Gak semua orang punya kemampuan konsentrasi yang tinggi untuk bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Jangan berkecil hati kalau kam adalah salah satu dari mereka, karena ternyata konsentrasi dan produktivitas seseorang bisa dimaksimalkan dengan membangun lingkungan kerja yang sesuai dengan kebutuhannya. Beberapa hal dibawah ini bisa membantu kamu membangun lingkungan kerja yang kamu butuhkan.

 

1. Buat Daftar Prioritas

Menuliskannya secara fiski di kertas bagi banyak orang sangat membantu

Menuliskannya secara fiski di kertas bagi banyak orang sangat membantu via https://www.pinterest.com

Mulai mengerjakan sering kali adalah bagian yang paling sulit dalam menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk. Membuat daftar pekerjaan apa saja yang harus kamu selesaikan bisa sangat membantu memulai menyesaikannya. Setelah itu tentukan pekerjaan yang menjadi prioritas kamu. Prioritas bisa ditentukan berdasarkan deadline pekerjaan, sulit-mudahnya pekerjaan dan tingkat kepentingannya. Kerjakan lebih dulu pekerjaan yang punya deadline paling dekat, supaya kamu gak keteteran. Pekerjaan yang lebih baik dikerjakan lebih dulu, tujuannya agar kamu masih segar dan bersemangat, bila pekerjaan sulit dikerjakan saat kamu sudah lelah, tentunya akan semakin sulit. Tentu saja semua pekerjaan yang kamu laikukan harus diseleaikan sebaik mungkin, tapi ada beberapa pekerjaan yang punya nilai lebih penting, misalnya tugas dari mata kuliah dengan sks lebih banyak, dan sebagainya.

Banyak aplikasi yang bisa kamu download untuk membantu menyusun kegiatanmu, menulis dengan tangan di kertas juga bisa jadi pilihan yang menarik buat kamu yang lebih suka membaca tulisan di kertas daripada digital.

2. Tentukan Deadline

Deadline bisa jadi tidak mengerikan kok!

Deadline bisa jadi tidak mengerikan kok! via http://www.mpug.com

Terutama di akhir tahun, deadline dari berbagai macam pekerjaan sering kali menumpuk dan jatuh di waktu yang bersamaa. Kalau sudah begini, jangan langsung panik, coba buat deadline versimu sendiri untuk setiap pekerjaan. menentukan deadline akan membantu kamu fokus pada satu pekerjaan dalam satu waktu. One thing at a time. Untuk pekerjaan yang besar, kamu bisa menentukan deadline untuk tiap sub pekerjaan. Misalnya, Kalau kamu harus membuat sebuah karya tulis, kamu bia menentukan deadline untuk masing-masing bab, ini akan membuat pekerjaan kamu tidak terasa terlalu besar dan sulit.

3. Kurangi Multi-tasking

Mengerjakan banyak pekerjaan dalam satu waktu bisa mengurangi konsentrasimu

Mengerjakan banyak pekerjaan dalam satu waktu bisa mengurangi konsentrasimu via http://www.adweek.com

Multi-tasking atau mengerjakan banyak pekerjaan dalam satu waktu bisa jadi terlihat keren, dan sering kali rasanya tidak mungkin untuk dihindari. Komunikasi yang tidak terputus menggunakan berbagai media sosial dan smart phones, membuat elakukan banyak hal jadi memungkinkan. Tapi sayangnya gak semua orang punya konsentrasi yang cukup untuk melakukan multi-tasking, ujung-ujungnya pekerjaan yang kamu lakukan malah kurang maksimal. 

4. Buat Area kerja yang nyaman

Tata Meja kerjamu Senyaman Mungkin

Tata Meja kerjamu Senyaman Mungkin via https://www.pinterest.com

Area kerja yang nyaman akan sangat membantu kamu untuk bisa berkonsentrasi sehingga pekerjaan kamu bisa selesai lebih cepat. Kebanyakan orang lebih suka bekerja dengan kondisi meja yang rapi, jadi jauhkan barang barang yang gak ada hubungannya sama pekerjaan kamu seperti misalnya kertas-kertas bekas, buku-buku yang gak sedang dibaca, dan lain sebagainya. Untuk menambah semangat kamu bisa tempel kalimat kalimat motivasi dan foto-foto orang tersayang di dinding meja kerjamu.

