Sepertinya akan jadi sebuah pengalaman yang luar biasa merasakan petualangan dimana kita bisa membelah gerombolan rumput hijau yang sedang mengepung tubuh kita, sambil sesekali berbaring santai di atas padang rumput untuk meredam peluh.

Tentu saja petualangan seperti ini bukan hanya mimpi semata, atau cuma ada di film King Arthur, The Lord of The Ring, atau The Hobbit. Kita juga bisa kok bertualang menemukan surga sabana yang hijau nan indah di alam nyata.

Tak perlu menunggu punya kesempatan untuk bertualang ke Afrika atau Irlandia dulu kalau kamu sudah gak sabar ingin berlarian di tengah hamparan padang rumput. Di sini, di negeri kita sendiri, Indonesia Raya, juga punya banyak sekali taman-taman rumput/ sabana yang tak kalah luar biasa indah.

 

1. Padang Rumput Cidaon, Taman Nasional Ujung Kulon.

Cidaon, Ujung Kulon.

Cidaon, Ujung Kulon. via http://bantenparadise.blogspot.com

Cuilan surga padang rumput Cidaon ini berada di Taman Nasional Ujung Kulon. Mendengar nama Ujung Kulon saja kita pasti sudah bisa membayangkan beagaimana serunya melihat habitat flora dan fauna asli Indonesia yang dilindungi di sini.

Padang rumput Cidaon sendiri tepatnya berada di seberang Pulau Peucang, Ujung Kulon. Dari pulau Peucang, kita harus menyeberang dengan menggunakan perahu motor selama 10 menit. Di sini kita bisa bertemu langsung dengan penghuni asli padang rumput Cidaon.

Sambil menikmati indahnya hamparan rumput yang mirip karpet hijau, kita bisa melihat aktivitas satwa-satwa liar yang sedang merumput. Dan, bila kamu beruntung, kamu bisa ketemu dengan satwa primadona di sini, yaitu banteng, merak, dan badak bercula satu.

2. Padang Rumput Sadengan, Taman Nasional Alas Purwo.

Savana Sadengan, Alas Purwo.

Savana Sadengan, Alas Purwo. via http://www.wisatajatim.info

Kalau Taman Nasional Ujung Kulon Punya Padang Rumput Cidaon, di Taman Nasional Alas Purwo punya padang rumput Sadegan! Yup, padang rumut Sadegan berada di dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi.

Padang rumput Sandengan sendiri termasuk padang rumput semi alami, karena proses terbentuknya tidak terjadi secara alami, melainkan karena kerusakan hutan sehingga membentuk hamparan rumput yang luas.

Tak hanya bisa menyaksikan indahnya padang rumput yang bisa menghijaukan bola matamu, tapi kamu juga bisa bertemu satwa-satwa liar, seperti kijang, babi hutan, banteng Jawa, merak, dan macan tutul.

3. Savana Bekol, Taman Nasional Baluran, Situbondo.

Savana Bekol, Baluran.

Savana Bekol, Baluran. via http://www.amazingindo.asia

Hampir sama dengan taman taman nasional Ujung Kulon dan Alas Purwo. Taman Nasional Baluran juga memiliki padang rumput yang tak kalah menakjubkan. Tapi ada sesuatu lebih spesial di banding taman nasional lainnya, yaitu karena Taman Nasional Baluran memiliki hamparan sabana terluas di Pulau Jawa.

Taman Nasional Baluran yang terletak di Situbondo ini memang sangat eksotis dan magis. Dan di sini kamu bisa melihat pemandangan yang tak jauh berbeda dengan Afrika. Karena itulah Baluran mendapat julukan sebagai Africa van Java. Di sini kamu tak hanya bisa menikmati pemandangan sabana saja, tapi juga bisa menyaksikan aktivitas satwa-satwa di sabana.

Banyak satwa-satwa liar yang dilindungi yang bisa kamu temui di sini. Seperti kijang,rusa, kerbau besar, merak, lutung, makaka, lutung, kancil, elang, macan tutul, dan juga banteng. Selain fauna, kamu juga bisa melihat berbagai macam jenis flora yang sebelumnya belum pernah kamu lihat.

4. Lembah Jemplang, Gunung Bromo.

Lembah Jemplang, Bromo.

Lembah Jemplang, Bromo. via http://kirkyrenku.blogspot.com

Padang rumput yang berada di sebelah selatan Gunung Bromo ini adaah salah satu padang rummput yang terkenal. Padang rumput ini lebih sering disebut dengan bukit Teletubies, karena pemandangannya sepintas mirip dengan bukit-bukit yang ada di film anak-anak Teletubies.

