Open trip adalah (mengutip dari kakabantrip):

Suatu trip atau tour dimana peserta nya digabung dengan peserta lain dengan jadwal tour yang sudah ditentukan dari admin open trip dan menggunakan kuota, minimal untuk keberangkatan. 1 orang aja bisa join trip ini dan tidak perlu rombongan / group. Jadi kamu yang solo / single traveler gak perlu khawatir kesepian kalo mo libur sendirian.

1. Hitung dan siapkan budget yang kamu sediakan untuk daftar open trip.

Siapin budget liburan, gak harus yang mahal via http://nyata.co.id

Udah banyak banget dan bertebaran informasi open trip dengan paket yang tersedia di dunia maya. Baik promo dari twitter, facebook bahkan instagram sekarang udah ada yang jualan open trip. Selain itu kamu juga bisa googling dengan keyword yang kamu butuhkan. Misal : “open trip karimun jawa” maka sudah banyak list secara organic nongol di layar monitor kamu

Tentunya sebelum kamu memilih pastikan kamu cek budget yang tersedia untuk kamu daftarkan. Dengan kamu sudah membuat plafon budget, itu akan memudahkan kamu untuk memilih admin open trip mana yang cucok.

Dan jangan lupa juga untuk spare sedikit dari harga tersebut untuk jajan kamu dan tip untuk guide lokal atau supir yang anter-anter kamu. Kita pake jasa mereka, tentunya untuk memberi tip tidak ada patokan, seikhlasnya saja. Semakin bagus jasanya, tentunya kita juga rela untuk memberikan tip lebih kan?

2. Buat perbandingan dulu sebelum kamu mantab memilih paket open trip.

Advertisement

Dipilih dulu paket mana yang menarik hati dan sesuai kantong via http://www.laditatour.com

Misalkan kamu punya budget untuk ke Karimun Jawa hanya 1 juta, berarti kamu paling tidak harus memilih minimal 2-3 paket open trip yang sesuai budget. Cek satu-satu dari mulai itinerary, jadwal keberangkatan, hitung jumlah titik lokasi yang dikunjungi, sarana akomodasi dan transportasi.

Agak males sih, tapi ini yang perlu kamu lakukan kalo kamu mau liburan dengan budget yang sudah dialokasikan. Jangan sampe juga rusak cash flow kamu, unless emang kamu mau rela puasa Senin-Kamis.

3. Ada harga ada rupa.

Ibarat barang KW, yang original pasti tahan lama dan lebih puas via http://jamtanganswissarmy.net

Yes, ibaratnya peribahasa "Ada Harga Ada Rupa" … jatuh ke barang kualitas KW, udah ketauan kualitasnya pasti lebih bagus yang produk original dan harganya lebih mahal.

Sama aja kaya penawaran paket-paket Open Trip. Mereka tentu buat paket dengan harga yang memang semestinya, mereka kan perlu sewa mobil (misalnya), pesen kamar, pesen makan dan lain sebagainya yang bikin liburan kamu berkesan.

Setelah kamu membandingkan, tentu yang paling murah pasti jadi inceran kamu. Tapi make sure kamu puas dengan pilihanmu! Jangan banyak mau juga, misal pilih yang paling murah tapi kamu mau fasilitas seperti paket yang harganya beda 500rb. Dengan kamu sudah memilih, artinya kamu sudah komit.

Biasanya perbedaan harga tersebut ada di tempat penginapan (hotel / homestay) dan sarana akomodasi (sewa mobil atau ELF).

4. Kalo kamu belum yakin, setelah punya perbandingan tadi, cari open trip mana yang sudah dapat rekomendasi atau sudah direview oleh teman atau travel blogger.

Marischa Prudence yang hits di kalangan para traveler, she is the idol via http://www.pergidulu.com

Marketing Lewat Mulut (MLM) masih menjuarai dunia marketing. Jadi akan lebih mantab bagi kamu atau siapapun yang mau beli produk, khususnya kalo mau daftar open trip ini harus yakin seyakin-yakinnya karena kamu kan mau liburan yang berkesan, jangan sampai liburanmu buyar karena salah pilih admin open trip.

