Artikel ini adalah hasil kolaborasi Hipwee dan Komunitas Blogger Jakarta. Selamat membaca!

"Berusia muda, bukan berarti aman dari berbagai ancaman penyakit. Pola hidup yang kurang sehat adalah faktor utama dari alasan banyak anak muda yang menderita penyakit medis seperti berikut. Bila tidak ingin mengalami nasib yang serupa, kamu wajib menjaga kesehatanmu sedini mungkin ya!."

Bila mengingat setahun belakangan, negri ini dikejutkan dengan kabar meninggalnya penyanyi muda bertalenta, Mike Mohede. Betapa tidak? ketika menghembuskan nafas terakhirnya pada 31 Juli 2016 lalu, usia mendiang Mike baru menginjak 33 tahun. Masih cukup muda bukan?

Dari peristiwa ini, banyak anak muda dapat mengambil pelajaran bahwa, seseorang yang usianya belum terlalu tua saja sudah bisa terkena serangan jantung. Makanya, tak ada salahnya bila mengantisipasi terserang penyakit ini, sedari dini.

Selain penyakit jantung, ada beberapa penyakit lain yang mengintai orang-orang pada rentang usia 20-30 tahun-an dan juga mesti dikenali oleh para kaula muda. Sebelum ada kata terlambat, ada baiknya bila kamu baca dengan seksama, ya!

 

1. Penyakit jantung tak cuma menyerang mereka yang berusia tua saja. Generasi muda juga bisa kena!

Selamat Jalan Mike! via http://elaptopku.blogspot.com

Penyakit jantung yang cukup populer itu, ternyata tak hanya menyerang usia lanjut. Buktinya, Alm.Mike Mohede yang merupakan penyanyi jebolan Indonesian Idol sampai meninggal karena terserang penyakit ini.

Memang, sudah banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa anak muda juga sudah mulai beresiko terkena penyakit jantung. Terutama, bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi dan jenis kelaminya laki-laki.

Belum lama ini, sebuah studi ilmiah melakukan pemeriksaan terhadap 760 sample mayat remaja dan orang yang masih berusia muda, para peneliti tadi menemukan adanya sumbatan pada arteri koroner yang dikarenakan Kolesterol yang menumpuk. Hal tersebut menunjukkan bahwa, usaha pencegahan penyakit jantung di masa mendatang sudah harus dilakukan sedini mungkin, bahkan sejak masih anak-anak, ungkap penelitian yang telah diterbitkan dalam jurnal Circulation.

“Intinya, pencegahan jangka panjang penyakit arteri koroner sudah wajib dimulai sejak masa anak-anak atau setidaknya pada usia remaja.” ujar seorang peneliti senior yang bernama Dr. Henry McGill, ilmuwan senior dari yayasan Southwest Foundation for Biomedical Research di San Antonio, Texas, USA.

Dari penelitian yang diadakan ini, terungkap bahwa orang-orang berusia muda harus mulai menguji kadar kolesterolnya. Seperti apa yang direkomendasikan oleh pihak National Cholesterol Education Project, kata Dr Peter Libby, Kepala Kedokteran Kardiovaskular di kota Brigham dan Rumah Sakit Wanita di kota Boston.

Sumber: Kompas.com
 

2. Berefek fatal dan menyebabkan komplikasi, Penyakit diabetes sebaiknya kamu hindari sejak dini!

Advertisement

Gaya hidup yang tak sehat merupakan pemicu utama penyakit kronis yang satu ini. Penderita diabetes secara medis tidak mampu mengolah zat glukosa di dalam tubuhnya. Dan mereka, harus mendapatkan suntikan insulin dan melakukan tes darah seumur hidupnya guna menghindari komplikasi yang fatal.

Dalam kurun waktu 40 tahun terakhir, jumlah dari penderita penyakit ini telah meningkat sebanyak 5 kali lipat. Dari sekitar 450 ribu orang yang didiagnosis menderita penyakit ini ternyata berusia amat muda, yakni sekitar 20-30 tahun.

3. Apa perutmu sering sakit? Coba dicek yuk, kamu terkena penyakit Chron apa nggak?

Pasien yang didiagnosis menderita penyakit Chron rata-rata berusia antara 15-30 tahun. Chron sendiri adalah gangguan inflamasi kronis yang amat menyakitkan di bagian saluran pencernaan. Jenis penyakit radang usus ini mempunyai gejala yang berbeda-beda. Mulai dari kembung, diare, hingga nyeri usus.

