir ini. Tapi tahukah kamu mengenai apa arti sesungguhnya dari istilah ini?

IoT atau Internet of Things adalah suatu konsep yang bertujuan untuk menghubungkan perangkat satu dengan perangkat yang lain melalui jaringan internet. Bisa dibilang benda-benda di sekitar kita bisa terhubung dan dapat berkomunikasi melalui jaringan internet yang ada.

Advertisement

Dengan IoT, aktivitas menjadi lebih efisien dan efektif karena semuanya terhubung dengan adanya internet. Contoh dari IoT sendiri yaitu Smart Home, Smart Phone, dan Smart Watch dan masih banyak lainnya yang hampir semuanya diawali dengan kata ‘smart’.

2. Vlog for everything; nggak nge-vlog nggak eksis!

Top 9 Best Cameras for Vlogging via https://actinginlondon.co.uk

With your camera, you can be a center of the world!

Siapa yang masih tidak mengenal istilah ini? Hampir seluruh anak muda sekarang melakukan aktivitas tersebuti. Apalagi banyak artis dan selebgram yang melakukan kegiatan ini, yang membuat istilah Vlog makin tren.

Vlog sendiri bisa diartikan video dokumentasi jurnalistik tentang opini sampai kegiatan kita sehari-hari. Isitilah Vlog mulai populer pada tahun 2005. Di Indonesia sendiri baru akrab dengan Vlog sekitar tahun 2014. Kebanyakan Vloger mengunggah karya mereka ke Youtube dan Instagram. Untuk kamu ketahui, Vloger yang sukses bisa dibayar lho dari banyaknya viewers video mereka. So, tunggu apalagi. Cobain saja bikin Vlog sendiri yang berbobot dan bermutu!

3. Chatbot; buat hari-harimu lebih berwarna dan nggak bosan lagi

‘Simsimi’ – a talking app! via http://www.andro-pop.com

Maybe i dont need you to answers my question, i just need this application to answer my question.

Pasti kalian sudah ada yang tahu aplikasi bernama Simi-Simi atau bahkan pernah menggunakannya, bukan? Nah Simi-Simi itu merupakan salah satu contoh Chatbot.

Chatbot adalah suatu aplikasi atau software yang diatur oleh sistem untuk menjawab suatu pertanyaan. Jadi, nantinya bukan manusia lagi yang akan menjawab pertanyaan dalam suatu kolom question, namun Chatbot sendiri yang akan menjawabnya.

Chatbot ini bisa memiliki kecerdasan yang luar biasa, lho! Chatbot bisa belajar setiap hari dari jutaan orang yang menggunakannya, guys.

4. AR dan VR; wah, semua terlihat menjadi nyata!

E3 ushers in a new era of virtual reality gaming via https://www.fromthegrapevine.com

Feeling everything can be real.

Augmented Reality atau biasa disingkat AR yaitu usaha menambahkan dunia virtual ke dalam dunia nyata. Sedangkan Virtual Reality atau VR yaitu teknologi dunia virtual yang dibuat senyata mungkin dan memungkinkan adanya interaksi.

Dua teknologi ini menggunakan kecanggihan hologram di dalamnya. Dengan AR dan VR ini, dunia virtual menjadi terlihat nyata. Teknologi ini juga membuat kamu pecinta games menjadi lebih seru ketika memainkannya. Untuk VR sendiri, Microsoft telah menyiapkan sebuah proyek bernama Microsoft Hololens di mana dalam proyek ini kamu bisa seperti Tony Starks di film Iron Man. Keren, bukan?

5. Mobile Money; semua transaksi menjadi mudah dan murah!

Interoperability & Mobile Money via https://www.emergingcrowd.com

Just open your phone and pay everything

Mobile Money saat ini sedang berkembang pesat. Kemudahan dan kepraktisannya membuat kamu tinggal membuka HP dan bisa membayar ini-itu lewat HP saja.

Semua transaksi, mulai dari top up saldo sampai transfer uang, tinggal kamu lakukan dengan membuka HP tanpa harus panas-panasan ke ATM. Kelebihan lain yang dimiliki Mobile Money yaitu transfer uang tidak dikenakan biaya. Wah, mantap bener!

6. Visual Big Data; si canggih yang tahu segalanya!

Big Data Benefits, with Enterprise Architecture and Data Modelling via https://www.corso3.com

The most honest thing in the world? Data!

Mungkin masih asing di telinga kita jika mendengar istilah yang satu ini. Visual Big Data adalah kumpulan data yang berserakan yang diatur menjadi suatu kesimpulan.

Dengan Visual Big Data, kita bisa mempunyai gambaran dari sebelumnya karena data telah dianalisis dari berbagai format dan bentuk. Dengan Visual Big Data ini, pengelohan data menjadi jauh lebih cepat dibanding teknologi database sebelumnya.

Visual Big Data juga bisa mengetahui kita bangun jam berapa dan sampai kantor jam berapa dari kebiasaan yang telah kita lakukan sehari-hari. Data tersebut diolah dan menjadi suatu kesimpulan.

Visual Big Data bisa digunakan misalnya jika kita ingin bertanding dalam suatu kejuaraan; kita bisa melihat kelemahan sang musuh dengan data-data yang ada sebelumnya. Waduh, hebat banget nih teknologi!

7. Next Phase For Startup; ide kreatif menjadi inovasi baru!

The Elusive Term: Start-up via http://createtexas.com

Perkembangan Startup di Indonesia memang cukup pesat. Startup memiliki pergertian sebagai sebuah usaha yang baru, yang masih perlu banyak pengembangan. Pengembangannya ini bermaksud untuk menentukan segmen pasar yang tepat.

Akhir-akhir ini anak muda Indonesia banyak menuangkan ide kreatif ke dalam sebuah platform Startup sehingga tercipta sebuah inovasi baru. Startup bisa meliputi bidang ekonomi, jasa, aplikasi, dan lain-lain.

Tokopedia, Buka Lapak, Go-Jek awalnya disebut Startup. Namun, sekarang perusahaan tersebut sudah berkembang secara cepat. Dengan banyaknya pengguna internet, Startup menjadi lebih cepat berkembang. Yuk, tuangkan ide kreatif kita untuk membuat sebuah Startup!

Apakah kamu sudah punya salah satunya?

semoga bermanfaat guys!