Ternate merupakan sebuah pulau nan eksotis di Indonesia bagian timur yang kaya akan sumber daya alam dan potensi wisata. Pulau dengan sebutan bumi Kie Raha ‘Pusat Kekuasaan’ yang terletak di Pulau Ternate, seberang Pulau Halmahera, Maluku Utara. Terkenal sebagai penghasil rempah-rempah terbaik di dunia. Sempat menjadi pusat perhatian perdagangan internasional di jalur pelayaran dan perdagangan nusantara, serta menjadi rebutan bangsa-bangsa Eropa pada abad ke-XIV.

Ternate kini bukan lagi sekadar tanah peninggalan kerajaan bersejarah yang didominasi situs-situs kuno tetapi telah menjelma menjadi sebuah kota yang tertata. Dengan penerangan dan aspal yang membentang menghubungkan titik-titik strategis kota, membuat orang akan iri dengan Ternate.

Ada 8 alasan mengapa kamu harus ke Ternate Berburu Gerhana Matahari Total:

 

1. Ternate menjadi daerah dengan durasi terlama gerhana matahari total (GMT) pada tanggal 9 Maret 2016

Gerhana Matahari Total

Gerhana Matahari Total via http://deliknews.com

Gerhana Matahari Total (GMT) yang terjadi pada 9 Maret 2016 menjadi momen spesial khusunya di Ternate yang disambut suka cita warga dunia, karena Ternate menjadi salah satu daerah di Indonesia yang dilalui jalur Gerhana Matahari Total (GMT) dengan durasi terlama yakni sekitar 2 menit 45 detik.

2. Pemerintah kota Ternate sampai membentuk panitia khusus yang dinamai Solar Eclipse

Ilustrasi Panitia Solar Eclipse

Ilustrasi Panitia Solar Eclipse via http://asd.gsfc.nasa.gov

Seperti menjadi tuan rumah di negeri sendiri, Ternate bersolek diri membuat indah kota Ternate untuk menyambut fenomena gerhana matahari total (GMT). Sehingga dibentuklah panitia Solar Eclipse yang nantinya semacam menjadi tour guide selama serangkaian kegiatan berlangsung dan tentunya menyiapkan acara sebelum hari H tiba.

3. Lebih dari 2500 turis manca negara datang ke Ternate untuk dapat menyaksikan gerhana matahari total (GMT)

Pemburu Gerhana Matahari

Pemburu Gerhana Matahari via http://merdeka.com

Fenomena gerhana matahari total (GMT) pada 9 Maret 2016 hanya terjadi di Indonesia. Melintas dari Palembang dan terakhir di Maba, Halmahera Utara. Itulah yang membuat ribuan turis manca negara membanjiri Ternate demi melihat gerhana matahari langsung yang merupakan fenomena sangat langka.

4. Festival Legu Gam, perayaan ulang tahun Sultan Ternate maju menjadi bulan Maret

Festival Legu Gam

Festival Legu Gam via http://Indonesia.travel

Festival Legu Gam merupakan sebuah pesta rakyat Maluku Utara untuk merayakan hari ulang tahun Sultan Mudaffar Sjah. Legu Gam biasanya diadakan pada bulan April bertepatan dengan bulan ulang tahun sultan Ternate ke-48 tersebut. Tetapi spesial gerhana matahari total (GMT) festival Legu Gam maju menjadi bulan Maret bersamaan dengan fenomena gerhana matahari total (GMT).

5. Spesial Gerhana Matahari Total ada paket tur Eclipse Regatta dengan menaiki Kapal Pesiar kelas internasional

Kapal Pesiar National Geographic

Kapal Pesiar National Geographic via http://expeditions.com

Menjadi destinasi yang paling diminati khusunya turis manca negara, PT Pelni bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata Indonesia menyediakan paket tur Eclipse Regatta. Adapun cruise (kapal pesiar) yang mendaftar seperti Orion Cruise milik National Geographic, Caladonian Cruise, Coral Princes.s Cruise dan Peter Deilmaan Cruise

6. Ilmuan NASA melakukan penelitian di Ternate

Memiliki durasi terlama dan kondisi alam yang dirasa bersahabat membuat ilmuan NASA jauh-jauh datang ke Ternate untuk meneliti lebih jauh terkait fenomena gerhana matahari total (GMT). Keren ya..

7. Putri Kerajaan Thailand datang ke Ternate untuk melihat gerhana matahari total (GMT)

Putri Kerajaan Thailand

Putri Kerajaan Thailand via http://commons.wikimedia.org

Putri Sirindhorn atau warga Thailand menyebutnya dengan Phra Thep yang berarti Putri Bidadari merupakan anak ketiga dari Raja Bhumibol Adulyadej dan Ratu Sirikit Kerajaan Thailand datang ke Ternate untuk melihat fenomena gerhana matahari dan sekaligus melakukan aksi sosial bagi warga Ternate.

8. Ternyata Ternate punya keindahan alam yang luar biasa mengagumkan

Pantai Dodola, Ternate

Pantai Dodola, Ternate via http://visitternate.com

Ternyata Ternate menjadi lokasi favorit berburu gerhana matahari total (GMT) bukan hanya karena memiliki durasi terlama, tetapi Ternate memiliki keindahan alam yang luar biasa mengagumkan.

Mulai dari mencumbui kesunyian Ibu Kota Sofifi, menikmati senja di Benteng Kastela, mengunjungi Maitara, merekam kesyahduan trio pulau Maluku Utara--Maitara, Ternate, dan Tidore--di sepanjang perjalanan, menikmati aura mistis yang melegenda di Danau Tolire, menjelajahi waktu dengan berkunjung ke situs Batu Angus serpihan bukti kedahsyatan Gn. Gamalama, menjejakkan kaki di pantai pasri putih di Morotai, merasai jernihnya air laut di Hol Sulamadaha, memacu adrenalin untuk menyelam menyapa karang-karang di laut Sulamadaha.