1. Mudik ke kampung halaman

Budaya mudik lebaran via http://gambargambar.co

Buat kamu yang kuliah atau bekerja di kota lain pasti pernah mengalami mudik lebaran. Kebiasaan ini sudah sangat akrab dengan masyarakat Indonesia. Bagi mereka berkumpul di hari lebaran adalah sebuah keharusan karena mungkin hanya pada momen ini mereka bisa bersilaturahmi dan bermaaf – maafan dengan seluruh sanak keluarga di waktu yang sama. Sangking fenomenalnya, aktifitas mudik ini selalu menjadi  sorotan dan topik pembahasan yang menghiasi layar televisi menjelang hari raya di Indonesia. 

2. Ziarah ke makam kerabat yang telah meninggal

Ziarah makam sebelum hari raya Idul Fitri via http://www.imgrum.org

Meski tidak semua umat islam di Indonesia melakukan ritual ini karena perbedaan keyakinan dan perubahan zaman, namun kebiasaan mendatangi makam sanak saudara yang telah meninggal ini masih banyak dilakukan oleh orang Indonesia. Hal ini disebabkan atas keinginan mereka mendoakan dan meminta maaf  dan mendoakan orang tua khususnya, dan anggota keluarga lain yang telah tiada di hari penuh barokah di bulan ramadhan. 

3. Shopping barang barang baru

Advertisement

Pusat perbelanjaan dipenuhi pembeli menjelang lebaran via http://google.com

Menjelang lebaran, kamu pasti sering melihat mall – mall-mall dan pasar dimana – mana ramai pembeli. Masyarakat berbondong – bondong meramaikan pusat perbelanjaan untuk membeli baju baru, sandal baru, karpet baru, mukena baru, toples kue baru dan sebagainya. Hal ini sepertinya sudah menjadi budaya  masyarakat Indonesia yang berkaitan dengan keyakinan kalau Idul Fitri berarti kembalinya umat Islam kepada kondisi fitri atau suci. Lahirnya jiwa baru  tentunya perlu didukung dengan memakai  barang – barang serba baru. 

4. Memberi atau mendapat Tunjangan Hari Raya (THR)

THR dalam perjalanan via http://teknokita.com

Tunjangan Hari Raya (THR) sudah menjadi salah satu tunjangan yang harus diberikan kepada karyawan oleh mayoritas perusahaan di Indonesia. Menjelang hari raya topik mengenai TRH pasti ramai diperbincangkan. Terlebih bagi orang – orang dengan status karyawan. 

5. Berkirim parcel

Beragam jenis kue maupun bahan sembako ditata dengan rapi, dibungkus sedemikian rupa dan diberi pita warna warni . Parcel, merupakan salah satu barang yang banyak kita temui di Indonesia menjelang hari raya Idul Fitri. Parcel ini biasanya diberikan pada orang tua oleh anaknya, perusahaan kepada karyawannya, ataupun sesama kerabat dekat dan kolega

6. Membersihkan dan mempercantik rumah

bersih – bersih rumah menjelang lebaran via https://www.vemale.com

Menjelang hari Lebaran, keluarga – keluarga di Indonesia akan terlihat sangat sibuk membersihkan rumah masing – masing. Mengecat pagar, mengecat tembok, membersihkan sarang laba – laba, mengelap kaca, dan memasang gorden jendela baru seperti sudah menjadi ritual yang tak boleh ditinggalkan sebelum hari Lebaran tiba. Hal ini dilakukan sebagai persiapan menyambut tamu – tamu yang akan datang berkunjung ke rumah pada hari raya nanti. Kan malu kalau banyak yang bersilaturahmi tapi rumah kotor dan berantakan. 

7. Membuat beragam jenis kue kering

Beragam kue kering lebaran via http://resephariini.com

Kue kering seperti nastar, putri salju, dan kastengel merupakan primadona lebaran yang selalu disempatkan untuk dibuat oleh masyarakat Indonesia. Tak heran, saat bertamu ke rumah saudara ataupun tetangga, kita pasti selalu menemukan kue kering ini bersama kue-kue lain tertata apik dalam toples – toples di meja. 

8. Menukar uang baru untuk salam tempel

Jasa tukar uang baru via http://nasional.news.viva.co.id

Kamu pasti sering melihat uang bergepok – gepok terpajang di pinggir – pinggir jalan menjelang lebaran kan. Bukan hanya di pinggiran jalan, bank – bankpun dipenuhi para orang yang mengantri untuk menukar uang pecahan baru yang biasanya bernominal lima ribuan, sepuluh ribuan, dua puluh ribuan dan lima puluh ribuan. Pemandangan ini khas ditemukan menjelang lebaran karena adanya budaya salam tempel oleh orang-orang tua pada orang yang lebih muda, khususnya anak – anak yang bersilaturahmi ke rumah mereka. Kamu masih sering dapat salam tempel nggak guys? Semoga lebaran tahun ini masih ada yang ngasih ya.