Untuk menuju Lembah Jemplang ini, kita harus mengarungi lautan pasir yang luas terlebih dahulu. Tenang saja, sekarang sudah banyak mobil Jeep yang bisa kamu carter untuk mengantarmu menuju Lembah Jemplang ini. Setelah melewati lautan pasir itu, baru kita bisa menemukan lokasi bukit Teletubies ini.

Pemandangan padang pasirnya yang hijau berpadu dengan birunya angkasa akan membuat matamu enggan untuk berkedip walau sedetik saja. Savana di Taman Nasional Gunung Bromo ini tergolong mudah dijangkau, karena itu kamu wajib untuk menyempatkan diri ke sini!

5. Sabana Selo, Gunung Merbabu.

Sabana Gunung Merbabu.

Sabana Gunung Merbabu. via https://rizkirahmatia.wordpress.com

Di sekitar Taman Nasional Gunung Merbabu, di Jawa Tengah juga terdapat savana yang sangat indah. Meskipun padang rumput di Gunung Merbabu tak seluas di puncak Gunung Prau atau tempat lainnya, tapi potret pemandangan padang rumput di sini juga tak kalah menkajubkan.

Hamparan rumput yang hijau dan luar biasa indah ini bisa jadi hadiah terbesarmu saat kamu berhasil mencapai puncak gunung Merbabu. Padang rumput ini disebut Sabana Selo. Namun untuk menuju ke sana, kamu harus mendaki melalui jalur pendakian via jalur Selo, Boyolali.

Bayangkan, betapa indahnya hidupmu saat kamu melihat indahnya padang rumput yang hijau sekejap berupah menjadi keemasaan saat sinar matahari terbit memantulkan cahayanya ke hamparan rerumputan.

6. Padang Rumput Cikasur, Gunung Argopuro, Situbondo.

Cikasur, Gunung Argopuro

Cikasur, Gunung Argopuro via http://akbarpriyono.blogspot.com

Nah, kalau kamu adalah seorang petualang sejati, padang rumput yang satu ini wajib untuk kamu cumbui! Padang rumput Cikasur ini memang terkenal dengan panoramanya yang benar-benar indah. Namun untuk mencapainya, harus mau bersakit-sakit dahulu, karena kamu harus mendaki gunung Argopuro yang terkenal dengan track pendakian terpanjang.

Padang rumput Cikasur ini berlokasi di antara Gunung Argopuro dan Puncak Rengganis. Hamparan padang rumpur Sikasur ini sangatlah luas, seakan tak ada habisnya mata sepanjang mata memandang. Terdapat juga aliran sungai yang berkelok-kelok yang membelah savana. Bila kabut sudah mulai turun, keelokan savana sikasur terlihat sedikit gloomy, tapi masih tetap menawan.

Pada saat musim penghujan, rerumputan dan ilalang akan terlihat hijau dan menyegarkan mata. Dan saat musim kemarau tiba, rumput dan ilalang tersebut akan menguning, dan terlihat hangat di pelupuk matamu.

7. Oro-Oro Ombo, Gunung Semeru.

Padang rumput Oro-oro Ombo.

Padang rumput Oro-oro Ombo. via https://ikhsanirfansyah.wordpress.com

Gunung semeru tak hanya terkenal dengan puncak Mahameru dan Ranu Kumbolonya saja, tapi di Gunung Semeru juga terkenal memiliki sabana yang sangat indah, yaitu padang rumput Oro-Oro Ombo. Oro-oro Ombo sendiri berarti “padang rumput yang luas”. Bentangan padang rumput bercampur ilalang yang sangat luas ini selalu berhasil membuat para pendaki gunung terkesima.

Semua pendaki gunung yang pernah mendaki gunung Semeru pasti akan sepakat menyatakan bahwa panorama Oro-oro Ombo ini terindah kedua setelah puncak Mahameru. Padang Rumput Oro-Oro Ombo ini memang sangat indah dan romantis.

Setelah lelah mendaki, kamu bisa melepas sedikit lelah dengan sejenak memenangkan diri di sini. Sabana di gunung Semeru ini memang layak untuk kamu kagumi, dan tentu saja harus selalu kamu jaga kelestariannya.

 

Itulah tadi 8 padang rumput/ sabana terindah yang ada di Pulau Jawa, yang pastinya patut untuk kamu kunjungi setidaknya sekali seumur hidupmu. Ada di tengah gerombolan rumput dan ilalang akan membuatmu tak henti-hentinya mengucap syukur dilahirkan di Indonesia. 8 sabana itu baru di Pulau Jawa lho, belum dari pulau-pulau yang lain di berbagai penjuru negeri ini! Nah, padang rumput mana nih yang akan jadi trip kamu selanjutnya? :D