Indonesia menyimpan segudang pesona dan potensi wisata yang menawan. Tetapi beberapa orang masih ragu akan keindahan Indonesia dan lebih memilih untuk pergi ke negara luar tanpa melihat terlebih dahulu beragam kekayaan yang ditawarkan oleh negaranya sendiri. 

Sudah gak betah dengan Indonesia? Ini 8 alasan kenapa Indonesia patut kita jelajahi yang mungkin akan membuat kamu tertarik untuk mengenal Indonesia lebih dalam. Karena Indonesia itu lebih dari sekedar "negara berkembang yang tidak memiliki sesuatu untuk dibanggakan".

 

1. Karena, "Kenapa tidak?"

Menanti Sang Fajar di Gunung Papandayan

Menanti Sang Fajar di Gunung Papandayan via https://theyasslife.wordpress.com

Indonesia itu kaya. Selain keindahan alamnya yang membuat terpukau, Indonesia juga memiliki kebudayaan yang beragam. Kita dapat merasakan perbedaan perjalanan dari Indonesia bagian Barat ke Timur dan membuktikan motto negara Indonesia "Bhineka Tunggal Ika”. Kita tidak akan bisa menambah wawasan dan pengalaman baru jika tidak mencoba untuk keluar dari comfort zone. 

Dengan menjelajah Indonesia, kita bisa merubah cara pandang kita terhadap negara ini. Entah menjadi lebih baik atau lebih buruk, hanya kalian yang bisa menilai sendiri. Tapi apa salahnya mencoba untuk melihat Indonesia dari sudut pandang lain terlebih dahulu?

2. Banyak hal (yang tidak kita sangka) ada di Indonesia

Berenang bersama ubur-ubur tidak menyengat di Danau Kakaban, Kalimantan

Berenang bersama ubur-ubur tidak menyengat di Danau Kakaban, Kalimantan via http://alamendah.org

Kekayaan alam di Indonesia lengkap, tidak kalah dari Maldives di Lautan Hindi, Caribbean di Amerika Selatan dan berbagai destinasi wisata mendunia lainnya. Ingin mengarungi liarnya sungai Amazon dan terpesona dengan stalaktit dan stalakmit berwarna-warni seperti di Reed Flute Cave, China? Kedua hal tersebut dapat kita jumpai di Goa Gong dan Sungai Maron Pacitan, Jawa Tengah. Memang keindahan Indonesia dan negri lain tidak bisa disamakan, namun tidak disangka bukan Indonesing? Indonesia surganya! 20% terumbu karang di dunia berada di Indonesia, rumah bagi lebih dari 3.000 spesies ikan yang berbeda dan 600 jenis terumbu karang.  Hanya ada 2 tempat di dunia dimana kita bisa berenang dengan ubur-ubur tidak menyengat, yaitu di Palau, Micronesia, dan di Pulau Kakaban, Kalimantan. 

Keindahan Indonesia dan negri lain tidak bisa disamakan, karena sudah pasti setiap negara memiliki karakteristiknya yang berbeda. Namun tidak disangka bukan sebagian besar bentang alam yang tersebar di dunia juga berada di Indonesia?

3. Banyak orang-orang menarik yang akan kalian temui sepanjang perjalanan

Berbaur dengan warga lokal

Berbaur dengan warga lokal via http://leaveyourdailyhell.com

Sebenarnya hal ini pasti kita temui dalam setiap perjalanan kemanapun. Namun saat menjelajahi Indonesia, kita akan bertemu dengan orang-orang sebangsa dengan latar belakang yang berbeda. Berbaur dengan penduduk lokal daerah setempat, bersosialisasi, bertukar cerita, bahkan mendapat pelajaran hidup dari pengalaman orang lain. Entah mengapa, hal ini merupakan hal sederhana yang akan memberi kesan di hati. Dari sini lah kita akan menyadari betapa kayanya kebudayaan dan suku bangsa yang dimiliki Indonesia. 

4. Banyak daerah terpencil yang belum terjamah

Tenangnya perairan Karimunjawa

Tenangnya perairan Karimunjawa via https://instagram.com

Bali memang indah dan mudah dijangkau, tapi banyak daerah terpencil lainnya yang jauh dari kebisingan dan keramaian.  Tidak kalah indah kok dengan tempat wisata yang sudah populer di Indonesia. Jika tujuan liburanmu untuk mencari ketenangan, Indonesia memiliki banyak daerah terpencil untuk dijelajahi lebih dalam. Perjalanan jauh menuju Pulau Kei, Pantai Iboih, atau Wamena, pasti sepadan dengan betapa menakjubkannya alam sekitar dan ketenangan yang kita dapat dari daerah terpencil yang jauh dari hiruk pikuk keramaian. Selain itu, perjalanan mencapai daerah terpencil dan orang-orang yang kita temui di sana akan memberi pengalaman hidup yang mengesankan juga membuat kita lebih pawai akan beradaptasi dengan lingkungan baru. 

