Tidak sedikit wanita menggunakan make up untuk mempercantik bulu matanya, namun hal itu jelas berdampak negatif pada bulu mata anda. Penggunaan maskara, vini dan bulu mata palsu secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama hanya membuat bulu mata rusak, akibatnya perlahan bulu mata anda mengalami kerontokan. Sekarang waktunya berpikir untuk mendapatkan bulu mata tebal dan lentik.

Penyebab Bulu Mata Rontok :

1. Make up (penggunaan maskara, bulu mata palsu dan vini)

2. Sering mengucek mata, tidak jarang saat anda mengucek mata ada saja bulu mata yang jatuh atau bahkan yang masuk ke mata

3. Keturunan, genetika dari orang tua yang tidak memiliki bulu mata panjang akan sangat berpengaruh pada anak

4. Kekurangkan asupan vitamin E dalam tubuh

5. Faktor usia, tubuh adalah benda yang hidup layaknya tumbuhan yang perlahan akan layu, hal itu berpengaruh juga pada bulu mata anda. Maka sayangilah tubuh anda dari usia muda hingga tua.

Cara Memanjangkan Bulu Mata Secara Alami :

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah dikenal kaya manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan, hal ini terlihat dengan penggunaan minyak zaitun ditengah komposisi makanan dan juga untuk kecantikan dimana minyak ini terkadang digunakan menjadi masker wajah, minyak ini bersifat melembabkan dan membersihkan. Untuk bulu mata, minyak ini bahan yang tepat untuk menumbuhkan rambut. Caranya hanya oleskan saja ke bulu mata seperti penggunaan maskara.

2. Air Kelapa

Manfaat air kelapa banyak sekali, selain untuk mengatasi pengaruh racun ternyata air kelapa juga mengandung bahan anti kanker, anti penuaan, karena memiliki kandungan cytokinin, khlor, kadar kalium, dan klorin yang tinggi. Untuk kecantikan, anda dapat cari air kelapa muda lalu basuhkan pada wajah anda, hal ini akan menghilangkan bekas-bekas jerawat, memperlambat proses penuaan dan salah satu manfaatnya memanjangkan rambut termasuk bulu mata.

3. Lidah Buaya

Advertisement

Sudah tidak diragukan lagi lidah buaya memiliki berbagai khasiat didunia kecantikan, lidah buaya dapat menumbuhkan rambut anda, begitupula dengan bulu mata anda. Lidah buaya memiliki kandungan karbohidrat, kalori, lemak, protein, vitamin A, vitamin C, thiamin, kalsium, zat besi dan lain-lain. Anda dapat gunakan lendir lidah buaya pada akar bulu mata anda, hati-hati ketika mengolesinya. Lakukan perawatan ini setiap hari pada pagi hari. Dan tunggu perkembangannya.

4. Kemiri

Kemiri adalah salah satu bumbu dapur yang dapat dimanfaatkan sebagai rempah-rempah dan sumber minyak. Entah diketahui asal-usulnya kemiri tercipta begitu saja dan menyebar luas ke daerah India dan Cina, hingga Asia Tenggara ke Polinesia dan Selandia Baru. Kandungan kemiri antara lain protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, kalsium, Vitamin A, B1, dan C. Manfaat kemiri menebalkan dan memanjangkan rambut termasuk bulu mata. Caranya ada 2, a, ada yang dengan cara ditumbuk dan diambil minyaknya lalu oles ke bulu mata, ada juga yang membeli minyak kemiri yang sudah jadi dipasaran. Oleskan sebelum tidur dan bilas setelah bangun, jika ingin mendapatkan hasil yang memuaskan lakukan perawatan ini setiap hari.

5. Telur Udang

Telur udang adalah jalan alternatif bagi anda yang ingin mendapatkan rambut yang lebat. Telur udang selalu digunakan oleh orang yang mengalami kerontokan rambut yang sangat parah. Mencarinya pun sedikit ribet. Anda dapat tanyakan pada penjualnya langsung dan membeli udang yang sedang bertelur. Dan anda dapat mengambil telurnya untuk bulu mata anda, sisanya dapat digunakan pada rambut. Baunya memang amis, namun telur udang ini sangat kaya akan protein.

6. Teh Hijau

Teh hijau mengandung sifat antioksidiatif dan anti karsinogenik. Teh hijau biasanya digunakan sebagai pengganti kopi karena sangat sedikit kandungan kafeinnya. Bila dikonsumsi teh hijau dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan mengurangi tumbuhnya kanker. Untuk kesehatan rambut, teh hijau dapat menghambat kerontokan rambut dan menyuburkan rambut. Namun sedikit tips untuk menyeduh teh hijau lebih baik menyeduh serbuk teh daripada menggunakan kantong teh. Hal ini agar mendapatkan antioksidan lebih banyak. Caranya perawatan dengan teh hijaupun gampang, seduh teh hijau dengan air hangat dan celupkan kapas lalu tempelkan kapas tersebut disekitar bulu mata.

7. Daun Sirih

Kandungan pada daun sirih adalah fenil propana, minyak atsiri, estragol, kavibetol, caryophyllene, cadinene, tanin, hidroksikavicol, kavicol, allylpyrokatekol, cyneole, diastase, pati dan lain-lain. Semua kandungan tersebut berperan aktif untuk kesehatan anda, hal ini terbukti dengan salah satu kegunaan daun sirih yang dapat mengobati asma. Air rebusan daun sirih dapat membersihkan mata anda dengan cara meneteskan seperti obat mata, namun siapa sangka ternyata tangkai daun sirih dapat membantu menumbuhkan bulu mata. Caranya dengan mengaplikasikan tangkai daun sirih dengan gel lidah buaya lalu oleskan pada akar bulu mata. Atau bisa juga dengan cara menumbuh daun sirih hingga lembut, campurkan sedikit gel lidah buaya lalu oleskan pada bulu mata.

8. Minyak Kastor

Minyak Kastor atau Castor Oil adalah minyak jarak yang mengandung banyak vitamin E, manfaat minyak kastor ini dapat menutrisi rambut dari akar hingga ujung rambut. Melembabkan rambut yang mudah patah dan bercabang, minyak kastor ini juga mengandung asam amino yang dapat menguatkan akar rambut. Dipasaran sudah tersedia minyak kastor dalam bentuk botol hingga anda tidak usah meracik menjadi zat cair. Caranya seperti yang lain hanya oleskan pada bulu mata, lakukan perawatan ini setiap harinya.