4. Penyakit syaraf yang paling umum diderita oleh anak muda, Multiple Sclerosis (Sklerosis ganda)

Multiple Sclerosis via http://emedicinehealth.com

Penyakit ini lebih dikenal dengan sebutan MS. MS merupakan gangguan neurologis kronis yang mempengaruhi sistem syaraf pusat pada tubuh manusia. Penyakit syaraf ini amat umum diderita oleh para pemuda seusia kita. Gejala yang paling umum terjadi adalah mudah untuk merasa kelelahan, merasakan kelemahan, mati rasa, agak kehilangan penglihatan, tremor, dan depresi. Hayo… ada gejala yang sedang kamu rasakan nggak nih?

5. Hati-hati! Resiko penyakit lupus makin merebak! Lebih dari 5 juta orang sudah menjadi korban!

Hampir 5 juta orang (dan 90%nya adalah perempuan) yang tersebar di seluruh dunia sudah didiagnosis menderita penyakit lupus. Salah satunya, ada nama Selena Gomez yang sempat menjalani kemoterapi untuk mengobati penyakit ini di usianya yang ke-23. Gejala dari penyakit lupus sangat beragam, mulai dari sensitif terhadap sinar matahari, gagal ginjal, hingga nyeri sendi. Wah, kamu mesti hati-hati ya, terutama kamu yang cewek nih!

6. Buat kamu si perokok aktif, Hati-hati ya, penyakit psoriasis juga mengintaimu!

Psoriasis via http://aneiqal.com

Psoriasis merupakan penyakit yang menyebabkan kulit menjadi bersisik dan berwarna merah. Gejala ini diakibatkan oleh adanya percepatan proses pergantian kulit. Umumnya akan terjadi saat masa remaja atau awal 30-an. Kadang kala, Psoriasis juga bisa terjadi diwaktu kamu berusia 50-an atau 60-an.

Ketika produksi sel-sel kulit tubuh terjadi secara berlebihan, Psoriasis amat mungkin untuk timbul. Pada kondisi normal, tubuh akan selalu memproduksi dan melakukan pergantian sel-sel kulit mati dalam beberapa minggu sekali. Namun, pengidap psoriasis akan mengalaminya hanya dalam waktu hitungan hari. Alhasil, terjadi penumpukan sel-sel kulit yang akhirnya membentuk semacam penebalan kulit.

Faktor keturunan juga dianggap berperan dalam munculnya penyakit ini. Selain itu, ada beberapa faktor risiko yang diduga bisa memicu penyakit ini. Diantaranya, cedera pada kulit, infeksi tenggorokan, serta efek samping dari penggunaan obat-obatan tertentu.

7. Ada benjolan di leher? Waspadailah! Penyakit graves yang memproduksihormon tiroid berlebih bisa saja muncul!

Penyakit Graves via http://elaptopku.blogspot.com

Penyakit Graves membuat kelenjar tiroid memproduksi hormon tiroid dengan jumlah berlebih. Graves adalah salah satu gangguan yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Orang yang usianya masih muda seperti kita dan menderita penyakit ini, biasanya akan memiliki gejala seperti sulit konsentrasi, mengalami kecemasan, kelelahan, insomnia, kelemahan otot, frekuensi denyut jantung yang tidak teratur dan tremor.

8. Generasi muda yang berusia 20-an sampai 30-an zaman sekarang, ternyata sudah beresiko terserang asam urat!

Di Inggris, kasus penyakit asam urat sudah meningkat dua kali lipat dalam satu dasawarsa terakhir. Dokter mengatakan bahwa pembengkakan sendi yang cukup parah sebagian besar disebabkan oleh obesitas dan indikasi diabetes tipe-2. Sebelumnya, mereka memang dianggap terlalu muda untuk menderita kondisi tersebut. Namun, sejak tahun 2012, jumlah pasien gout yang berusia 20-an hingga 30-an melonjak 30 persen. 

Banyak orang yang meremehkan penyakit yang satu ini. Namun, tidak sedikit juga yang mencari-cari cara mengobati asam urat.

Menjaga kesehatan dan mengelola pola hidup itu mudah. Kamu hanya butuh niat dan kemuan keras untuk senantiasa hidup sehat, serta terbebas dari bermacam penyakit kronis. Jangan mau kalah sama penyakit ya!