5. 5. Karena Indonesia memiliki sejuta rasa

Bakso Malang khas Jawa

Bakso Malang khas Jawa via https://theyasslife.wordpress.com

Indonesia adalah surga wisata kuliner. Dengan menjelajah Indonesia, lidah kita juga akan ikut “menjelajah” berbagai cita rasa makanan khas Indonesia yang bukan main beragamnya. Mulai dari makanan khas dari Indonesia bagian Barat seperti mie Aceh, rendang, pempek Palembang, makanan khas dari Indonesia Indonesia Tengah seperti gudeg, rujak cingur, Bakso Malang, ayam taliwang, sampai makanan khas Indonesia bagian Timur, papeda atau bubur sagu dan ikan bakar Manokwari (dan ini masih sebagian kecil dari makanan khas Indonesia lainnya).

Walaupun sebagian besar makanan khas daerah bisa kita temukan di restoran-restoran tertentu, dijamin sensasnya pasti berbeda jika kita makan langsung di daerah khasnya. 

6. Banyaknya perayaan adat dan pentas seni yang menakjubkan

Ritual Kebangkitan di Toraja

Ritual Kebangkitan di Toraja via http://gongsol.com

Budaya kuno masih berakar kuat di beberapa daerah di Indonesia. Karena diversitas budaya dan keyakinan yang dipeluk oleh penduduk Indonesia, kita bisa menemukan bermacam-macam perayaan tradisi adat. Terkadang ada perayaan yang tidak bisa dipercaya jika tidak dilihat oleh mata kepala sendiri seperti Hari Raya Kematian dan ritual mayat berjalan di Toraja.

Ada pula perayaan yang terlihat indah seperti melepas lampion saat upacara hari Waisak di Candi Borobudur, Jogja. Indonesia juga dikenal dengan banyaknya pentas seni yang menakjubkan seperti Sendra Tari Ramayana yang digelar pada musim kemarau, saat sinar bulan purna menyinari pelataran Candi Prambanan.

 

 

7. Tidak hanya kaya akan alam, Indonesia juga kaya akan spesies flora dan faunanya

Penguasa Pulau Komodo

Penguasa Pulau Komodo via http://www.indonesiawisata.info

Tentunya kita pernah belajar tentang garis Wallace - garis imajiner yang membedakan jenis flora dan fauna di Indonesia - saat duduk di bangku sekolah mengah dulu kan? Pemerintah membuat 44 taman nasional yang tersebar di Nusantara untuk melestarikan flora dan fauna unik yang kita miliki. Tidak ada negara lain yang memiliki komodo, spesies kadal terbesar di dunia, begitupun juga dengan orang utan dan ragam jenis fauna unik seperti bunga bangkai dan Rafflesia.

8. Belajar mengenal diri sendiri sebelum menilai orang lain

Mengintip Gunung Cikuray

Mengintip Gunung Cikuray via https://theyasslife.wordpress.com

Kenali negri sendiri dulu baru kita patut menilai negri orang lain yang terkadang lebih sering dibangga-bangga kan oleh kita. Jelas kita akan selalu minilai Indonesia lebih buruk dari negri lain jika kita tidak pernah menjelajah Indonesia dan hanya diam di satu tempat saja. Banyak hal dari Indonesia yang patut dibanggakan, banyak juga yang harus dibenahi lagi oleh kita sebagai bangsanya.

Saya tidak bilang bahwa Indonesia adalah negri yang paling baik, tapi saya juga tidak mau menilai Indonesia sebagai negri yang buruk. Jadilah orang yang open-minded. Jangan melihat sesuatu dari satu sudut pandang saja dan membandingkan jika belum pernah merasakan sendiri. Indonesia itu unik dengan caranya sendiri dan kita patut bangga akan hal itu.

Sekarang adalah tugas kita untuk terus melestarikan kekayaan Indonesia serta merawat segala potensi alam dan wisatanya. Sayang dong keindahan Indonesia pudar karena kecerobohan dan ketidakpedulian bangsanya sendiri. Wisatawan asing bisa lebih menghormati kekayaan alam milik Indonesia, masa kita sebagai bangsanya tidak bisa lebih menjaga dan mencintai harta karun yang dimiliki oleh tanah airnya sendiri?