Pernah mendengar kata Matarmaja? Itu lho, salah satu nama kereta api di Indonesia yang merupakan kereta dengan rute perjalanan Jakarta-Malang. Bagi kamu yang sering bepergian dari Jakarta ke Malang maupun sebaliknya pasti sudah tidak asing lagi dengan KA Matarmaja, disadari atau tidak terdapat beberapa fakta unik yang bisa kamu ketahui dari KA Matarmaja dan dapat membuatmu kagum serta sayang untuk dilewatkan. Berikut fakta-fakta yang terkumpul dari KA Matarmaja yang belum banyak orang ketahui.

 

1. Nama kerata api Matarmaja merupakan singkatan dari beberapa nama kota yang dilaluinya yaitu dari Malang-Pasar Senen (Jakarta)

Preview KA Matarmaja

Preview KA Matarmaja via http://id.wikipedia.org

Tidak banyak yang tahu bahwa nama unik Matarmaja yang merupakan salah satu Kereta Api di Indonesia ini diambil dari singkatan beberapa kota yang dilaluinya. Bagi kamu yang pernah melakukan perjalanan menggunakan KA Matarmaja pasti sudah tidak asing lagi dengan nama-nama kota yang dilalui KA ini yaitu Malang, Blitar, Madiun, dan Jakarta. Jadilah singkatan Matarmaja yang kemudian menjadi nama resmi KA yang beroperasi dari Malang Kota Baru hingga Pasar Senen (Jakarta).

2. KA Matarmaja sudah beroperasi sejak 32 tahun yang lalu dan sempat mengalami perubahan jalur

Matarmaja Malang-Pasar Senen

Matarmaja Malang-Pasar Senen via http://www.kompasiana.com

KA Matarmaja sudah beroperasi sejak 28 September 1983, itu artinya sudah 32 tahun yang lalu. Pada awalnya pengoperasian kereta api ini menggunakan jalur selatan yaitu melewati jalur Purwokerto dan Yogyakarta. Namun untuk mengisi kekosongan jalur utara yang melewati Kota Semarang hingga Solo maka dirubahlah jalur operasi KA Matarmaja menjadi jalur utara melewati jalur cabang arah Solo yang kemudian menuju arah Kota Malang.

3. KA Matarmaja termasuk salah satu kereta api yang memiliki jam perjalanan terlama di Indonesia

Suasana di dalam KA Matarmaja

Suasana di dalam KA Matarmaja via http://news.liputan6.com

Sebagai kereta api dengan sistem kereta api ekonomi jarak jauh, KA Matarmaja termasuk salah satu kereta api yang memiliki jam perjalanan terlama di Indonesia yaitu dengan waktu tempuh 16 jam 45 menit. Jadi bagi kamu yang ingin mencoba perjalanan dengan KA Matarmaja ini sepertinya memang harus benar-benar bersabar deh selama perjalanan mengingat waktu tempuh selama itu dari Kota Jakarta ke Malang ataupun sebaliknya. 

4. Matarmaja adalah kereta api jarak jauh yang bisa kamu nikmati sensasi rute perjalanannya dengan suguhan keindahan 'Venice van Java'

Venice van Java

Venice van Java via http://blog.goindonesia.com

Walaupun termasuk salah satu kereta api di Indonesia dengan waktu tempuh terlama, kamu jangan khawatir akan merasa bosan berada di dalam KA Matarmaja, beberapa suguhan pemandangan indah yang akan kamu temui sepanjang perjalanan dijamin mampu membuatmu tidak jenuh. Misalnya, pada malam hari kamu bisa merasakan sensasi Venice van Java dari dalam kereta api. Venice van Java adalah salah satu julukan nama tempat di Kota Semarang yang menyuguhkan pemandangan indah berupa sungai yang begitu luas dengan kerlap-kerlip lampu kota disekitarnya mirip dengan Kota Venice di Italia. Dengan pemandangan indah tersebut dijamin matamu akan dimanjakan dan kamu akan merasa takjub bahwa Pulau Jawa tidak hanya memiliki Paris van Java, akan tetapi juga ada Venice van Java. Hal ini patut kamu coba dan rasakan sensasinya!