Make sure juga temen yang merekomendasikan ini bisa dipercaya, entah dia seneng jalan-jalan, atau pernah punya pengalaman dengan admin open trip ini atau bahkan sekalian dari travel blogger terkenal.

5. Kontak langsung dengan admin Open Trip

Tanya langsung ke mereka (admin open trip) pasti akan segera melayani pertanyaan kamu via http://fun-adventure.com

Untuk tanya ini itunya, pastikan kamu kontak mereka. Saran saya, pertama kontak by email dulu. Sudah jadi mandatory mereka untuk membalas dan punya email yang jelas. Hal ini juga jadi pertimbangan wajib apakah jasa open trip ini kredibel atau tidak. Semakin cepat dia merespon pertanyaan kamu, artinya semakin bagus kredibilitasnya. D

an tentunya jika kalian komunikatif dan pihak open trip memberikan penjelasan yang informatif dan solutif, artinya vendor ini memang layak untuk kamu pilih. Setelah kamu email, minta nomer handphone atau kontak lain yang bisa di hubungi untuk komunikasi yang lebih mudah dan cepat.

6. Jangan sungkan untuk tanya detil kepada admin open trip.

Tanya detail perjalanan, jangan malu via http://www.bluetripper.com

Ada traveler yang mau tau beres, ada yang mau tau detail sedetil-detilnya. Biasanya, dalam brosur promo atau email sudah dijelaskan itinerary dan informasi secara umum. Tapi sebelum DP atau mendaftar, kamu jangan sungkan untuk bertanya sekali lagi meeting point, atau jadwal keberangkatan.

Misal kalian ketemu di Bandara, pastikan nama Bandaranyanya benar. Atau minta nama homestay atau nama tempat tinggal. Dengan tau detail seperti itu, kamu juga sudah harus bisa mikir / siap siap antisipasi jika sesesuatu terjadi.

Misalnya saja, buat kalian yang mabuk laut, sudah harus siap antimo dan siap jasmani dan rohani untuk menghadapi perjalanan laut dengan speed boat yang memakan waktu 3-4 jam di laut.

Hal ini perlu dilakukan agar kalian antara sesama admin open trip dan peserta lain sama-sama enak, jangan jadi malah mo liburan sakit jadi malah ngerepotin orang banyak.

7. Siapkan mental dan behave yang baik.

Selalu ada hikmah dari apapun yang terjadi via https://juragankoppi.wordpress.com

Adakalanya semua yang sudah dipersiapkan oleh admin open trip tidak berjalan baik, misalnya saja sesuatu terjadi di dalam perjalanan. Jalanan rusak jadi perjalanan kalian tidak sampai tepat waktu, atau ada beberapa force majeure di jalan diluar kendali admin open trip.

Kamu sebaiknya bersikap kalem, dewasa dan bijaksana untuk membantu mencari solusi, bukan malah marah-marah dan ngotot minta ganti rugi karena perjalanan tidak sesuai.

Justru ini adalah bagian serunya dari perjalanan, kita gak tau apa yang terjadi. Makanya, perjalanan ini bisa jadi uji mentalitas kamu dan bisa jadi naik level di tingkat kehidupan kamu. Selalu ada hikmah yang bisa kita ambil dalam setiap masalah yang terjadi, gak cuma masalah, pas lagi happ pun pasti ada hikmah yang bisa diambil.

8. Jangan pelit.

Be good people via http://www.fotoblur.com

Maksudnya pelit dsini bukan masalah duit, maksudnya adalah, jangan mentang-mentang kamu ikut open trip mau terus selalu dilayani, tapi ga ada salahnya juga kalo kamu ikut serta bagian dalam open trip ini. Kita harus saling membantu satu sama lainnya bukan? Anggap saja semua teman baru kamu di open trip ini adalah saudara baru, keluarga baru.

Jadi, selamat bersenang-senang dengan pilihan Open Trip kamu ya, tak perlu menyesal kalo kamu misalnya mendengar cerita temen kamu dengan open trip dengan admin yang lain. Ciptakan sendiri cerita kamu, buat seru liburan kamu dengan menjadi seorang traveler yang baik, bijak dan bersih. Ciao.