Buat kamu yang anak '90-an, pasti tak asing dengan nama band yang satu ini. Ya, Green Day, band beken asal Amerika Serikat ini memang pantas menyandang gelar 'legend'. Bagaimana tidak? Walaupun tak begitu aktif lagi di dunia musik, ditambah lagi dengan banyaknya bermunculan musisi-musisi baru, band ini tetap jadi favorit dari para penikmat musik dari berbagai generasi. Lagu-lagunya pun masih mantap berkumandang di telinga kita sampai saat ini. Mengusung genre musik punk rock, pop punk, dan alternative rock, band yang dibentuk oleh trio Billie Joe Armstrong (penyanyi utama, gitaris), Mike Dirnt (basis, penyanyi pendukung), dan Tre Cool (pemain drum, penyanyi pendukung) ini, sukses merebut hati para penikmat musik dari berbagai belahan dunia. Buat kamu yang mungkin belum mengenal band ini, 8 lagu beken dari Green Day ini, dijamin bikin kamu langsung jatuh hati pada band ini. Check it out guys !

 

1. Basket Case

green day_basket case

green day_basket case via https://media3.giphy.com

"Do you have the time, to listen to me whine, about nothing and everything all at once." Yups, mendengar lantunan syair dari bait pertama lagu ini saja sudah langsung bikin kita jatuh hati. Ceritanya sih tentang orang yang punya sifat panikan alias panic attack. Saking paniknya, dia sendiri bingung harus berbuat apa. Meskipun lagu ini dirilis pada tahun 1994

persembahan musik dari lagu ini tak terdengar 'jadul' di telinga kita, malah jadi makin hits dan enak didengar.

2. American Idiot

green day_american idiot

green day_american idiot via http://static.cdbao.net

Lagu ini mewakili lagu-lagu kritis Green Day lainnya. Lagu berirama keras dan bertempo cepat ini memang sempat jadi kontrovensi, karena liriknya yang berisi protes dan kritikan keras untuk kondisi sosial negara AS yang dikendalikan oleh media massa. Meskipun begitu, lagu ini tetap jadi favoritnya semua orang dari berbagai belahan dunia.

Terbukti, lagu ini bisa nongol berhari-hari di tangga lagu berbagai negara di belahan dunia, dan mendapatkan banyak penghargaan.

3. Holiday

Melihat judulnya, kita bakalan berpikir, bahwa lagu ini bakalan mengusung tema tentang liburan musim panas yang indah, namun sebenarnya tidak. Lagi-lagi lagu ini berisi tentang kritikan keras pada para pemimpin negara, intinya lirik di lagu ini mengajak kita untuk tidak menyetujui yang namanya perang, bahwa perang itu bukanlah suatu hal yang benar dalam menyelesaikan masalah, hal ini terlihat dari liriknya,"trials by fire setting fire, is not a way that's meant for me." Di lagu ini, kita akan banyak mendengar hentakan keras drum-nya Mr. Tre Cool. Di Televisi Indonesia, lagu ini malah sering jadi soundtrack buat acara-acara liburan.

Yah, tak apalah, apapun itu lagu ini tetap jadi lagu yang friendly di telinga masyarakat kita.

4. 21 Guns

green day_21 guns

green day_21 guns via https://i.ytimg.com

Lagu ini bisa jadi lanjutan dari lagu Holiday. Temanya masih sama, yaitu Stop! Peperangan. Bahwa perang itu tidak berarti apa-apa, yang ada malah membuat orang-orang tak bersalah yang jadi korbannya. Hal ini ditekankan pada bagian reff-nya,"One, twenty one guns, lay down your arms, give up the fight. One, twenty one guns, throw up your arms, into the sky." 

Lagu ber-genre alternative rock ini pun dijadikan soundtrack dari salah satu film terlaris Transformers : Revenge of The Fallen.

5. Waiting

green day_waiting

green day_waiting via https://i.ytimg.com

Mari kita lupakan sejenak perang dan isu-isu politik, dengan mendengarkan salah satu lagu yang fresh dari Green Day. Lagu ini berisi tentang optimisme. Dimana si penulis menginginkan sesuatu yang baru dalam hidupnya, sesuatu yang berbeda, yang dapat membuat hidupnya lebih baik lagi di masa depan, meskipun banyak risiko yang akan dia hadapi nanti, termasuk kegagalan. Jadi, buat kamu si putus asa, wajib dengar lagu ini deh, biar semangat pantang menyerah kamu bangkit lagi.

Kutipan lirik seperti "dawning of a new era, calling don't let it catch your falling, ready or not all," bisa jadi pegangan buat memotivasi kamu

6. Boulevard of Broken Dreams

green day_boulevard of broken dreams

green day_boulevard of broken dreams via https://s-media-cache-ak0.pinimg.com

Lagu yang dibungkus bareng American Idiot ini wajib kamu masukin ke dalam playlist kamu. Walaupun liriknya terdengar mudah, namun lagu ini punya makna yang dalam, sehingga cukup sulit juga buat diterjemahkan. Lagu ini seperti menceritakan tentang sebuah refleksi hidup dari seseorang, sebuah gambaran dari perasaan yang hancur karena kesepian.

Cukup tragis, namun masih enak untuk didengar.

7. Stray Heart

green day_stray heart

green day_stray heart via https://i.ytimg.com

Bagi kamu penggemar drama Korea, pasti pernah mendengar beberapa bait dari lagu ini dalam drama The Heirs, pada episode 1, saat Kim Tan sedang berselancar di pantai. Lagu ini merupakan bagian dari album trilogy DOS! Lagu ini terdengar sangat catchy di telinga kita. Kali ini Green Day agak sedikit keluar dari jalurnya, dengan mengusung genre Garage Rock, lagu ini bercerita tentang seorang pria yang mengingikan hati seorang wanita, berbagai macam cara pun dicoba untuk mendapatkan hati sang wanita, namun hasilnya nihil. Video klip dari lagu ini juga cukup keren, lucu, dan unik untuk dilihat loh guys. Pokoknya, sekali kamu dengar lagu ini, kamu pasti tidak ingin lagu berhenti dan bakalan memutarnya berulang-ulang kali.

Pokoknya, lagu ini 'gak ngebosenin deh guys.

8. Wake Me Up When September Ends

green day_wake me up when september ends

green day_wake me up when september ends via http://25.media.tumblr.com

Lagu ini sempat memunculkan beberapa spekulasi, ada yang mengatakan bahwa lagu ini dirilis untuk mengenang peristiwa serangan teroris, 11 September 2001 yang membunuh 3000 orang. Namun sebenarnya, lagu ini ditulis oleh sang vokalis Billie Joe, untuk mengenang ayahnya yang meninggal karena kanker pada 1 September 1982 pada saat ia masih berumur 10 tahun. Hal ini tergambar dari liriknya,"Like my father's come to pass, seven years has gone so fast, wake me up when september ends." Lagu yang berisi lirik penuh emosi ini dinyanyikan Billie Joe dengan sepenuh hati, membuat kita turut larut dalam kesedihan yang dirasakannya. Kabarnya,

lagu ini jarang dimasukkan dalam tracklist Green Day saat konser-konser mereka, karena takut membuat sang vokalis Billie Joe sedih.