5. Pemandangan Gunung Semeru pun bisa kamu nikmati dari perjalanan KA Matarmaja

Gunung Semeru tampak dari kejauhan

Gunung Semeru tampak dari kejauhan via http://archive.kaskus.co.id

Tak hanya ada Venice van Java yang bisa kamu nikmati keindahan pemandangan di dalam KA Matarmaja, saat kereta api mulai memasuki daerah Kabupaten Malang pada pagi hari, kamu akan kembali disuguhkan dengan pemandangan yang tak kalah menarik yaitu pegunungan Semeru yang sangat indah dipandang mata. Dijamin, perasaan damai akan muncul dalam diri kamu saat menikmati indahnya alam ciptaan Tuhan yang satu ini (Gunung Semeru) meskipun nampak dari kejauhan.

6. Tidak mau ketinggalan, film '5 cm' pun pernah bikin ngetop KA Matarmaja

Pemain film '5 cm' dan KA Matarmaja

Pemain film '5 cm' dan KA Matarmaja via http://panjiploembond.blogspot.com

Anak muda jaman sekarang siapa yang tidak tahu film '5 cm'? Itu loh film yang menceritakan beberapa anak muda yang berpetualang ke salah satu pendakian ternama di Jawa Timur, Gunung Semeru.

Bagi kamu yang pernah menonton film '5 cm' pasti masih ingat kalau film ini syuting menggunakan jalur kereta api Jakarta-Malang. Tahukah kamu? KA Matarmaja lah yang dipilih sebagai scene pengambilan gambar disalah satu adegan. Jadi jangan salah, Matarmaja pernah ngetop juga loh berkat Bang Herjunot Ali cs (salah satu pemeran utama film 5 cm). 

7. "Sambil menyelam minum air", sembari perjalanan menuju kota tujuanmu tidak ada salahnya kamu mencicipi beberapa kuliner khas berikut di stasiun pemberhentian KA Matarmaja

Jangan khawatir jika kamu kehabisan bekal saat melakukan perjalanan dengan KA Matarmaja, kamu bisa membeli bekal di beberapa stasiun pemberhentian yang terbilang cukup lama jangka waktu yang disediakan. Ada stasiun Semarang Tawang, Solo Jebres, dan Madiun sebagai tempat pemberhentian terlama jika dibandingkan dengan stasiun-stasiun lainnya yang menjadi tempat pemberhentian.

"Sambil menyelam minum air", dalam perjalanan kamu bisa menikmati kuliner khas yang ada di Kota Semarang, Solo, maupun Madiun. Hal itu bisa juga menambah wawasanmu untuk mengetahui panganan khas kota-kota tersebut.

8. KA Matarmaja menjadi salah satu kereta api yang melewati terowongan terpanjang buatan pemerintah Indonesia

KA melintasi terowongan Dwi Bakti Karya

KA melintasi terowongan Dwi Bakti Karya via http://diorailboy.blogspot.com

Berbeda dengan kereta api lainnya yang kebanyakan melintasi terowongan buatan pemerintah Hindia Belanda, KA Matarmaja merupakan salah satu kereta api yang melintasi terowongan buatan sendiri pemerintah Indonesia pada tahun 1969. Ini termasuk hal yang jarang loh, sebab kebanyakan terowongan kereta api di Indonesia pada umumnya buatan Kolonial Belanda pada masa penjajahan dulu. Apalagi terowongan ini termasuk kedalam 5 besar terowongan kereta api terpanjang di Indonesia. Terowongan tersebut dinamakan dengan terowongan Dwi Bakti Karya dan Eka Bakti Karya dengan panjang lintasan 850 meter dan 400 meter. Cukup panjang, bukan?

Itulah beberapa fakta unik dari Kereta Api Matarmaja. Bagaimana, kamu tertarik melakukan perjalanan Jakarta-Malang via KA Matarmaja?