5. Jauhkan Barang-Barang yang Memecah Konsentrasi

Terlalu banyak hal membuatmu lebih sulit berkonsetrasi

Terlalu banyak hal membuatmu lebih sulit berkonsetrasi via http://www.erikaliodice.com

Agar konsentrasimu tidak terpecah jauhkan hal-hal yang 'lebih menarik' dan bisa mengalihkan perhatianmu dari pekerjaan yang harus kamu selesaikan. Mematikan handphone atau mengaturnya dalam silent mode dan meletakannya jauh dari pandanganmu bisa jadi cara yang paling ampuh untuk membantumu berkonsentrasi. Selain itu apabila kamu bekerja menggunakan komputer, mematikan sambungan internet merupakan salah satu cara untuk mengurangi 'godaan' untuk membuka situs-situs hiburan yang sedang tidak menajdi fokusmu.

Bila kamu menggunakan browser Google Chrome, aplikasi ini bisa membantumu mengurangi distraksi dari internet. Sebuah studi yang dilakuakn di University of Chicago menemukan bahwa 'sedikit distraksi' bisa meningkatkan kreativitas, kamu bisa coba buka coffitivity.com yang memutarkan suara seolah-olah kamu sedang ada di keramaian riuh rendah cafe/ruang belajar di kampus.

6. Istirahat 5-10 menit, Baru Kerja Lagi

Istirahat ditengah kerja juga pentin loh

Istirahat ditengah kerja juga pentin loh via http://quickessaywritingservice.com

Istirahat sebentar diantara waktu kerja ternyata sangat penting dalam menjaga konsentrasi dan mengisi ulang energi kamu untuk melanjutkan kembali pekerjaan yang sedang dilakukan. Ada sebuah teknik yang digagas oleh Francesco Cirillo di penghujung 1980 yaitu Teknik Pomodoro (dalam bahasa Italia artinya tomat) untuk meningkatkan konsentrasi, yaitu dengan berisitirahat selama 5 menit setiap selesai melakukan pekerjaan selama 25 menit. setelah 4x25 menit, istirahat bisa dilakukan lebih lama. Powernap juga bisa jadi salah satu alternatif dalam meningkatkan energi ketika bekerja.

7. Istirahat yang Cukup dan Hidup Lebih Teratur

Bangun lebih pagi dan lakukan lebih banyak

Bangun lebih pagi dan lakukan lebih banyak via http://silviachristmann.com

Tentu kita semua sering dengar istilah orang yang gak bangun pagi rejekinya dipatok ayam, tentu aja itu hanya sebuah ungkapan, tapi bangun pagi memang membawa banyak mafaat. Pertama, bangun pagi secara alami menandakan bahwa kamu sudah mendapatkan waktu istirahat tidur yang cukup. Selain itu, bangun pagi juga berarti bahwa kamu bisa menghirup udara pagi yang segar sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan bersemangat dalam melakukan berbagai kegiatan. Dengan bangun lebih pagi kamu gak akan terlambat menjalankan kegiatanmu hari itu, kamu juga akan punya waktu untuk sarapan di pagi hari. Penting juga untuk menjadikan kegiatan ini sebagai rutinitas, sehingga kamu gak lagi merasa terbebani untuk melakukannya.

8. Beri Hadiah Pada Dirimu Sendiri Saat Pekerjaanmu Selesai

Hadiahmu bisa sesederhana menonton TV bersama keluarga

Hadiahmu bisa sesederhana menonton TV bersama keluarga via http://bidanswer.com

Saat kamu masih mengerjakan pekerjaanmu, katakan pada dirimu sendiri bahwa kamu boleh melakukan satu kegiatan bersantai dan bersenang-senang begitu kamu berhasil mengerjakan satu pekerjaan. Ini akan memicu kamu untuk segera menyelesaikan pekerjaanmu. Setelah pekerjaanmu selesai beri 'hadiah' pada dirimu karena telah berhasil menyelesaikan satu pekerjaan. Hadiahmu bisa sesederhana: boleh menonton satu video kucing di youtube, atau boleh jalan ke minimarket terdekat untuk beli sebatang es krim, dan sebagainya