Pacitan, siapa sih yang tidak kenal dengan Kabupaten yang satu ini. Kabupaten Pacitan terkenal dengan sebutan kota seribu goa. Hal itu dikarenakan di Kabupaten ini memiliki puluhan goa yang bisa temukan di beberapa wilayahnya. Selain terkenal dengan kota seribu goa, kota kelahiran Presiden Republik Indonesia yang ke-6 yakni Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Kabupaten Pacitan terkenal dengan wisata pantainya yang eksotis. Pantai-pantai di Kabupaten pacitan terkenal dengan pasir putihnya yang masih sangat bersih. Sebut saja pantai Klayar serta pantai Soge yang terletak di tepi Jalan Lintas Selatan. Selain kedua pantai tersebut, di Pacitan terdapat pantai yang tidak kalah menarik untuk kita kunjungi. Pantai tersebut adalah pantai Tawang, Pantai Tawang berjarak 30 km dari kota Pacitan. 

Apa sih yang membuatnya menarik, yuk kita lihat!! 

1. kamu bisa membeli ikan segar di tempat pelelangan ikan Pantai Tawang

tempat pelelangan ikan via http://yosefkrisna.blogspot.com

Berbeda dengan pantai-pantai lainnya di Kabupaten Pacitan, Pantai Tawang menawarkan fasilitas lainnya yakni adanya tempat pelelangan ikan. Kamu bisa datang pagi hari jika mau melihat aktifitas jual beli hasil tangkapan ikan di tempat pelelangan ini. Hasil tangkapan ikan oleh nelayan kemudian dikumpulkan lalu dikemas selebihnya dibawa ke kota untuk diperjual belikan serta dikirim ke kota-kota besar lainnya. Kamu juga bisa membeli langsung ikan dari nelayan di pantai ini, yang ikannya dijamin masih sangat segar.    

2. kamu bisa melihat puluhan perahu nelayan yang berjajar rapi di tepi pantai

perahu nelayan di pantai tawang via http://yosefkrisna.blogspot.co.id

Ketika kamu mengunjungi Pantai Tawang Pacitan di pagi atau siang hari, kamu bisa melihat puluhan perahu nelayan yang menepi di sepanjang garis pantai. Perahu dengan warna yang beragam tersebut berjajar dengan rapi menambah keindahan pantai yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Namun jangan berharap kamu akan menemukan perahu-perahu ini di kala senja atau malam hari. Karena apabila senja tiba perahu-perahu tersebut akan digunakan oleh nelayan untuk berlayar mencari ikan dan binatang laut lainnya. 

3. sisi barat pantai tawang masih sangat sepi

pantai tawang di sisi barat via http://yosefpedia.blogspot.co.id

Advertisement

Pantai Tawang Pacitan memiliki area yang cukup luas. Di sisi barat tempat pelelangan ikan tepatnya di sisi bukit, terdapat sebuah tempat dengan pasir putih dan masih sangat sepi. Area ini masuk ke dalam sebuah teluk kecil sehingga arus air laut tidaklah begitu kuat. Beberapa terumbu karang dan ikan-ikan kecil dapat kita jumpai di tempat ini. Kawasan ini masih sepi oleh pengunjung sehingga kamu bisa bermain air dan berfoto sepuasnya. Namun jangan lupa ya untuk menjaga kebersihan di tempat ini. Jangan membuang sampah sembarangan agar keasrian tempat ini dapat tetap terjaga.

4. keindahan kapal-kapal kuno berpadu dengan suasana pantai yang tenang

kapal kuno di pantai tawang via http://yosefkrisna.blogspot.co.id

Selain dapat menemukan kawasan pantai dengan pasir putih dan masih sepi oleh pengunjung. Kamu bisa melihat adanya kapal-kapal kuno yang berjajar di sisi pantai sebelah barat. Kapal-kapal kuno tersebut berukuran cukup besar dan seolah dibiarkan begitu saja tertambat di bibir pantai oleh pemiliknya. Hal tersebut justru membuat kawasan ini semakin menarik untuk kita kunjungi. 

5. terdapat warung makan ditengah pantai

menu makanan di warung makan pantai tawang via http://yosefkrisna.blogspot.co.id

Nah selain dapat menikmati keindahan pantai pasir putih, kamu bisa mencicipi menu makanan yang dijajakan di warung yang berada di sisi tengah pantai. Ada beragam menu makanan yang disajikan oleh padagang disini. Menu ikan disini adalah hasil tangkapan nelayan yang  tentunya adalah ikan segar. Untuk menuju ke warung yang berada di bagian tengah pantai kamu harus menyeberang terlebih dahulu dengan menggunakan jasa ojek perahu yang banyak disediakan oleh nelayan Pantai Tawang 

6. terdapat spot menarik untuk melihat keindahan Samudera Hindia

teluk pantai tawang dari ketinggian via http://ruangpendaki.blogspot.co.id

Samudera Hindia dikenal sebagai lautan luas dan memiliki ombak yang sangat besar. Namun tidak halnya ketika kamu mengunjungi Pantai Tawang Pacitan. Di atas bukit yang berada di sisi barat pantai, kamu bisa melihat Samudera Hindia dengan arus yang tenang. Hal itu dikarenakan Pantai Tawang berada pada sebuah teluk kecil. Teluk tersebut berfungsi menjadi benteng alami yang melindungi area pantai terhadap gelombang pasang atau gelombang lautan, sehingga arus laut di pantai ini sangatlah tenang.  

7. Kamu bisa melihat sisi lain kehidupan nelayan yang penuh perjuangan

kehidupan nelayan di pantai Tawang via http://solopos.com

Selama ini mungkin kita belum banyak mengetahui kehidupan nelayan yang menjadi pahlawan bagi kehidupan kita. Bagaimana jika tidak ada nelayan? mungkin kita tidak bisa menikmati lezatnya seafood di rumah makan langganan kita, atau tidak bisa menikmati ikan sarden yang menjadi menu makanan favorit kita ketika kita dirumah ataupun pergi camping. Di Pantai Tawang Pacitan kamu bisa melihat kehidupan nelayan secara langsung. Mereka pergi petang pulang pagi demi menyambung hidup. Mereka mengajarkan bahwa hidup adalah perjuangan dan kehidupan kita sangat bergantung kepada alam. 

8. pantai tawang menawarkan pegunungan karst yang indah

pegunungan karst di pantai tawang via http://yosefkrisna.blogspot.com

Selain pantai pasir putih yang masih sangat bersih dan sepi. Pagunungan karts di pantai ini menambah keindahan Pantai Tawang. Memang landscape Kabupaten Pacitan didominasi dengan pegunungan karst yang membentang dari sisi barat ke timur. Pegunungan karst yang gersang berhadapan langsun dengan birunya laut selatan, berpadu harmonis menciptakan suasana yang mungkin tidak akan kamu lupakan ketika mengunjungi tempat ini.   

Pantai Tawang memang tidaklah sepopuler pantai lainnya di  Kabupaten Pacitan. Namun dengan keindahannya dan ciri khasnya yang berbeda dengan pantai lain, membuat pantai ini menjadi destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi ketika berkunjung di Kabupaten Pacitan. Letak pantai ini berada di sisi timur Kota Pacitan atau sekitar 30 km, serta memerlukan satu jam perjalanan apabila kamu berangkat dari Kota Pacitan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tempat destinasi wisata yang kita kunjungi, mari kita ciptakan perilaku sadar akan kelestarian lingkungan di bumi pertiwi Indonesia.